December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Usaha Kecil Ikan Hias

By admin - Wed Jan 18, 3:22 pm

Usaha kecil tidak selamanya harus meniru usaha atau ide orang lain untuk kemudian ikut-ikutan membuka usaha yang sama. Usaha kecil sejatinya harus lahir dari ide sendiri dan upaya untuk menciptakan peluang usaha sendiri. Karena jika Anda hanya mengandalkan apa yang ada, maka hidup dan usaha Anda pun tidak akan pernah berubah. Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus pintar-pintar dalam mencari peluang usaha buat diri Anda sendiri. Namun, apabila Anda tidak mendapatkan kesempatan dalam mencari peluang usaha tersebut, maka inilah saatnya bagi Anda untuk menciptakan peluang usaha sendiri walaupun kecil – kecilan. Anda tidak perlu takut, karena sekarang adalah saat yang tepat.

Anda bisa memulai usaha Anda dengan menggunakan apa yang tersedia di sekitar Anda. Manfaatkanlah apa yang ada karena menciptakan usaha bukan berarti menggunakan semua hal yang baru. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tenaga orang-orang yang ada di sekitar Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari tenaga kerja, karena mereka sudah ada. Selain itu, peluang usaha akan dengan mudah Anda dapatkan apabila Anda teliti dalam melihat dan mengamati pasar.

Usaha kecil bisa dengan mudah dilakukan dengan mengamati pasar. Dari sinilah maka Anda akan tahu apa yang sangat dibutuhkan oleh pasar. Setelah mengetahui kebutuhan pasar, Anda bisa mulai membuka peluang usaha kecil Anda dengan segera. Mulailah menyediakan semua kebutuhan pasar. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran. Gunakanlah strategi yang tepat dalam memasarkan barang-barang yang Anda sediakan sebelumnya. Apabila Anda mengunakan strategi yang tepat, maka pemasaran Anda telah berhasil. Namun sebelumnya, Anda juga harus dapat mendekati orang-orang lain yang juga berkecimpung dalam usaha yang sama. Agar nantinya Anda bisa mendapatkan masukan yang berguna dari mereka, yang pada saatnya akan sangat berguna bagi Anda dalam mengembangkan peluang usaha Anda di masa depan.

Salah satu contoh usaha kecil yang bisa Anda praktekkan adalah usaha ikan hias. Saat ini, konsep yang diusung oleh beberapa pengembang perumahan adalah rumah dengan kolam kecil di depan rumah. Selain itu, jika seseorang tidak mempunyai cukup lahan untuk dibangun kolam ikan, mereka akan menambahkan akuarium di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan nuansa alam di rumah. Hal ini merupakan peluang yang tidak boleh Anda sia-siakan. Anda bisa mulai melakukan survey tentang harga-harga ikan hias dan juga akuarium dari ukuran yang terkecil sampai yang terbesar.

Usaha kecil ikan hias tersebut sangat potensial karena pangsa pasarnya yang sangat luas. Peluang usaha ini bisa Anda lakukan sendiri maupun dengan cara kerjasama dengan orang yang sudah mahir di bidangnya. Atau mungkin Anda sendiri mempunyai hobi dengan ikan hias, Anda bisa menjadikan hobi Anda menjadi sumber pemasukan. Anda bisa menjual ikan-ikan hias, alat-alat seperti akuarium, aerator/gelembung udara, makanan ikan, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan banyak banyak sekali informasi mengenai potensi dasar atau peluang usaha ikan hias di forum-forum yang banyak tersebar di internet. Ataupun Anda juga bisa sering datang ke tempat penjualan ikan di daerah tempat Anda. Misalnya jika Anda sedang di Surabaya, Anda bisa mampir di sebuah pasar ikan hias terbesar di Jawa Timur, yaitu pasar ikan hias Gunugsari. Di sana sangat lengkap dan banyak sekali penjual yang menyediakan berbagai macam jenis ikan mulai dari ratusan rupiah sampai jutaan rupiah bisa Anda dapatkan di sana. Dan tentunya, Anda juga masih bisa menawar dengan harga yang paling cocok.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Usaha Kecil Ikan Hias