November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Warung Kopi: Usaha yang Tak Pernah Tidur

By admin - Mon Sep 03, 4:41 pm

 

Warung kopi mempunyai banyak sekali penikmat. Karena warung kopi selalu mempunyai komunitas yang tidak ada habisnya. Baik di pedesaan maupun di perkotaan, warung kopi dengan beragam bentuk dan tampilan selalu membuat masyarakat sekitar tergiur untuk mencobanya dan menjadikannya “basecamp” untuk berkumpul bersama-sama teman-temannya. Mulai dari warung kopi sederhana yang ada di pinggir jalan sampai kafe yang cozy bisa Anda pilih sesuai dengan gaya hidup Anda dan semuanya mempunyai pangsa pasar berbeda yang tidak pernah tidur.

Warung kopi

Banyak sekali komunitas, baik tua atau muda, yang mengisi waktu luangnya dengan menikmati secangkir kopi dan ditemani dengan obrolan ringan bersama teman-teman atau keluarganya. Hal ini menjadi salah satu momen yang sangat menyenangkan dan menenangkan. Itulah sebabnya mereka berusaha untuk selalu meluangkan waktu pergi ke warung kopi. Bahkan untuk anak muda, tempat ini bisa menjadi tempat gathering yang tentu saja akan sangat mendukung pergerakan kemajuan warung kopi tersebut. Misalnya setiap ada pertandingan bola, beberapa fansclub mengadakan nobar di warung kopi Anda, tentu saja warung kopi Anda akan sangat terkenal dan mendapat profit banyak. Untuk bisa mendatangkan fansclub seperti itu, Anda juga harus mampu menyediakan perlengkapan untuk menunjang acara tersebut, misalnya dengan menyediakan proyektor, dan lain sebagainya.

Warung kopi merupakan lading bisnis yang bisa Anda garap dengan baik untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. Anda harus bisa melihat besarnya animo masyarakat di sekitar Anda terhadap berbagai jenis minuman hangat, termasuk kopi. Jika Anda ingin melihat lebih mendalam tentang bisnis ini, coba mulai perhatikan beberapa warung kopi, baik yang sederhana maupun yang eksklusif, di sekitar Anda. Pasti Anda akan kaget karena semua warung tersebut tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan untuk warung kopi sederhana yang ada di pinggiran jalan pun tidak kalah ramai dengan coffeeshop yang banyak sekali muncul di mall-mall. Tentu saja hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat menggiurkan.

Bagi Anda yang ingin mencari bisnis sampingan, sepertinya bisnis warung kopi bisa menjadi alternative yang sangat bagus untuk Anda. Anda bisa menciptakan warung kopi yang sesuai dengan modal yang Anda miliki. Jika Anda baru mempunyai modal terbatas, Anda bisa memulainya dengan membuka warung kopi di pinggir jalan yang sederhana. Tetapi jangan lupa untuk tetap memberikan sentuhan berbeda di warung Anda tersebut.

Warung kopi walaupun bersaing cukup ketat di Indonesia, tetapi masing-masing pengusaha mempunyai segmen pasar yang berbeda. Misalnya coffeeshop berkonsep mewah lebih membidik pasar kelas atas sebagai pangsa pasar yang potensial. Dimana di coffeeshop mewah ini juga menawarkan menu kopi yang kelasnya Internasional dan lebih beragam.

Sebaliknya untuk warung kopi yang lebih membumi, Anda bisa membuat tempat yang nyaman walaupun tidak mewah dengan harga jual yang juga cukup terjangkau oleh pangsa pasar Anda dan bahkan semua kalangan. Anda bisa menargetkan konsumen kelas menengah, misalnya mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran, pengangguran atau pengusaha. Anda juga bisa membidik kalangan tua maupun muda, baik pria atau wanita. Karena mempunyai pangsa pasar yang lebih banyak daripada coffeeshop mewah, tentu saja jika dikelola dengan baik maka warung kopi Anda akan mencapai titik BEP lebih cepat sehingga Anda juga bisa melebarkan sayap ke beberapa spot lain yang Anda nilai cukup potensial.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS