November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Trik Mengoptimalkan Pelayanan Terhadap Konsumen

By admin - Tue Jul 03, 4:44 pm

 

Mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen akan menciptakan konsumen yang loyal terhadap produk Anda. Mengoptimalkan pelayanan tentu saja akan memajukan usaha Anda. karena konsumen adalah raja, maka Anda harus benar-benar memperlakukannya sebaik mungkin. Tidak masalah apakah Anda penyedia jasa maupun produsen barang, Anda tetap harus memperlakukan konsumen sebaik mungkin. Karena pelayanan prima akan mempengaruhi loyalitas mereka terhadap produk Anda.

Mengoptimalkan pelayanan

Untuk itulah, mau tidak mau, Anda harus mampu menjadi semakin inovatif dan kreatif untuk merebut hati konsumen. Jangan sampai Anda lengah dan akhirnya peluang mendapatkan konsumen diambil oleh para pesaing Anda. berikut adalah beberapa trik untuk mengoptimalkan pelayanan Anda terhadap konsumen. Pertama adalah senyuman sebagai sambutan hangat. Senyuman adalah kegiatan yang sederhana tetapi mampu memberikan dampak yang luar biasa besar. Konsumen yang datang ke tempat usaha Anda tidak hanya menginginkan produk atau jasa Anda, tetapi juga ingin dilayani dengan sepenuh hati. Jika sekali Anda mengecewakan pelanggan dengan bersikap tidak ramah, maka mereka akan berpikir ulang jika ingin datang ke tempat usaha Anda. Berbeda dengan jika Anda mempunyai karyawan yang selalu memberikan senyuman ramah kepada konsumen, maka mereka akan semakin loyal kepada produk Anda. Jadi, biasakan untuk memberikan senyum yang ramah dan tanamkan kewajiban tersenyum ini kepada seluruh karyawan Anda.

Mengoptimalkan pelayanan terhadap konsumen juga bisa dilakukan dengan trik kedua, yaitu dengan memahami kebiasaan pelanggan. Setiap konsumen pasti akan merasa dihargai apabila nama dan kebiasaannya diingat dan dipahami oleh pelaku usaha. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mencatat nama dan kebiasaan masing-masing pelanggan Anda. Misalnya Anda mempunyai usaha rumah makan Jawa dan sudah mempunyai beberapa konsumen. Salah satunya adalah penggemar masakan Jawa yang berkuah bening tanpa santan. Kemudian di lain hari ketika Anda mempunyai menu kuah bening yang berbeda dari biasanya, Anda bisa menyapa konsumen tersebut “Selamat siang Pak Satrio. Hari ini ada menu baru asem-asem daging. Pasti Pak Satrio suka”. Konsumen tersebut pasti akan merasa sangat dihormati sehingga dia tidak akan ragu untuk kembali lagi ke warung makan tersebut di waktu yang akan datang.

Trik ketiga adalah dengan tidak mengabaikan sopan santun. Walaupun Anda ingin menekankan bersikap ramah dan friendly terhadap konsumen, tetapi jangan sampai Anda bersikap terlalu santai yang akhirnya terkesan tidak sopan. Tetap gunakan perkataan sopan, seperti “terima kasih”, “tolong”, “silahkan”, “permisi, ada yang bisa saya bantu?”, dan lain sebagainya. Bersikap baik bukan berarti langsung menghindari sopan santun antara konsumen dan produsen. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kepuasan pelanggan.

Mengoptimalkan pelayanan dengan beberapa trik tersebut jika dilakukan secara terus-menerus, maka akan membuat usaha Anda semakin banyak dikunjungi oleh konsumen baru. Karena sekali datang, mereka akan merasakan atmosfer kekeluargaan dan produk yang berkualitas, maka kemungkinan mereka akan kembali lagi ke produk Anda sebesar 90%. Karena kepuasan yang didapatkan oleh konsumen Anda akan menjadikan asset untuk membangun kepercayaan pelanggan. Dan kepercayaan pelanggan akan bermuara pada kesuksesan sebuah usaha.

Karena ketika seorang pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan, maka dia tidak akan sungkan untuk menginformasikan atau merekomendasikan bisnis Anda kepada orang-orang yang dikenalnya. Di sinilah fungsi word of mouth berlangsung. Salam sejahtera.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS