November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Trik Online Shop Meraih Repeat Order dari Konsumen

By admin - Fri Sep 20, 4:25 pm

Repeat order atau yang bisa disebut dengan membeli kembali di toko yang sama akan membuat sebuah toko mendapatkan lebih banyak pelanggan tetap. Repeat order yang dilakukan oleh konsumen bisa memenangkan Ada dari persaingan pasar di dunia maya. Semakin banyaknya online shop juga menambah tingkat persaingan di dunia maya. Karena setiap pelaku usaha pasti berusaha untuk mendatangkan konsumen baru, salah satunya adalah dengan menggiring konsumen untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang.

Repeat orderWalaupun transaksi pembelian dari konsumen baru dan konsumen lama yang melakukan pembelian berulang sama-sama mendatangkan omzet penjualan tetapi dampaknya berbeda. Dengan adanya konsumen yang melakukan pembelian ulang ini, berarti ada indikasi bahwa online shop Anda cukup berkualitas. Dengan indikasi ini, maka kemungkinannya besar untuk konsumen baru yang juga mencoba melakukan pembelian pada toko Anda. Selain menawarkan beraneka ragam jenis produk yang berkualitas, Anda juga harus memperhatikan faktor pengalaman untuk bisa mendorong konsumen agar melakukan pembelian kembali. Anda harus mampu membuat kesan yang menyenangkan apda konsumen yang datang. Karena ketertarikan mereka untuk melakukan pembelian kembali bisa dipengaruhi oleh kesan pertama yang mereka terima. Untuk Anda yang masih pemula di bidang ini, berikut ini informasi untuk mendorong konsumen agar melakukan pembelian kembali:

  • Lebih komunikatif. Repeat order bisa teejadi apabila di penjual lebih komunikatif dalam menaarkan barang, menerima pembayaran serta mengirimkan pesanan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap online shop Anda.
  • Memberikan kesan menarik pada tampilan produk Anda. Karena kesan pertama sangat berpengaruh pada psikologi konsumen apakah akan melakukan transaksi pembelian atau tidak, maka Anda harus memberikan kesan pertama yang menarik (baik untuk produk maupun kemasan). Setelah tampilan produk, Anda juga harus memastikan bahwa kualitas produk Anda bagus. Hal ini tidak boleh dikesampingkan karena bisa mempengaruhi citra Anda sendiri di mata konsumen.
  • Tepat waktu dalam pengiriman pesanan. Repeat order akan terjadi jika Anda juga mengirimkan pesanan tepat waktu. Misalkan Anda menjanjikan barang yang dikirim akan sampai dalam waktu 5 hari, maka Anda harus memastikan bahwa Anda bisa menepatinya. Akan lebih baik jika barang tersebut sampai sebelum 5 hari. Ini akan membangun kepercayaan konsumen terhadap online shop Anda.

Dengan memperhatikan dan menetapkan ke-3 tips ini, semoga usaha online shop Anda akan mendapatkan lebih banyak konsumen dan pelanggan setia sehingga Anda bisa memenangkan persaingan pasar di dunia maya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS