November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

“Tour Organizer”, Peluang yang Menjanjikan

By admin - Tue Oct 02, 5:03 pm

 

Tour organizer merupakan peluang bisnis yang mudah dan meriah. Tour organizer juga bisnis yang menyenangkan. Terlebih jika Anda mempunyai hobi travelling, bisnis ini pasti bisa menjadi mood-booster Anda. Karena memang usaha yang didasari dari hobi sangat menyenangkan, terlebih jika hobi tersebut bisa mendatangkan banyak uang.

tour organizer

Anda bisa memanfaatkan hobi jalan-jalan Anda. Dari situ, Anda tidak hanya jalan-jalan. Anda harus menuliskan referensi ke beberapa tempat yang sudah pernah Anda kunjungi sebelumnya. Misalnya segala macam yang berbau arsitektur, budaya dan sejarah. And abisa memilih lokasi-lokasi di Indonesia maupun di luar Negeri, misalnya Eropa yang terkenal dengan bangunan-bangunannya yang cantik nan menawan. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan cerita dan review perjalanan yang sudah Anda lakukan menjadi bahan promosi. Tuliskan juga berapa budget yang harus disediakan. Dari situ, pasti akan lebih banyak memikat calon konsumen yang ingin dibuatkan perjalanan wisata.

Tour organizer bisa Anda lakukan dengan perincian biaya dan keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Dari sini, Anda bisa mulai memperkirakan berapa budget yang Anda tawarkan setelah ditambah dengan keuntungan untuk Anda. Dengan pengalaman Anda ketika travelling dan membawa buku panduan atau review dari pengalaman Anda sendiri, Anda bisa menjadi tour guide yang professional dan berpengalaman. Ketika Anda menawarkan wisata budaya dan alam dengan budget minim, Anda bisa menawarkan wisata di Indonesia yang sangat cantik. Tetapi untuk wisata arsitektural, Anda bisa memilih benua Eropa sebagai pilihan atau rekomendasi tour Anda.

Setelah Anda berhasil mendapatkan konsumen pertama, jangan lupa untuk posting laporan beserta foto-foto perjalanan ke jejaring social dan website Anda. Kemudian pancing para calon konsumen dengan kata-kata indah agar tertarik ikut berwisata dengan Anda. Wisata yang Anda tawarkan persis dengan cerita perjalanan yang sudah Anda rangkum dalam buku Anda. Dengan begitu, mereka akan lebih mempunyai gambaran riil tentang perjalanan seperti apa yang akan didapatkan dan hal ini tentunya akan mendapatkan respon yang lebih positif daripada hanya memberikan brosur paket perjalanan. Negara-negara yang menjadi tujuan wisata paling banyak adalah Singapura, Thailand, Belanda, Perancis, Swiss, Austria, Budapest, Ceko, Nepal dan lain sebagainya. Anda juga bisa menyediakan paket untuk para pasangan dan keluarga. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih tertarik.

Tour organizer berbeda dengan tour and travel karena tidak harus mengurusi tikey perjalanan. Jadi, tugas tour organizer adalah membantu memandu pengurusan visa di kedutaan, mengurus akomodasi dan juga transportasi antar Negara. Setelah itu, setelah sampai di Negara tujuan atau di daerah tujuan, Anda hanya berfungsi sebagai pemberi informasi tentang tempat-tempat potential yang bisa dikunjungi di daerah tersebut. Nah, yang menentukan pilihan untuk kemana mereka akan pergi adalah keputusan dan kewenangan peserta sendiri. Menyenangkan bukan? Misalnya para peserta sedang berada di Paris selama 2 hari 1 malam. Setelah sarapan pukul 06.00 di hotel, mereka akan berembuk dan menentukan lokasi-lokasi mana saja yang akan mereka kunjungi. Setelah itu, pukul 07.00 adalah acara bebas. Jadi, peserta bebas kemana saja asalkan besok pukul kam 07.00 sudah berkumpul kembali di hotel. Untuk Negara-negara di Eropa, Anda bisa mematok harga sekitar Rp 20 jutaan.

Tertarik untuk melakukan bisnis ini? Berikut cara untuk mempersiapkan bisnis ini:

  • Tentukan kota dan Negara yang akan Anda kunjungi. Kemudian tentukan tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi.
  • Hitung estimasi biaya. Jangan lupa untuk menghitung dari hal-hal kecil sekalipun, misalnya biaya masuk museum, biaya masuk tempat wisata, dan lain sebagainya. Buat perincian dari masing-masing biaya ini.
  • Setelah selesai, posting agenda perjalanan di blog, facebook, twitter, dan lain sebagainya.
  • Setelah peserta terkumpul, buatlah grup di facebook aray di BlackBerry Messenger agar para peserta saling kenal.
  • Pesan penginapan secara online di tempat atau Negara yang dituju.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS