April 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CPartly Cloudy - Humidity: 84%
Advertisement

Ubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

By admin - Mon Sep 24, 4:57 pm

 

Mengubah hobi menjadi peluang usaha memang bukan perkara mudah tetapi bisa juga menjadi sesuatu yang bisa dijalani dengan baik jika Anda mampu mengontrol setiap aspek. Mengubah hobi menjadi peluang usaha bahkan lebih mudah daripada harus merencanakan bisnis yang masih mengawang-awang atau yang belum ketahuan mau bisnis jenis apa. Mungkin sudah sangat biasa jika banyak sekali masyarakat yang bertanya tentang apa hobi Anda. Tetapi masih sedikit yang sadar bahwa hobi juga bisa mendatangkan hoki tersendiri bila ditekuni.

Mengubah hobi menjadi peluang usaha

Karena masih banyak dari kita yang masih belum sadar bahwa hobi atau passion di dalam diri seseorang juga bisa mendatangkan penghasilan. Bisa dikatakan juga bahwa semua hobi bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bila kita tekun dan jeli dalam mengembangkan hobi tersebut. Misalnya jika Anda gemar menulis, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi penulis freelance di media online atau bisa juga menjadi penulis di Koran-koran local di daerah Anda. Dengan begitu, hobi Anda akan tersalur secara positif dan juga bisa menghasilkan pendapatan.

Mengubah hobi menjadi peluang usaha bukan hanya bisa dilihat untuk hobi menulis saja. Karena hamper semua hobi bisa Anda jadikan peluang usaha yang sangat menguntungkan. Masih banyak hobi yang lain yang bisa Anda perjuangkan. Nah, permasalahannya adalah sekarang bagaimana caranya mengubah hobi menjadi sebuha peluang bisnis. Berikut adalah beberapa poin penting ketika Anda akan menyalurkan bakat atau hobi Anda menjadi bisnis sampingan yang menguntungkan.

Pertama, cari tahu apa hobi atau passion Anda. Hal ini wajar karena masih banyak orang yang belum sadar jika ditanya apa hobi yang mereka miliki. Untuk itulah, Anda harus mampu memilih dan memilah mana hobi atau passion yang benar-benar ingin Anda tekuni, dan mana hobi yang hanya iseng dilakukan untuk mengikuti trend sementara saja.

Kedua, pilihlah hobi yang menjual dan disukai oleh banyak orang. Karena semakin banyak orang yang membutuhkan dan menyukai hobi yang Anda miliki, maka akan semakin besar juga peluang pasar yang bisa Anda bidik untuk kemudian membantu Anda mendatangkan tambahan penghasilan. Misalnya Anda hobi otomotif. Nah, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis aksesoris motor dan mobil atau bengkel. Dan bisnis ini bisa Anda jalankan secara online dan offline. Jadi, Anda juga menjalankan hobi Anda ditambah dengan tambahan penghasilan yang Anda dapatkan.

Mengubah hobi menjadi peluang usaha juga bisa dilakukan dengan cara yang ketiga, yaitu dengan mengenali pasar Anda. Dengan berbekal hobi yang Anda geluti, maka persentase besarnya Anda akan lebih mudah untuk memahami seluk-beluk tentang hobi tersebut, termasuk tentang yang disukai atau yang tidak disukai oleh para calon konsumen. Nah, Anda juga harus terus up to date untuk menggeluti hobi yang Anda geluti. Jangan lupa untuk terus mengikuti trend yang sedang digandrungi oleh para konsumen. Misalnya Anda mempunyai hobi tentang fotografi, maka Anda juga harus mengetahui tentang apa saja yang diinginkan pasar. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi kebutuhan pasar dan juga mendapatkan untung besar dari bisnis tersebut.

Keempat, jaring komunitas untuk memperlancar jalannya sebuah usaha. Karena ketika Anda menekuni sebuah bisnis sampingan yang berasal dari hobi, sebaiknya Anda juga menggandeng komunitas hobi yang Anda ikuti untuk memperlancar kesuksesan usaha Anda. Hal ini penting karena bisa memperluas pasar yang sudah ada. Selain itu, Anda juga bisa sharing dan berbagai beragam informasi baru seputar hobi yang Anda geluti. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement