December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Trik Memanfaatkan Strategi Branding

By admin1 - Mon May 12, 3:45 pm

Strategi branding berfungsi untuk menentukan arah pemasaran produk atau jasa Anda. Selain itu, Strategi branding juga bisa kita manfaatkan untuk membuat logo dan nama produk yang akan kita pasarkan. Untuk mempermudah pemahaman, mari kita ingat brand-brand besar yang sudah mendunia, contohnya seperti Nike, Apple, Twitter, Facebook, Google, Yahoo, dan brad-brand besar lainnya. Masing-masing brand besar tersebut mempunyai suatu branding tersendiri yang sudah merasuk ke pikiran hampir seluruh masyarakat dunia. Jadi ketika seseorang membutuhkan informasi, mereka akan segera mengakses Google. Karena mindset mereka adalah Google merupakan tempat bertanya yang paling tepat dan cepat. Nah, ingin bisnis Anda dianggap seperti itu? Perhatikan beberapa hal berikut ini:

Strategi branding

  • Pastikan nama produk Anda mudah diingat atau friendly. Strategi branding untuk membuat logo atau nama brand haruslah yang mudah diingat oleh target market. Pernahkah Anda memperhatikan beberapa produk yang merupakan jiplakan produk-produk besar? Bisa dilihat dari nama yang hampir mirip, kemasan dan warna yang identik. Sebaiknya Anda tidak mengikuti jejak ‘penjiplak’ ini karena tidak bisa meningkatkan jumlah konsumen Anda. Ciptakan saja nama brand yang baru menggunakan nama atau kata yang mudah dan sering diucapkan oleh khalayak ramai. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mendongkrak kepopuleran nama brand Anda.
  • Mudah untuk diucap. Jangan hanya mengandalkan nama unik tetapi terlalu sulit untuk diucapkan oleh orang Indonesia (jika pangsa pasar kita orang Indonesia). Karena jika terlalu rumit, brand Anda mudah terlupakan dan akan kalah dengan brand-brand lain yang lebih mudah untuk diucapkan. Masih menganggap faktor pengucapan ini hal yang sepele dan tidak penting? Mari kita kembali ke brand-brand besar yang kita sebut tadi; Canon, Nike, Facebook, Apple. Mereka mempunyai level pengucapan yang mudah dan simple sekali untuk masyarakat manapun dan dengan bahasa apapun.
  • Maksimal hanya 3 penggalan kata. Yang dimaksud dengan penggalan kata adalah seperti Twitter, terdiri dari Twit Ter, Facebook terdiri dari Face dan Book, dan sebagainya. Dengan membatasi jumlah penggalan kata pada nama brand, maka brand Anda akan lebih mudah diingat.
  • Pakai istilah atau kata yang nyeleneh. Strategi branding dengan pemakaian kata yang nyeleneh bisa memunculkan rasa penasaran di diri calon konsumen. Tetapi, dalam pemilihan kata yang nyeleneh pun harus mudah pengucapannya.
  • Sinkronkan antara nama brand dan logo yang ingin dibuat. Sebagai saran, sebaiknya tetap menyisipkan nama brand sebagai bagian dari logo. Pilihlah ornamen dan warna yang sesuai dengan filosofi yang Anda buat. Selain itu, pilihlah logo yang sesuai dengan produk Anda. pembuatan logo ini sama dengan nama brand, yaitu harus mudah diingat dan simple. Kreatif boleh tetapi jangan terlalu rumit membuat desain logo. Misalnya logo facebook dengan warna biru muda dan huruf F sudah mewakili konten facebook secara keseluruhan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513