November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Usia Muda, Usia Untuk Berkarya!

By admin - Mon Apr 01, 4:40 pm

Usia muda sudah bukan lagi sesuatu untuk dijadikan alasan berfoya-foya, malas-malasan dan manja. Usia muda harus membuat Anda semakin segar untuk berkarya. Kesuksesan tidak bisa menunggu, dan Anda harus memulainya sejak masih muda jika ingin mendapatkan kesuksesan itu sedini mungkin. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya jumlah entrepreneur muda di Indonesia yang sukses dengan usaha yang dirintisnya. Contoh ini bisa kita lihat dengan kesuksesan sosok muda Elang Gumilang yang dengan usianya 22 tahun sudah mampu mendatangkan omzet sampai belasan milyar. Nah, untuk Anda yang ingin mencapai kesuksesan yang sama atau bahkan lebih dari itu, simak tips untuk memulai usaha di usia yang masih muda:

Usia muda

  • Cari tahu apa yang Anda ingin kerjakan. Semenjak di usia muda, Anda harus mengetahui apa yang Anda cintai untuk kemudian Anda kerjakan. Hal ini sangat penting mengingat usia muda adalah usia yang masih labil dalam menentukan sesuatu yang benar-benar mereka cintai. Mereka masih merasa cepat bosan pada sesuatu. Untuk menyiasatinya, Anda harus bisa benar-benar mengetahui apa yang Anda cintai sehingga Anda ingin terjun lebih dalam ke dalam bidang ini. mulailah bisnis kecil-kecilan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, kemudian atur prioritas dan waktu yang Anda miliki untuk menjalankan usaha rintisan ini.
  • Cari investor dan motivator sukses. Usia muda masih membutuhkan sosok yang bisa dijadikan tuntunan. Untuk itulah, jangan abaikan peran guru dan partner kerja dari kalangan pengusaha. Cara ini berguna untuk mempertajam ilmu bisnis yang harus Anda ketahui serta mencari partner kerja yang memang sudah mendalam seluk-beluk dunia usaha. Jadi, Anda mempunyai partner yang bisa mencerahkan dan memberikan motivasi pada Anda.
  • Maksimalkan infonet dan teknologi. Perkembangan infonet dan teknologi pastinya sudah sangat familiar bagi para kaum muda. Mereka setiap hari memanfaatkan beragam informasi dari dua hal ini. Nah, sekarang saatnya untuk Anda memanfaatkan teknologi dan infonet secara lebih optimal untuk bisa mendukung perkembangan usaha yang Anda jalankan. Misalnya penggunaan e-mail, sosial media, iklan baris dan iklan baner serta forum online. Semua kegiatan yang Anda lakukan di dunia maya dimaksudkan untuk mempromosikan bisnis Anda agar lebih dikenal luas melalui dunia maya.
  • Belajar sifat pemimpin: tegas. Usia muda tidak bisa menghalangi Anda untuk menempatkan diri sebagai pemimpin yang mempunyai sifat tegas. Karena sebagai seorang pemimpin, sikap mental Anda juga harus kuat dan tegas. Hal ini untuk menciptakan suasana kerja yang lebih optimal dan dengan kepemimpinan yang bagus walaupun ada karyawan Anda yang usianya lebih tua dari Anda. Cara untuk mendapatkannya adalah dengan membuat kesepakatan bersama dan menerapkan aturan-aturan tersebut di lapangan. Cara ini bisa mendisiplinkan Anda dan para karyawan Anda sendiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS