November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Twitter dan Loyalitas Konsumen

By admin - Wed Oct 17, 5:03 pm

Twitter merupakan salah satu jenis jejaring social yang paling diminati oleh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Twitter ternyata tidak hanya bisa “berceloteh” tak tentu arah, tetapi juga bisa menjadi pengikat konsumen Anda. Benarkah begitu? Situs jejaring social ini mampu memberikan peluang tersendiri bagi Anda, pelaku usaha, untuk mempromosikan keberadaan usaha Anda. Bayangkan saja. Dengan jumlah total pengguna twitter di Indonesia yang mencapai angka 29,5 juta orang, tentu menjadi saya tarik bagi para pelaku usaha. Anda harus mampu berpikir cepat dan mempertimbangkan situs ini.

TwitterSekarang mulai banyak para pelaku usaha yang bisa melihat peluang di situs jejaring social, diantaranya ada yang memanfaatkan situs ini untuk membangun personal branding guna mendongkrak penjualan produknya, menginformasikan perkembangan bisnis dan juga memberikan ruang khusus untuk bisa mengenal konsumen lebih dekat (khusus untuk para pelaku usaha). Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa peran social media memang sangat membantu para pelaku usaha. Baik untuk memperluas pasaranya maupun untuk mempertahankan konsumennya.

Twitter juga bisa dikatakan mempunyai peran yang harus diperhitungkan di dunia bisnis. Dengan banyaknya followers yang bergabung di akun Anda, maka Anda bisa dengan mudah mengoptimalkan para pelaku usaha untuk bisa mendongkrak angka penjualan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Untuk itulah Anda harus bisa mempertahankan loyalitas para follower agar produk Anda semakin kuat. Caranya? Simak tips berikut ini:

Pertama, Selalu sapa follower Anda secara rutin. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan Anda dan lebih diperhatikan. Karena pada dasarnya sifat manusia selalu ingin diperhatikan dan disapa oleh orang-orang yang mereka kenal. Untuk itulah, luangkan waktu walaupun tidak setiap hari untuk menyapa mereka, misalnya setiap minggu. Hal ini juga akan membuat mereka lebih tertarik untuk mengenal lebih jauh produk atau jasa Anda.

Kedua, bangun interaksi dengan para follower Anda. Karena di situs jejaring social, tidak jarang ada follower yang ingin berdiskusi atau bertanya tentang beberapa hal penting tentang produk atau jasa serta perkembangan usaha Anda. Nah, di sini Anda harus selalu bersikap ramah dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan mereka.

Ketiga, Anda bisa memancing konsumen dengan memberikan program-program yang menarik melalui twitter. Hal ini akan memunculkan rasa penasaran para konsumen. Misalnya Anda mengadakan program diskon dan kuis dengan hasiah tertentu. Cara ini terbukti cukup efektif untuk menarik lebih banyak konsumen dan follower di akun Anda.

Keempat, kelola akun jejaring social Anda secara professional. Mengapa harus bersikap professional? Toh mereka tidak mengenal Anda secara langsung. Karena Anda menyandang nama perusahaan Anda dan bisa dikatakan sebagai salah seorang public figure. Maka sebaiknya Anda juga memperlakukan akun (sarana komunikasi dengan konsumen) dengan professional dan santun. Hindari menghujat suatu produk atau tema apapun di akun Anda. Karena semua hal yang Anda tuliskan di akun jejaring soail merupakan cerminan dari pribadi Anda. Jadi, jika Anda membagikan informasi yang positif, maka brand image yang terbangun juga akan menjadi positif, begitupun sebaliknya.

Kelima, lakukan proses marketing secara terselubung. Walaupun tujuan utama Anda membuat akun ini adalah murni untuk marketing, tetapi anda tidak boleh berlaku terang-terangan. Hal ini untuk mencegah konsumen atau follower kabur dari akun Anda. Gunakan strategi marketing soft selling untuk menarik konsumen dengan lebih halus dan santun sampai akhirnya mereka terpancing dan membeli produk kita.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS