September 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 28 °CMostly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Wirausaha Modal Kecil

By admin - Wed Jan 25, 4:53 pm

Wirausaha modal kecil sama dengan memaksa diri Anda untuk meningkatkan kreativitas diri. Wirausaha modal kecil membutuhkan ide kreatif. Ide kreatif adalah hal yang sangat diperlukan untuk dapat bertahan atau bahkan mengalahkan saingan kita. Sebuah ide tidak perlu adalah penemuan besar seperti rumus relativitas Einstein. Cukup dengan hal sederhana yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Masih ingat kisah sukses yang diraih oleh perusahaan teh sosro. Sang pemilik hanya memiliki ide sederhana yaitu menjual minuman dalam kemasan botol. Tapi inilah yang disebut kreatif, hal sederhana yang membuat usaha sosro menjadi besar. Masih banyak contoh lain, yaitu staples. Sebuah alat kecil yang banyak dipakai.

Untuk memiliki ide kreatif adalah sesuatu yang belum penah dilakukan oleh orang lain dan berguna. Semua orang dapat memikirkan apa yang belum pernah dilakukan orang lain, tapi untuk memikirkan itu berguna atau tidak, itulah kesulitan tersendiri. Ide usaha kreatif Anda bisa dimulai melalui apa yang Anda sukai atau hobi yang Anda tekuni. Pasti Anda mendapatkan jalan jika Anda bertekad untuk menjalaninya dengan lapang dada dan berjiwa kreatif. Karena tuntutan hidup Anda pasti juga semakin tinggi dari hari ke hari. Segala sesuatu menjadi serba mahal. Biaya pendidikan kian melambung. Harga barang kebutuhan pokok sehari-hari pun tak jauh beda. Biaya kesehatan trsnportasi dan berbagai jenis kebutuhan hidup dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan. Ironisnya, lapangan pekerjaan tidak lagi terlalu bisa diharapkan karena makin lama makin sempit. Sedangkan jumlah kesempatan kerja dibandingkan dengan besarnya angka pencari kerja jelas sangat tidak berimbang. Untuk itu wajar jika angka pengangguran makin bertambah.

Wirausaha modal kecil menuntut Anda untuk tetap jeli dalam melihat setiap peluang dan potensi yang bisa menghasilkan nilai ekonomi. Artinya, Anda tidak bisa hanya mengandalkan pada pekerjaan yang sedang Anda geluti sekarang. Kecuali gaji Anda sudah berlebih, mungkin Anda bisa bernafas lega dan tidak perlu pusing mencari penghasilan tambahan.

Tapi bagi Anda yang gajinya pas-pasan atau bahkan kurang dari cukup. Maka berwiraswasta untuk mencari alternative penghasilan tambahan pasti sangatlah diperlukan. Setidaknya inilah langkah awal yang sangat diperlukan seseorang agar bisa bertahan hidup di tengah krisis. Untuk memulai wirausaha bukanlah perkara mudah, pastilah Anda akan berpikir ulang, kira-kira wirausaha apa yang bisa dilakukan. Kemudian butuh modal berapa banyak dan teknis pelaksanaannya seperti apa, dan lain sebagainya. Jika Anda mempunyai modal yang terbatas, sering kali berasumsi bahwa wirausaha tidaklah mungkin bisa Anda jalankan. Paradigma bahwa wirausaha selalu membutuhkan modal besar seharusnya sudah saatnya untuk dihapuskan dari benak Anda.

Wirausaha modal kecil sangat bisa dilakukan. Tentu Anda harus survey terlebih dahulu. Kira-kira jenis usaha apa yang berpeluang bisa dijalankan di daerah Anda. Sebab besarnya modal sebvenarnya tergantung pada jenis usaha yang Anda jalankan. Ada beberapa ide yang patut Anda pikirkan mulai sekarang. Mulai dari usaha servis elektronik, jualan pulsa elektrik, les private, laundry rumahan, rental computer, catering, jualan kue, dan lain sebagainya. Kepekaan Anda dalam hal ini memang sangat dibutuhkan agar benar-benar jeli melihat peluang usaha apa yang cocok dijalankan di daerah Anda.

Beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum memulai wirausaha adalah:

  1. Disiplin dalam menabung setiap keuntungan kecil yang didapat agar mampu mengembangkan modal.
  2. Membuat proposal usaha yang sedang Anda jalankan sedetail dan semenarik mungkin untuk ditawarkan ke pihak lain yang mau berinvestasi.
  3. Anda harus mempunyai kemauan dan kerja keras serta ditunjang oleh kreatifitas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement