November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Warnet : Peluang Usaha Internet yang Menguntungkan

By admin - Wed Feb 01, 3:49 pm

  • Comments Off on Warnet : Peluang Usaha Internet yang Menguntungkan
  • 622 views
  • Email
  • Print

Peluang usaha internet sedang berkembang pesat, terlebih di kawasan kampus. Peluang usaha internet mempunyai pangsa pasar yang beragam, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bisnis membuka usaha warnet masih akan menjadi primadona setidaknya saat ini dan beberapa tahun ke depan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa factor.

Faktor-faktor yang menyebabkan meningkatnya pangsa pasar warnet adalah sebagai berikut:

  1. Kebutuhan akan internet yang semakin besar dimana saat ini hanya 5 % penduduk di Indonesia yang telah menikmati internet dan diperkirakan 10 tahun lagi 60% penduduk indonesia akan menikmati internet.
  2. Semakin seringnya dan luasnya orang yang mengakses situs internet seperti facebook dan twitter baik muda maupun tua, sehingga kebutuhan akan internet dan warnet semakin pesat.
  3. Pesaing yang masih sangat sedikit terutama di daerah.
  4. Tingginya minat anak dan remaja di Indonesia untuk bermain bersama-sama dengan temannya di Warnet.
  5. Munculnya warnet di suatu daerah akan memicu berkembangnya ilmu pengetahuan di daerah tersebut.
  6. Cepatnya rasio balik modal untuk usaha warnet dengan sistem yang baik.
  7. Tidak semua orang bisa membuat warnet dengan baik karena itu tingkat persaingan masih kurang.

Peluang usaha internet warnet sebetulnya tidak terlalu sulit untuk didirikan dan dikelola. Cukup membeli beberapa buah komputer kemudian menginstalnya dengan software, membuat jaringan agar komputer satu dengan yang lainnya terhubung, dan akhirnya menghubungkan koneksi internet ke jaringan tersebut. Maka jadilah warnet. Cara mengelolanya juga tidak diperlukan orang-orang yang mempunyai skill tinggi yang mahal. Semua orang bisa melakukannya asalkan dia mengerti komputer. Semakin banyaknya usaha warnet membuat persaingan semakin ketat. Untuk itu, para pengusaha warnet dituntut lebih kreatif dan memberikan pelayanan yang lebih agar pelanggan tetap merasa puas. Dengan begitu tidak perlu untuk menurunkan harga, namun dituntut untuk menambah nilai tersendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuka usaha warnet yang akan menambah penghasilan Anda. Pertama adalah tempat. Tempat merupakan faktor penting dalam membuka usaha warnet. Semakin strategis suatu tempat maka semakin baik dampaknya terhadap usaha anda. Tempat yang dimaksud strategis di sini contohnya adalah yang dekat dengan kampus, sekolah, atau bisa juga di komplek perumahan yang memiliki komunitas pengguna warnet. Kedua adalah biaya listrik. Biaya listrik usaha warnet  per bulan ditentukan oleh kebutuhan listrik dari warnet tersebut. Untuk memperkirakan biaya listrik yang wajar, tentu harus di analisa dulu seberapa besar kebutuhan daya listrik.

Peluang usaha internet juga harus ditunjang hal ketiga yaitu biaya koneksi jaringan internet. Berbicara biaya koneksi, maka pilihannya beragam dan bergantung kepada lebar bandwidth, media koneksi, kualitas dan lain sebagainya. Keempat adalah pertimbangan antara warnet dan game online. Pertanyaan ini sulit dijawab tanpa adanya data akurat. Pengalaman setiap orang bisa berbeda, tetapi kita bisa menganalisanya sebagai berikut: warnet biasanya tidak perlu spesifikasi komputer setinggi game center. Dari sisi harga, warnet umumnya di atas game center yang justru membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi. Namun, secara kasat mata, game center lebih ramai dari warnet. Beberapa usaha warnet juga menyediakan game online sebagai bagian dari pelayanan mereka.

Kelima adalah tingkat occupancy. Tingkat okupansi yang umum adalah 7 – 9 jam. Di bawah 7 jam maka warnet itu terhitung sepi. Sementara di atas 9 jam warnet tersebut terhitung ramai (sekali). Jarang sekali ada warnet yang memiliki tingkat okupansi di atas 9 jam. Keenam adalah kombinasikan usaha. Setelah usaha warnet anda berjalan stabil, Anda juga dapat menambahkan usaha lainnya. Seperti menjual soft drink, menyediakan pelayanan fotocopy, printing, fax atau usaha lainnya yang masih relatif berhubungan dengan peluang bisnis membuka warnet tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Warnet : Peluang Usaha Internet yang Menguntungkan