December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Trik menentukan Target konsumen

By admin - Thu Jun 07, 5:33 pm

Menentukan target konsumen merupakan salah satu factor penting dalam menjalankan bisnis kuliner. Menentukan target konsumen akan membuat bisnis Anda lebih focus dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Hal ini sekaligus akan mempermudah Anda dalam menetapkan harga agar tepat sasaran.

Menentukan target konsumen

Sebelum menentukan target, Anda juga harus mengerti beberapa jenis konsumen, yaitu:

  1. Konsumen anak muda/ mahasiswa. Karena dalam kesehariannya, anak muda merupakan konsumen paling royal. Dalam kesehariannya anak muda merupakan konsumen paling royal. Mereka biasanya tidak terlalu perhitungan dalam membelanjakan uang. Anak muda juga merupakan konsumen yang paling suka berkumpul dengan teman-temannya, hal ini dapat Anda jadikan strategi bagaimana membuat agar tempat usaha Anda bisa menjadi tempat bagi mereka berkumpul. Dan kesempatan ini pun akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.
  2. Konsumen anak-anak. Anak-anak biasanya menyukai jenis makanan yang digoreng, makanan manis atau es krim dan makanan yang tidak mengandung sayuran. Pangsa pasar anak-anak dapat di bidik apabila tempat usaha Anda berada di pusat keramaian yang dikunjungi anak-anak, seperti: taman bermain, dokter anak, atau pusat perbelanjaan.
  3. Konsumen keluarga. Tempat makan yang memiliki pangsa pasar keluarga biasanya akan memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan tenang dengan menghadirkan unsur rekreasi dan keindahan. Memilih pangsa pasar keluarga berarti siap dengan variasi menu yang juga harus mampu mewakili selera semua usia mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek.

Menentukan target konsumen juga harus memperhitungkan konsumen di mall. Pengunjung mall yang kebanyakan bersifat royal dan berani membelanjakan uangnya dalam jumlah besar dapat menjadi salah satu kelebihan jika Anda menjalankan bisnis kuliner Anda di mall. Apalagi jika mall tersebut ramai dikunjungi konsumen. Di balik kelebihan menjalankan bisnis Anda di mall, ada beberapa kendala yang harus diketahui. Pertama yaitu biaya sewa tempat yang sudah pasti tidak murah, membuat Anda harus memiliki modal yang ekstra juga. Kedua, gerai yang disiapkan oleh pihak mall biasanya berukuran kecil, sehingga tidak banyak ruang kosong yang dapat digunakan untuk meletakkan peralatan masak. Jadi Anda harus membawa masakan dalam keadaan setengah jadi, sehingga di mall tinggal memanaskannya saja.

Setelah mengetahui beberapa gambaran tersebut, yang harus Anda lakukan adalah segmentasi pasar. Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa yang bersifat heterogen ke dalam beberapa segmen, di mana masing-masing segmennya cenderung bersifat homogen dalam segala aspek.

Menentukan target konsumen juga harus mampu membagi segmen pasar, yaitu sebagai berikut:

  1. Segmentasi pasar konsumen. Yaitu membentuk segmen pasar dengan menggunakan ciri-ciri konsumen (consumer characteristic), kemudian perusahaan akan menelaah apakah segmen-segmen konsumen ini menunjukkan kebutuhan atau tanggapan produk yang berbeda.
  2. Segmentasi pasar bisnis. Yaitu membentuk segmen pasar dengan memperhatikan tanggapan konsumen (consumer responses) terhadap manfaat yang dicari, waktu penggunaan, daan merek.
  3. Segmentasi pasar yang efektif.

Evaluasi terhadap segmen pasar adalah adanya pertumbuhan segmen, daya tarik struktur segmen secara keseluruhan dan SDM, serta tujuan dan sumber daya perusahaan apakah perusahaan berinvestasi dalam segmen tersebut atau tidak. Selain itu, harus mengadakan positioning yang tepat. Positioning berhubungan dengan upaya identifikasi, pengembangan, dan komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta unik. Dengan demikian, produk dan jasa perusahaan dipersepsikan lebih superior dan khusus (distinctive) dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing dalam persepsi konsumen. Fokus utama positioning adalah persepsi pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar produk fisik. Keberhasilan positioning sangat ditentukan oleh kemampuan sebuah perusahaan untuk mendeferensiasikan atau memberikan nilai superior kepada pelanggan. Nilai superior sendiri dibentuk dari beberapa komponen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS