November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Usaha Modal Kecil

By admin - Wed Jan 18, 3:38 pm

Usaha modal kecil juga bisa dikategorikan sebagai bisnis rumahan, walaupun tidak semua bisnis rumahan mempunyai modal yang kecil dan tidak semua modal kecil harus di rumah. Usaha modal kecil bisa dikembangkan dengan sangat baik jika perencanaan dan aksinya nyata dan positif. Karena ide, keyakinan kuat, mental baja dan usaha ekstra lebih penting dibandingkan dengan modal.

Untuk memantapkan hati Anda dalam memulai menggerakkan usaha pertama Anda, Anda harus berhenti berpikir untuk menunggu ide. Ide itu bukan untuk ditunggu tapi harus diciptakan. Jadi, temukanlah ide akan berwirausaha apa, siapa calon konsumennya, dan bagaimana menjalankan usaha itu. Setelah bertemu apa yang akan dijual, barulah tawarkan dengan berbagai cara dan media. Saat ini, yang sedang tren melalui media online atau jejaring sosial. Jangan ragu untuk tetap belajar. Setiap kali memulai usaha, segala rintangan akan datang. Belajarlah dari diri sendiri, orang lain, atau buku. Yang tak kalah penting adalah menyiapkan mental baja. Apabila usaha yang dirintis terpaksa jatuh, sehingga bisa berdiri dan mencoba­nya­ kembali. Kecewa wajar, tapi jangan putus asa.

Usaha modal kecil tidak harus menjadi usaha yang kembang-kembis. Bahkan Anda bisa membuat beberapa usaha sekaligus. Karena pada akhirnya pasti akan ada (minimal) satu yang berhasil. Namun bila gagal, harus tetap ingat, wirausaha bukanlah profesi, melainkan cara pandang. Dengan terus mengingat hal itu, tak akan ada lagi rasa malu bila usaha yang dirintis gagal. Karena setiap orang pasti akan memiliki jawaban berbeda ketika bicara soal modal usaha.

Yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak uang yang akan hilang dalam menjalankan usaha itu. Bila usaha Anda berskala rumah tangga, akan lebih baik jika dibuat perencanaan keuangan sejak dini. Aturan pertama, pisahkan antara keuangan usaha dengan keuangan pribadi atau rumah tangga. Jangan anggap remeh akuntansi atau pembukuan. Dari situ bisa terlihat usaha ini untung atau merugi. Sehingga ketika usaha semakin besar, transisinya tak akan terlalu berat. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh memandang rendah karyawan.

Usaha modal kecil bisa sangat menguntungkan jika Anda serius menjalankannya. Sebelumnya perlu Anda ingat bahwa mungkin benar bila modal uang merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam memulai usaha. Namun memiliki modal uang yang terbatas, bukan menjadi satu alasan bagi Anda untuk mengurungkan niat menjadi pengusaha. Banyak cara bisa Anda coba untuk membuka usaha, walaupun dengan modal terbatas.

Mencoba bisnis dengan modal kecil, merupakan sebuah solusi yang bisa Anda jalankan untuk mendapatkan penghasilan cukup besar. Meskipun memulainya dari rumah, namun pertumbuhan bisnis rumahan dengan modal kecil sekarang ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak pengusaha yang kini bisa sukses membawa bisnis rumahan menjadi industri besar, baik skala lokal maupun nasional.

Salah satu contoh adalah peluang bisnis warung sembako. Kebutuhan masyarakat akan sembako (sembilan bahan pokok) menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan bagi Anda. Tidak seperti peluang bisnis lainnya, bisnis sembako tidak mengenal kata musiman. Sebab produk sembako akan tetap dibutuhkan masyarakat setiap hari. Jadi tidak salah bila Anda mencoba membuka warung sembako dari rumah. Sembako merupakan kebutuhan pokok masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jadi bisa dibilang konsumen sembako mencakup semua kalangan, baik kalangan masyarakat menengah keatas maupun menengah ke bawah. Karena Anda membuka usaha dari rumah dan berada di tengah pemukiman warga, maka sasaran pasar Anda meliputi para ibu rumah tangga di sekitar Anda, anak kost, dan masyarakat umum yang melewati warung sembako Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Usaha Modal Kecil