November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Trik Memulai Bisnis Online

By admin - Tue Jun 05, 5:15 pm

Memulai bisnis online terlihat mudah jika kita hanya melihat hasil akhirnya, padahal sebenarnya untuk memulainya dibutuhkan beberapa usaha yang tidak mudah. Memulai bisnis online akan mempengaruhi langkah bisnis Anda selanjutnya. Bisnis online memang sangat marak akhir-akhir ini. Mulai dari online shop, bisnis online marketing, afiliasi, dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa internet merupakan sumber informasi terlengkap yang juga menyediakan peluang usaha. Peluang usaha yang ada di internet jumlahnya tidak bisa dihitung dengan jari karena sangat banyak.

Memulai bisnis online

Peluang bisnis di internet ada yang menjual produk sendiri dan ada juga yang menjual produk orang lain. Jika Anda sudah mempunyai bisnis utama dan ingin mempelajari bisnis online, sebaiknya Anda mulai belajar. Tetapi yang perlu diingat adalah Anda sebaiknya memanfaatkan bisnis online ini sebagai bisnis sampingan, jadi Anda masih tetap bekerja di kantor seperti biasa. Yang membedakan adalah penghasilan Anda akan semakin meningkat pesat. Karena bisnis online ini hanya perlu waktu 2 sampai 3 jam saja. Karena biarpun 2 jam asalkan konsisten setiap hari maka hasilnya juga akan sangat memuaskan dan banyak sekali perkembangan yang terjadi.

Memulai bisnis online dan meninggalkan pekerjaan kantoran Anda sebenarnya sangat disayangkan. Karena dua pekerjaan ini bisa dilakukan dengan bebarengan. Selain itu, sebagai pemula di bisnis online, Anda harus banyak sekali belajar dan tentunya tidak langsung menghasilkan. Kecuali jika Anda sudah berpengalaman di bidang internet marketing, maka Anda boleh konsentrasi ke bidang ini saja. Bagi Anda yang berniat mempelajari bisnis online ini, berikut adalah bberapa langkah yang harus Anda ikuti.

Langkah pertama adalah menentukan pasar. Langkah awal yang harus Anda kerjakan adalah menentukan pasar, dalam hal ini sesuaikan dengan hobi Anda. Misalnya Anda hobi memasak, maka tentukan pilihan Anda untuk mengambil topic soal dunia masakan. Dan tentukan arget pasar Anda, apakah pria, wanita, atau semua yang berumur 18 tahun keatas. Pasar yang di tentukan dan target ini saling berhubungan erat. Misalkan Anda mengambil topic otomotif maka sudah tentu target pasar Anda adalah laki-laki berumur 15 tahun ke atas. Jika pilihan Anda adalah dunia memasak, maka sudah tentu targetnya adalah ibu-ibu atau remaja berumur 18 tahun ke atas.

Memulai bisnis online juga bisa dilakukan dengan melakukan langkah yang kedua yaitu riset pasar. Langkah berikutnya adalah riset pasar. Jadi topic yang telah Anda pilih tadi coba Anda riset. Apakah pencarinya banyak atau tidak. Pesaingnya terlalu banyak atau tidak. Pilih yang pencarinya banyak tapi pesaingnya sedikit. Langkah ketiga adalah buatlah blog. Jika Anda sudah tentukan topic dan sudah merisetnya, maka langkah berikutnya Ada harus membuat blog untuk mendatangkan pengunjung. Membuat blog ada yang gratisan ada yang berbayar. Jika blog Anda ternyata banyak pengunjungnya, karena banyak yang suka dengan topik Anda, maka Anda bisa menjual apa saja di blog Anda. Apakah Anda ingin menjual produk sendiri atau produk orang lain. Menjual produk orang lain di sebut affiliate. Salah satu jenis bisnis affiliate adalah PPC ( Pay Per Click ).

Langkah keempat adalah kumpulkan konten. Konten bisa berupa Artikel, Gambar, Video dan lain-lain. Untuk mengumpulkan konten berupa artikel, tentu Anda harus membuatnya sendiri. Google akan cepat mengindex blog Anda jika Anda memposting konten Anda secara rutin setiap hari dan kontennya unik, artinya murni buatan Anda sendiri tidak mencopy paste konten artikel orang lain. Langkah kelima adalah dengan membeli domain dan hosting. Ini akan membuat blog Anda tampak professional. Langkah keenam adalah promosikan. Di langkah ini, Anda harus memanfaatkan social media sebagai alat untuk mempromosikan blog Anda agar pengunjung semakin banyak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS