November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Usaha Laundry Kiloan dan Kos

By admin - Wed May 16, 5:21 pm

Usaha laundry kiloan dan kos merupakan salah satu primadona bisnis di sekitar kampus. Usaha laundry kiloan dan kos sampai saat ini masih diyakini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Apalagi jika bisnis kos-kosan tersebut mampu dikombinasi dengan menjalankan bisnis lain seperti laundry maka peluang untuk memperoleh keuntungan akan lebih besar lagi. Di lokasi strategis seperti pusat perkotaan, perdagangan, lingkungan kampus, dan lingkungan perkantoran bisnis kos-kosan sekaligus laundry tumbuh subur dengan fasilitas dan harga yang bervariasi.

Usaha laundry kiloan dan kos

Jika Anda berniat serius menekuni bisnis ini, Anda harus mencari lokasi strategis dan menyulapnya menjadi tempat kos yang layak huni dan nyaman. Sebelumnya tentu Anda harus menyiapkan target market. Karena ada beberapa tipe kos yang harus ketahui. Misalnya membangun kos executive dengan AC dan kamar mandi dalam, atau hanya kamar mandi dalam, maupun kos standar dengan fasilitas lengkap. Target market ini tentunya harus disesuaikan dengan lokasi tempat Anda membangun tempat kos.

Usaha laundry kiloan dan kos di sekitar kampus, misalnya, akan lebih cocok dengan kos standar yang nyaman dan kamar mandi dalam. Setelah Anda membuka usaha kos-kosan dan masih ingin membuka dan memberdayakan usaha laundry, sebaiknya Anda membuat strategi. Misalnya Anda membuat peraturan bahwa yang ngekos di tempat Anda harus mencuci di laundry Anda dan akan dikenakan diskon khusus. Misalnya diskon 10 kali cuci gratis laundry 1 kg, layanan antar jemput, dan seterusnya. Strategi ini akan membuat anak kos Anda terbantu karena mengurangi waktu yang tersita untuk pergi ke tempat laundry dan menghemat uang dengan adanya diskon tersebut.

Kunci sukses dalam menjalankan usaha kos sebaiknya mengedepankan hubungan kekeluargaan dengan para penghuni. Walaupun Anda tidak tinggal di satu atap dengan anak kos, tetapi luangkan waktu, minimal 2 minggu sekali untuk mengunjungi dan berbincang dengan mereka agar mereka menganggap Anda sebagai orang tua kedua mereka. Pastikan juga faktor kenyamanan tetap terjaga. Kebersihan lingkungan kamar, kamar mandi dan dapur menjadi kewajiban kos dan merupakan fasilitas kos. Jadi, anak kos akan sangat nyaman berada di dalamnya karena bersih, nyaman dan aman.

Usaha laundry kiloan dan kos memang harus memperhatikan lokasi usaha yang tepat. Faktor ini merupakan factor penentu. Sebelum membeli property untuk menjalankan usahanya, adakan survey kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk disekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, karakteristik konsumen. Dengan begitu, bisa terlihat seberapa besar pangsa pasar di lokasi tersebut. Perlu juga diperhatikan apakah di lokasi tersebut sudah ada kompetitor usaha sejenis? Jika ada, cermati kelebihan dan kekurangan kompetitor agar nantinya dapat bersaing dengan sehat. Tidak perlu jor-joran mengurangi harga, lebih baik memberikan harga rata-rata dengan kualitas baik dan punya nilai tambah.

Anda bisa menawarkan variasi pelayanan yang fleksibel. Di samping layanan standar cuci plus setrika dengan tarif murah, Anda juga bisa menawarkan paket jasa setrika pakaian. Ada juga program sistem out source, pelanggan boleh mencuci sendiri pakaian kotor mereka dengan biaya Rp 3 ribu tiap setengah jam, atau sama dengan Rp 6 ribu per jam. Sekarang saatnya untuk mempraktikkan strategi tersebut untuk Anda. Jangan lupa selalu optimis dan pantang menyerah karena itu merupakan modal awal yang harus Anda miliki. Semoga beruntung.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS