November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Ukur Tingkat Kepuasan Pelanggan Anda

By admin - Mon May 27, 4:51 pm

Tingkat kepuasan pelanggan harus diukur secara rutin untuk bisa mengetahui apakah ada yang salah dengan cara menjalankan bisnis Anda atau hal lain yang berhubungan dengan kelangsungan bisnis Anda. Tingkat kepuasan pelanggan ini sebaiknya dilakukan secara aktif untuk bisa mengetahui kepuasan pelanggan secara riil. Pelaku usaha harus melakukan strategi ini untuk mengevaluasi dimana letak posisi bisnisnya dan juga untuk membandingkan kualitas produknya dengan kualitas produk pesaingnya.

Tingkat kepuasan pelangganJika seorang pelaku usaha lalai tidak melakukan strategi untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan, maka resikonya adalah dia tidak bisa melakukan evaluasi pasar yang menyebabkan bisnisnya tidak mampu bersaing dengan para pelaku usaha yang lain. Karena untuk bisa mempertahankan loyalitas konsumen, seorang pelaku usaha harus bisa mengetahui seberapa besar kepuasan konsumen ketika menggunakan produk atau jasa yang Anda jual. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa Anda? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Menggunakan sistem saran dan keluhan. Tingkat kepuasan pelanggan juga bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah. Dengan menggunakan sistem saran dan keluhan, Anda bisa mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen Anda. Karena konsumen diberikan kesempatan untuk memberikan kritik dan saran yang penting untuk perkembangan usaha anda. Dari data inilah nantinya Anda bisa mengetahui seberapa baik atau buruk pelayanan yang sudah Anda berikan. Informasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi beberapa hal, seperti pelayanan apa yang masih kurang, apa yang membuat pelanggan tidak nyaman dan apa keunggulan yang digemari oleh para pelanggan.
  • Survey kepuasan pelanggan. Survey ini bisa Anda lakukan dengan 3 cara, antara lain directly reported by satisfaction; derived dissatisfaction dan problem analysis. Directly reported by satisfaction berarti pengukuran langsung yang dilakukan suatu perusahaan kepada konsumennya, misalnya bertanya langsung pada konsumen melalui SPG. Derived dissatisfaction berarti survey yang menggunakan 2 pertanyaan: seberapa besar harapan konsumen terhadap produk Anda dan seberapa besar kualitas pelayanan/ kelebihan produk Anda di mata konsumen. Problem analysis berarti meminta konsumen/ responden untuk mengungkapkan dua hal: permasalahan yang mereka hadapi terkait produk/ jasa Anda dan meminta saran dari konsumen untuk perbaikan usaha Anda.
  • Ghost shopping. Tingkat kepuasan pelanggan bisa dijalankan dengan mempekerjakan orang lain sebagai pelanggan di usaha pesaing Anda. Anda bisa juga menyebut ghost shopper ini sebagai mata-mata yang Anda kirim untuk membeli produk pesaing dan meneliti kelemahan dan keunggulan produk tersebut.
  • Last analysis customer. Strategi ini adalah dengan menghubungi konsumen yang berhenti berlangganan dari usaha Anda untuk bertanya tentang informasi yang menyebabkan mereka berhenti menjadi pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki usaha, baik produk maupun jasa, Anda untuk bisa meningkatkan kepuasan konsumen dan kembali memenangkan pasar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS