November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Usaha Rumah Makan

By admin - Tue Apr 17, 3:43 pm

Usaha rumah makan merupakan usaha di sektor primer. Usaha primer ini melingkupi sandang, pangan, papan, dan jenis usaha ini tidak akan pernah sepi peminat. Usaha rumah makan di jaman modern seperti saat ini semakin meningkat pesat karena kesibukan tiap individu semakin menghimpit. Usaha makanan jadi menjadi pilihan tepat dan cepat. Peluang inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pelaku bisnis makanan jadi, mungkin salah satunya Anda. Tapi, tidak lantas mudah memutuskan memilih usaha makanan. Tentu banyak kendala yang jadi pertimbangan, diantaranya; soal modal, bingung memilih menu yang ingin dijual, bahkan keluhan tidak bisa memasak.  Hal itu seharusnya tidak perlu menjadi persoalan, karena dijaman serba praktis ini, ada banyak pilihan memulai usaha makanan.

Usaha rumah makan

Bila modal Anda kurang mencukupi dan juga tidak bisa memasak, mungkin usaha franchise makanan ringan (jajanan) bisa dicoba. Tetapi, jika memiliki cukup modal, ada tenaga ahli dalam hal memasak, dan sudah ada gambaran jelas mengenai menu, jangan ragu-ragu memilih usaha resto. Tetapi, apapun pilihan usaha makanan Anda, hal-hal dibawah ini tetap harus diperhatikan sebelum memulai usaha makanan. Pertama adalah pemilihan lokasi. Hal terpenting pada persiapan setiap usaha adalah memilih lokasi yang strategis, begitu pula pada usaha makanan. Untuk itu, diperlukan kecermatan dalam memilih lokasi. Pilih lokasi yang dekat dengan keramaian dan keramaian itu kontinyu (tiap hari). Area Pasar, Sekolah, Perkantoran, atau Rumah Sakit dapat menjadi pilihan yang baik. Selain itu view juga penting, perempatan jalan, alun-alun, atau pinggir jalan raya dapat menjadi pilihan. Perlu diingat dalam memilih tempat; ukuran besar/kecil lokasi yang kita pilih yang sangat berpengaruh pada harga sewa (bila memang menyewa), keleluasaan calon pembeli bila ingin makan ditempat, juga ada atau tidaknya lahan parkir.

Usaha rumah makan juga harus memperhatikan hal kedua, yaitu kesesuaian menu. Menu akan berpengaruh pada lokasi usaha yang kita pilih. Bila kita dekat dengan kantor, menu lengkap seperti nasi dan lauk pauknya dapat menjadi pilihan. Tapi jika kita membuka usaha di area sekolah, maka lebih baik memilih mie ayam, bakso atau makanan praktis lainnya yang pasti diminati anak-anak sekolah. Jika Anda ingin memilih masakan khas suatu daerah, usahakan kenali dulu lokasi tempat usaha Anda, apakah banyak warga daerah tersebut/tidak, karena hal itu juga akan berpengaruh.

Hal ketiga yang harus diperhatikan adalah sumber bahan. Sumber bahan adalah darimana kita dapatkan bahan mentah untuk usaha makanan kita. Bila kita membuka warung makan, pertimbangkan, apakah dekat dengan pasar/tidak, dimana warung kelontong yang bisa cepat melayani kita membeli bumbu atau perlengkapan lain, dan sebagainya. Bila kita memilih franchise, pastikan apakah kita harus mengambil bahan atau bisa diantar? Dimana bila kita harus mengambil bahan? Mudahkah akses komunikasi dengan pemilik franchise?

Usaha rumah makan juga harus memperhatikan tenaga ahli. Sekarang ini, banyak sekali usaha makanan yang pemiliknya tidak bisa memasak. Disinilah pentingnya tenaga ahli. Untuk hal ini, yakinkan dimana kita mendapat tenaga ahli, bisa saja dari lingkungan keluarga, teman atau benar-benar orang lain yang kita rekrut dengan kriteria tertentu. Pertimbangkan besarnya gaji, apa saja tugas dan wewenang mereka juga bagaimana peranan mereka dalam usaha Anda (ada juga pemilik usaha yang menjadikan tenaga ahli ini sebagai mitra, sehingga pembayaran berdasar pembagian laba).

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah harga. Ini adalah fal yang sangat penting. Kita harus mempertimbangkan berapa harga satu porsi makanan yang kita jual. Sesuaikan dengan lokasi usaha, jenis makanan, quantity makanan, bahkan kemasannya. Janga sampai salah menetapkan harga dan membuat pembeli kapok berkunjung kembali.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS