October 2 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 59%
Advertisement

Wedang Ronde: Aroma Hangat, Peluang Nikmat

By admin - Thu Nov 01, 9:46 am

Wedang ronde adalah wedang untuk penghangat tubuh yang sudah menjadi salah satu karakteristik minuman khas Indonesia. Wedang ronde sangat nikmat ketika udara menjadi dingin, terlebih ketika musim hujan tiba. Mayoritas masyarakatIndonesia yang merasa kedinginan ketika musim hujan tiba secara otomatis akan mencari wedang ini untuk menghangatkan tubuh mereka. Jadi, mereka tidak hanya mengandalkan selimut tebal atau jaket untuk menghangatkan badan. Wedang ronde sudah dikenal sejak lama mampu menyehatkan badan dan juga bisa menghangatkan tubuh dengan rasanya yang nikmat.

Wedang rondeAsal muasal wedang ini adalah daerah Jawa. Wedang berarti minuman. Jadi, makna wedang ronde adalah seduhan air jahe yang berisi bola-bola yang disebut ronde. Wedang atau minuman ini biasanya disajikan dengan kacang yang sudah disangrai, potongan roti dan juga kolang-kaling. Minuman ini sangat popular di kalangan masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Anda pastinya juga mudah mendapati pedagang ronde yang keliling kompleks ketika malam mulai tiba bukan? Tdak jarang juga banyak masyarakat yang sengaja menunggu datangnya penjajak wedang ini. Dari sitlah sebaiknya kita juga sudah bisa membayangkan peluang yang ada.

Wedang ronde karena terbuat dari bahan dasar jahe mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mabuk berat dan mual, memberikan kehangatan pada tubuh dan juga untuk meningkatkan stamina. Dan manfaat yang terkandung di dalam wedang ini sudah sangat mendarah daging bagi masyarakatIndonesia. MasyarakatIndonesia terkesan sangat bergantung pada jahe dan minuman ini sebagai salah satu contoh olahannya jika badan terasa sudah tidak nyaman lagi. Untuk itulah, peluang usaha di bidang ini cukup menjanjikan. Khususnya jika Anda berada di kompleks perumahan yang belum ada penjual ronde disana.

Selain jahe sebagai bahan dasar, ada juga ronde yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah dan kacang tanah. Kontur yang dihasilkan oleh ronde ini adalah kenyal ketika sedang digigit. Kemudian bagian dalamnya akan meleleh di dalam mulut kita. Untuk memulai membuat wedang ini, Anda juga harus bisa mempelajari komponen utama yang dimiliki, yaitu ronde itu sendiri dan juga wedang jahe. Jadi, jika wedang ronde itu tidak mempunyai ronde, maka disebut sebagai wedang jahe. Jadi, Anda bisa menawarkan dua jenis minuman yang berbeda dalam satu waktu, yaitu wedang ronde sendiri dan juga wedang jahe yang bisa juga Anda campur dengan susu menjadi wedang susu jahe.

Wedang ronde di jual hamper di setiap titik jalan atau di pusat-pusat keramaian. Penjualan wedang ini biasanya menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak dorong yang berukuran sedang.Para penjual ini akan menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling di perumahan-perumahan maupun di tempat keramaian dan juga bisa menetap di suatu titik. Mereka mulai berkeliling biasanya pada sore sampai malam hari. Tetapi ada juga di beberapa tempat atau daerah para penjual wedang ini yang menjajakan dagangannya dari siang hari. Seiring dengan perkembangan kebiasaan dan pengetahuan masyarakat, wedang ini juga sudah terkena imbas inovasi dari para pembuatnya. Akhir-akhir ini ada berbagai macam variasi yang ditambahkan di dalam wedang ronde. Misalnya tambahan tape ketan. Selain itu, ada juga yang menambahkan susu kental manis ke dalam wedang hangat ini. Tetaip apapun tambahan yang diberikan, wedang ini tetaplah menjadi primadona masyarakat kita untuk menghangatkan badan. Nah, sudahkah Anda mempunyai inovasi yang akan Anda terapkan untuk usaha ini?

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement