#0x2525 Franchise – Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia http://infoduit.com Tue, 12 Mar 2019 14:41:00 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 Intip Yuk Bisnis Franchise yang Ternyata Asli dari Indonesia http://infoduit.com/intip-yuk-bisnis-franchise-yang-ternyata-asli-dari-indonesia Thu, 30 Oct 2014 09:42:34 +0000 http://infoduit.com/?p=5763 Bisnis franchise asli Indonesia ternyata banyak yang sudah mendunia. Bahkan tidak semua masyarakat tahu bahwa produk tersebut adalah bisnis franchise asli Indonesia. Bisnis franchise memang sedang naik daun dan banyak sekali yang memilihnya untuk memulai terjun di dunia usaha. Orang awam atau mereka yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis biasanya akan lebih memilih bisnis yang satu ini daripada memulai bisnis baru dari nol. Karena mereka mengenal bisnis franchise sebagai bisnis yang lebih mudah, yaitu dengan menyerahkan sejumlah modal dan pemilik brand franchise yang akan menangani jalannya bisnis tersebut, mulai dari pemasaran, pengisian produk, perekrutan karyawan, dan lain sebagainya.

Bisnis franchise asli IndonesiaSistem franchise ini tidak hanya menguntungkan franchisee saja tetapi juga franchisor. Karena franchisor juga mendapatkan royalty serta mendapatkan promosi di kota- kota lain dimana ada cabang bisnisnya. Indonesia terkenal dengan pangsa pasarnya yang sangat besar karena selain jumlah penduduknya yang tinggi tetapi juga masyarakat Indonesia terkenal konsumtif. Inilah yang menyebabkan banyak sekali franchise asing yang menyerbu Indonesia. Tapi ternyata tidak hanya franchise asing yang sukses di Indonesia, tetapi franchise milik anak Indonesia pun mampu sukses mendunia, antara lain:

  • Es teler 77. Bisnis franchise asli Indonesia yang satu ini awalnya adalah warung sederhana dari sebuah keluarga. Pendirinya adalah Ibu Murniati dan suaminya, Trisno Budijanto. Keduanya ditemani oleh anak dan menantunya, yaitu Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho. Makanan cepat saji pertama di Indonesia ini mulai menerapkan konsep franchise pada tahun 1987. Sampai saat ini, bisnis yang satu ini sudah mempunyai 180 gerai di seluruh Indonesia. Selain di Indonesia, franchise yang mengedepankan citra makanan Indonesia pun sukses di Singapura, Malaysia, Australia dan New Delhi.
  • Donat J.Co. Siapa yang sangka ternyata donat fenomenal yang satu dimiliki oleh Johnny Andrean. Donat lezat ini memang sudah tersebar sampai ke seluruh Asia. Donat ini pertama kali didirikan pada tanggal 26 Juli 2005. Alasan mengapa banyak sekali konsumen yang datang dan terpikat adalah karena konsepnya yang berbeda yaitu open kitchen dimana proses pembuatan donat bisa dilihat oleh para pembeli. Varian yang banyak dan resep yang berbeda dari donat kebanyakan membuat J.Co mempunyai 34 gerai di seluruh Asia, dengan rincian 20 gerai di Indonesia, 5 di Malaysia, 3 di Singapura, 2 di Shanghai dan 4 di Filipina.

Pecel Lele Lela. Bisnis franchise asli Indonesia yang satu ini merupakan singkatan dari Pecel Lele Lebih Laku. Bisnis yang satu ini mulai didirikan pada tahun 2006 oleh pemiliknya yaitu Rangga Utama. Bisnis ini merupakan bisnis pecel lele modern yang sudah menguasai 12 provinsi di Indonesia dan mulai merambah 3 gerai di Malaysia.

]]>
Mengapa Harus Memilih Bisnis Franchise? http://infoduit.com/mengapa-harus-memilih-bisnis-franchise Tue, 28 Oct 2014 08:55:16 +0000 http://infoduit.com/?p=5749 Memilih bisnis franchise membutuhkan pertimbangan tersendiri. Memilih bisnis franchise memang membutuhkan modal yang lebih banyak daripada membangun bisnis sendiri dari awal. Tetapi pastinya ada alasan khusus mengapa mereka lebih memilih jenis bisnis waralaba daripada memulai sendiri dari nol. Salah satu alasan yang membuat mereka lebih memilih bisnis waralaba adalah faktor resiko. Karena tingkat resiko dalam bisnis ini relatif lebih kecil daripada jenis bisnis yang dibangun sendiri dari awal. Dengan memilih bisnis waralaba, Anda tak perlu melakukan banyak trial and error atau uji coba bisnis Anda karena hal ini sudah dilakukan oleh para pemilik sebelum akhirnya diwaralabakan.

Memilih bisnis franchiseSeorang pemilik waralaba pastinya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk kesuksesan para investornya. Selain untuk memajukan para investornya, pemilik waralaba juga pasti akan menjaga nama baik bisnis mereka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa alasan utama mengapa mereka lebih memilih bisnis waralaba:

  • Franchise bukan hanya tentang membeli sebuah usaha. Memilih bisnis franchise bukan hanya sekedar membeli dan angkat tangan dari bisnis tersebut. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa membangun bisnis dari awal tidak semudah yang kita bayangkan. Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa bertahan dan akhirnya mempunyai pasar. Nah dengan membeli bisnis franchise, maka Anda tinggal menjalankan bisnis yang sudah jadi karena kebanyakan masyarakat juga sudah mengenal bisnis tersebut. Selain membeli brand dan manajemen bisnis yang sudah jadi, dengan bisnis franchise Anda juga membeli pengalaman karena Anda akan mendapatkan pelatihan untuk kesuksesan bisnis Anda.
  • Tak perlu melakukan branding usaha. Membangun branding adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan oleh pelaku usaha di awal karirnya. Sebaliknya, dengan membeli bisnis franchise, masyarakat lebih mengenal produk tersebut dan lebih percaya untuk melakukan transaksi. Jadi Anda sudah tidak perlu lagi memikirkan bagaimana caranya mempromosikan bisnis Anda sedari awal.
  • Mendapatkan dukungan dari pemilik brand waralaba. Dukungan yang Anda peroleh dimulai dari ketika Anda membuka bisnis Anda, rekrut dan training karyawan, menjalankan usaha, bimbingan operasional, supply bahan baku dan bimbingan setelah launching bisnis.
  • Promosi dilakukan oleh pemilik brand franchise secara berkesinambungan. Memilih bisnis franchise juga mempunyai keuntungan dari segi promosi. Franchise mempunyai dukungan jaringan yang luas sehingga promosi yang mereka lakukan akan lebih efektif dan efisien daripada jika Anda melakukan promosi seorang diri. Promosi biasanya juga ditanggung oleh pemilik brand franchise, mulai dari biaya sampai sistem promosi dan cara yang dilakukan. Jadi keseluruhan cabang franchise dipromosikan secara bersama- sama.

Peluang sukses lebih tinggi. Bisnis franchise ini pastinya sudah mempunyai pengalaman, sistem dan jaringan yang kuat di berbagai daerah di Indonesia atau bahkan di seluruh dunia. Nah karena faktor inilah maka tingkat kesuksesan dalam menjalankannya juga lebih tinggi, yaitu bisa mencapai angka 70%.

]]>
Cara Menilai Bisnis Franchise yang Bagus http://infoduit.com/cara-menilai-bisnis-franchise-yang-bagus Tue, 21 Oct 2014 09:14:28 +0000 http://infoduit.com/?p=5736 Bisnis franchise yang bagus berpengaruh pada kelangsungan dan kesuksesan bisnis itu sendiri. Bisnis franchise yang bagus saat ini memang sedang banyak dicari oleh mereka yang ingin membuka bisnis dengan tingkat resiko yang relatif lebih kecil. Ketika pemilihan franchise tepat, maka omzet yang akan didapat juga lebih tinggi.

Bisnis franchise yang bagusSaat ini dimana kondiri pasar tidak menentu, banyak orang yang cenderung lebih memilih untuk membeli bisnis franchise karena beberapa keunggulan, antara lain cara merekrut dan memberikan pelatihan bagi karyawan, evaluasi lokasi, perlengkapan lengkap, promosi, cara mengurus perizinan, dan lain sebagainya. Nah ketika Anda sedang mempertimbangkan beberapa jenis franchise untuk usaha Anda, perhatikan apakah franchise tersebut bagus atau tidak:

  • Lakukan evaluasi diri. Sebelum membuka usaha, pastikan Anda mengetahui apa bakat dan minat Anda. Karena dalam menjalankan bisnis, Anda harus mempunyai passion terhadap bisnis tersebut. Walaupun dengan memilih bisnis franchise semuanya dipegang dan ditangani oleh franchisor tetapi faktor ketekunan Anda juga berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis milik Anda tersebut.
  • Seleksi bisnis yang akan Anda pilih dengan teliti dan hati- hati. Bisnis franchise yang bagus tentunya harus terpercaya dan mempunyai kualitas yang bagus pula. Cara untuk melihat apakah bisnis tersebut cocok dengan Anda atau tidak adalah dengan melihat apakah setiap bagian dari bisnis ini cocok dengan bakat dan minat Anda atau tidak. Walaupun bisnis franchise, Anda juga tetap harus mampu mengikuti setiap alur yang sudah diatur sehingga akan terasa lebih lama dan sulit jika jenis bisnis tidak sesuai dengan harapan dan keinginan Anda.
  • Lakukan investigasi terhadap beberapa jenis franchise yang ingin Anda beli. Setelah Anda memutuskan beberapa kandidat franchise yang ingin Anda beli, maka lakukan investigasi terhadap masing- masing franchise tersebut. Dari investigasi ini juga nanti akan Anda dapatkan mana franchise yang prospektif dan paling baik. Setelah melakukan investigasi, setidaknya Anda akan mendapatkan bagaimana bisnis ini bekerja dan berjalan dalam 5- 10 tahun ke depan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran bahwa bisnis yang Anda pilih ini akan mampu bersaing di tengah persaingan dan tidak akan stuck di satu tempat. Jadi Anda akan mendapatkan pandangan yang jelas dan nyata untuk bisnis Anda di masa yang akan datang.

Mulailah berbisnis. Bisnis franchise yang bagus tidak akan menghasilkan apapun jika Anda tidak memulainya. Setelah Anda mengikuti semua tahapan di atas, sekarang saatnya untuk memulai langkah yang lebih nyata, yaitu memulai bisnis Anda. Jangan menunda dengan alasan apapun. Karena jika Anda menunda bisnis bisa berarti Anda menunda jalan Anda menuju kesuksesan. Ketika bisnis ini sudah berjalan, Anda tetap harus tekun dan kooperatif dengan franchisor Anda agar peluang suksesnya lebih terbuka lebar.

]]>
Kenapa Tak Coba Roti Singapura untuk Bisnis Perdana? http://infoduit.com/kenapa-tak-coba-roti-singapura-untuk-bisnis-perdana Mon, 20 Oct 2014 05:00:17 +0000 http://infoduit.com/?p=5724 Roti Singapura bisa dibilang roti yang merupakan jajanan khas yang dijajakan di pinggir jalan di Singapura. Roti Singapura ini mulai laku dan dilirik oleh masyarakat Indonesia. Tetapi karena masih balum banyak yang memulai usaha ini, Anda bisa mengawalinya dengan menyesuaikan rasanya agar sesuai dengan lidah orang Indonesia kebanyakan. Untuk mereka yang pernah jalan- jalan ke Singapura pasti tidak asing dengan berbagai jajanan yang dijual di pinggir jalan, seperti Thousand Island, Spicy Mayo, Honey Lemon, BBQ, Black Pepper dan Chicken Mayo. Masing- masing dari produk tersebut juga tergolong cukup murah jika dijual di Indonesia, yaitu sekitar Rp 12.000 sampai Rp 13.000 / pcs.

Roti SingapuraLalu apa yang sebenarnya membedakan antara produk ini dengan produk milik Indonesia sendiri? Roti khas Singapura ini mempunyai saus spesial dan bumbu. Kemudian sebagai topping, Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan permintaan konsumen, seperti stroberi, coklat, daging sapi atau ayam. Jika Anda masih takut dan bingung untuk memulai bisnis, Anda bisa memulainya dengan sistem franchise. Jika Anda tertarik dengan bisnis jajanan Singapur ini, Anda bisa melihat profil Roti John sebagai franchise jajanan khas Singapura.

Aneka jenis roti Singapura yang ditawarkan oleh franchise Roti John ini ditawarkan dalam 3 paket, antara lain:

  • Paket silver. Paket ini berharga Rp 20 juta dengan kelengkapan operasional yang didapat antara lain peralatan masak, booth, bahan baku dan pelatihan khusus. Untuk simulasi berjalannya bisnis, per hari dipatok mendapatkan Rp 400.000 atau Rp 12 juta/ bulan. Semua pengeluaran sekitar Rp 9,36 juta/ bulan. Jadi laba bersih per bulan bisa mencapai Rp 2,6 juta sehingga dalam waktu 7,5 bulan bisa balik modal.
  • Paket gold. Paket ini berharga Rp 45 juta dengan kelengkapan operasional yang didapat adalah kitchen set, oven dan mixer. Untuk simulasi berjalannya bisnis, per hari dipatok omzet sebesar Rp 800.000 atau senilai Rp 24 juta per bulan. Semua pengeluaran sekitar Rp 18,72 juta/ bulan. Jadi keuntungan per bulan bisa didapatkan sebesar Rp 5,28 juta dan dalam waktu 8,5 bulan bisa balik modal.
  • Paket platinum. Paket ini berharga 85 juta. Untuk simulasi berjalannya bisnis, per hari dipatok omzet sebesar Rp 1 juta atau senilai Rp 30 juta/ bulan. Semua pengeluaran sekitar Rp 23,9 juta. Laba bersih yang bisa Anda dapatkan adalah Rp 6,9 juta/ bulan dan bisa balik modal selama 12 bulan.

Roti Singapura franchise yang satu ini hanya meminta royalty fee sebanyak 3% per bulan dari nilai omzet. Untuk masa kerja sama tidak ada batasan. Gerai Roti John sudah tersebar di Wonogiri, Jakarta, Solo, Pekanbaru dan pulau kalimantan. Rata- rata omzet dari semua gerai antara Rp 400.000 sampai Rp 800.000 per hari. Apakah Anda berminat?

]]>
Apa Itu Prospektus Waralaba dan Bagaimana Cara Menganalisisnya? http://infoduit.com/apa-itu-prospektus-waralaba-dan-bagaimana-cara-menganalisisnya Thu, 02 Oct 2014 09:40:40 +0000 http://infoduit.com/?p=5671 Prospektus waralaba bisa disebut sebagai gambaran rinci dari bisnis yang sedang dijalankan oleh franchisor. Prospektus waralaba harus dibaca dan dipahami secara detail oleh setiap orang yang akan memulai bisnis waralaba/ franchise. Dengan mengetahui secara detail, maka akan lebih mudah memahami dan menentukan brand waralaba mana yang akan Anda pilih dan yang mempunyai prospek bagus ke depannya. Dengan adanya prospektus ini, tidak ada lagi istilah membeli kucing dalam karung karena Anda sudah mampu menguliti dari luar sampai dalam.

Prospektus waralabaSetelah Anda menganalisis pasar, maka selanjutnya Anda harus meminta dokumen tentang bisnis waralaba yang Anda pilih kepada franchisor. Dokumen inilah yang disebut dengan prospektus waralaba. Adanya prospektus ini adalah suatu bentuk keterbukaan sang franchisor tentang informasi bisnis yang ditawarkan kepada franchisee. Dan semua franchisor terpercaya memang harus mempunyai prospektus ini karena sudah terdapat dalam peraturan waralaba PP No. 42 Tahun 2007 Bab V pasal 10 ayat 1, yaitu setiap franchisor hanya akan mendapatkan STW (Surat Tanda Waralaba) jika sudah mendaftarkan prospektus miliknya. Jika seorang franchisor tidak mendaftarkan prospektusnya maka bisa diancam sanksi administrasi yaitu berupa denda maksimal Rp 100 juta. Dengan adanya peraturan ini, maka Anda sebagai franchisee akan merasa terlindungi dan aman dari perusahaan-perusahaan abal-abal yang menawarkan bisnis waralaba.

Nah berikut ini yang harus lakukan saat menganalisis prospektus waralaba:

  • Identitas franchisor atau pemberi bisnis waralaba. Di dalam prospektus ini, Anda bisa mendapatkan data identitas franchisor Anda secara detail, mulai dari fotokopi KTP pemilik usaha, komisaris, pemegang saham, dan juga direksi.
  • Legalitas bisnis waralaba. Di sini Anda harus aktif saat menganalisis prospektus, meliputi fotokopi izin usaha teknis yang mencakup Izin Tetap Usaha Pariwisata, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) ataupun Surat Izin Pendirian Satuan Pendidikan (khusus untuk bisnis yang berhubungan dengan bidang pendidikan).
  • Sejarah kegiatan bisnis. Sejarah yang harus Anda perhatikan meliputi sejarah kegiatan usaha, sejak kapan berdiri, komunikasi pemasaran yang sudah dilakukan, jumlah gerai, prospek bisnis dan juga grafik pertumbuhan bisnis.
  • Struktur organisasi bisnis waralaba tersebut. Jangan hanya melihat sekilas setiap nama yang ada di dalam struktur organisasi perusahaan waralaba tersebut. Anda harus mencermati siapa direktur, manajer dan semua stafnya beserta tugas masing-masing.
  • Laporan keuangan (yaitu selama 2 tahun terakhir). Prospektus waralaba juga berfungsi untuk meneliti tentang keuntungan/ kerugian bisnis selama 2 tahun terakhir, pajak yang sudah dibayar, dan lain sebagainya.
  • Jumlah gerai atau tempat usaha. Dengan adanya informasi ini, Anda bisa mengetahui berapa saja gerai yang sudah tersebar dan ada di mana saja.
  • Daftar penerima waralaba. Yaitu daftar tentang nama perorangan atau perusahaan yang sudah menjadi franchisee.
  • Pemasukan/ penerimaan bisnis waralaba, termasuk royalti fee dan franchise fee.

Hak dan kewajiban franchisor dan franchisee.

]]>
3 Amunisi Untuk Memulai Bisnis Franchise Modal Kecil http://infoduit.com/3-amunisi-untuk-memulai-bisnis-franchise-modal-kecil Thu, 02 Oct 2014 09:40:20 +0000 http://infoduit.com/?p=5669 Memulai bisnis franchise modal kecil juga membutuhkan teknik yang tepat agar tidak salah start. Memulai bisnis franchise modal kecil memang tergolong cukup aman dan mempunyai potensi keuntungan yang tinggi. Dengan memilih bisnis yang satu ini, Anda bisa membeli suatu sistem dan brand yang sudah terbentuk dan berkembang. Jadi Anda tak perlu lagi mempersiapkan semua kebutuhan bisnis Anda sendiri, seperti membeli bahan baku, mempromosikan, dan lain sebagainya.

Memulai bisnis franchise modal kecilNah yang harus Anda perhatikan sebelum memilih salah satu brand yang ada. Untuk lebih memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis, sebaiknya Anda memilih brand yang sudah dikenal masyarakat dan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Lalu setelah Anda memilih satu brand yang akan Anda jalankan, lakukan beberapa hal berikut ini untuk memajukan bisnis Anda dan mendapatkan keuntungan maksimal:

  • Mulailah bisnis yang sesuai dengan kesukaan dan kegemaran Anda. karena menjalankan sesuatu yang dimulai dengan hobi pasti akan terasa ringan dan menyenangkan. Sehingga Anda akan benar-benar enjoy dalam melewati setiap tahapan dalam usaha Anda dan untuk mengembangkan usaha juga lebih antusias.
  • Mulailah berkenalan dengan bidang franchise atau waralaba. Memulai bisnis franchise modal kecil juga tidak boleh asal pilih. Anda harus mengenal masing-masing calon bisnis waralaba yang akan Anda pilih. Kenalilah masing-masing dengan segala kekurangan dan kelebihannya, mulai dari pengaturan uang, konsep promosi, sistem penjualan barang, sistem penggajian karyawan, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mengenal dan menggali informasi ini dengan baik, maka Anda bisa menjalankannya dengan baik.
  • Kuasailah konsep bisnis waralaba. Jika Anda mampu menguasai apa yang akan Anda jalankan, maka Anda juga semakin yakin dengan apa yang Anda jual. Untuk itulah, sebelum memilih dan setelah menjalankan bisnis, Anda harus mengenal luar dalam bisnis Anda sehingga untuk mengembangkan bisnis akan lebih mudah dan Anda pun akan lebih mudah mendapatkan kesuksesan.

Lalu, setelah Anda yakin akan memilih suatu bisnis waralaba, maka yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah menjalankan strategi agar bisnis Anda bisa berjalan lama dan meraih kesuksesan. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda lakukan:

  • Pilihlah lokasi bisnis yang strategis. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan pangsa pasar yang Anda bisik. Misalnya ketika Anda membuka bisnis bubur bayi sehat, maka sebaiknya Anda memilih lokasi di dekat perumahan. Jika Anda tidak mendapatkan lokasi yang strategis, maka Anda bisa memilih lokasi yang ramai. Karena semakin ramai lokasi Anda, maka semakin besar kemungkinan usaha Anda mendapatkan banyak konsumen.
  • Perhatikan trik pemasaran bisnis Anda. Memulai bisnis franchise modal kecil juga membutuhkan promosi, sekalipun bisnis waralaba tersebut sudah dikenal di masyarakat. Dengan promosi yang baik, Anda juga menjaga image positif usaha Anda sehingga kepercayaan masyarakat tidak hilang.
]]>
Adakah Bisnis Waralaba Modal Kecil? http://infoduit.com/adakah-bisnis-waralaba-modal-kecil Thu, 02 Oct 2014 09:39:02 +0000 http://infoduit.com/?p=5668 Bisnis waralaba modal kecil juga diminati oleh mereka yang ingin meminimalisir resiko tetapi juga tidak mempunyai modal yang cukup kuat. Bisnis waralaba modal kecil bisa menjadi solusi jitu untuk memulai usaha dengan resiko yang lebih kecil juga. Untuk memulai sebuah usaha memang membutuhkan tekat yang kuat. Anda harus bekerja keras agar bisa menjalankan bisnis Anda. dengan mengikuti bisnis ini, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengusaha sukses karena dengan bisnis waralaba memang diberikan kesempatan untuk pelatihan dan segala hal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha.

Bisnis waralaba modal kecilUntuk Anda yang ingin memulai bisnis waralaba, yang Anda butuhkan pertama kali selain modal adalah mencari lokasi yang strategis. Karena masih banyak pelaku usaha di Indonesia yang mempunyai modal terbatas, maka banyak franchise atau waralaba lokal yang menyediakan kerjasama untuk menjadi mitra bisnisnya. Jika Anda berniat untuk memilih salah satu waralaba bermodal kecil ini, perhatikan beberapa tips berikut ini agar Anda tidak salah pilih:

  • Tentukan jenis bisnis waralaba modal kecil yang Anda inginkan. Dengan menentukan jenis waralaba yang cocok dan tepat untuk Anda sangatlah penting sebelum Anda memulai sebuah bisnis. Ada banyak sekali jenis waralaba yang bisa Anda jalankan, seperti bisnis makanan dan minuman, jual beli tiket pesawat, bisnis bimbingan belajar, salon, dan lain sebagainya. Semua jenis usaha tersebut mempunyai prospek yang sangat bagus tetapi bisa begitu saja terlupakan jika Anda tidak pintar mengelolanya.
  • Sesuaikan jenis bisnis dengan modal yang Anda miliki. Karena banyaknya jenis bisnis yang bisa Anda pilih, Anda bisa lebih leluasa untuk menentukan bisnis mana yang harus Anda pilih. Pertimbangkan dari besarnya modal yang dibutuhkan dan brand bisnis tersebut. Untuk waralaba modal kecil, biasanya membutuhkan modal sekitar 5 juta sampai 7 juta.
  • Pilihlah brand waralaba yang sudah mempunyai nama/ dikenal. Karena brand yang sudah dikenal masyarakat tentunya lebih mudah untuk memasarkan dan mengelolanya. Selain itu, Anda juga sudah tahu tentang prospek brand yang Anda jalankan. Untuk menentukan mana brand waralaba yang menjanjikan, Anda bisa melakukan survey tentang beberapa brand yang sudah bertahan selama minimal 2 tahun terakhir.

Bisnis waralaba modal kecil memang menguntungkan dan lebih efektif untuk Anda yang ingin meminimalisir resiko. Dengan memilih lokasi bisnis yang strategis dan didukung dengan pemasaran yang bagus, maka usaha Anda pun akan lebih maju karena mempunyai jangkauan pasar yang lebih luas.

Lalu alasan untuk memilih brand yang sudah familiar di kalangan masyarakat adalah masyarakat lebih percaya untuk bertransaksi di bisnis Anda karena sebelumnya sudah mengenal brand tersebut. Tetapi karena resikonya bisa diminalisir, bukan berarti Anda bisa santai-santai dan tidak melakukan taktik tertentu untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Karena sebagus apapun bisnis Anda, jika tidak dikelola dengan baik dan profesional pun tidak ada inovasi, maka lama- kelamaan akan runtuh juga.

]]>
Intip Plus- Minus Bisnis Waralaba Sebelum Menjalankannya http://infoduit.com/intip-plus-minus-bisnis-waralaba-sebelum-menjalankannya Thu, 02 Oct 2014 09:37:46 +0000 http://infoduit.com/?p=5670 Plus- minus bisnis waralaba atau yang dikenal dengan bisnis franchise ini memang dikenal sebagai bisnis yang bisa mengembalikan modal dengan cepat dan minim resiko. Tetapi sebelum kita melangkah lebih jauh sebaiknya kita fahami dulu plus- minus bisnis waralaba yang akan Anda pilih. Bisnis yang satu ini memang sudah menjamur di semua pelosok Indonesia, mulai dari perkotaan sampai pedesaan.

Plus- minus bisnis waralabaTetapi ketika Anda dihadapkan untuk memilih bisnis waralaba mana yang harus Anda pilih, maka Anda juga harus mempelajari apa keuntungan dan kerugian yang mungkin akan Anda dapatkan.

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah tentang keuntungan, yaitu:

  • Anda tidak perlu lagi mempromosikan dan memperkenalkan produk/ jasa Anda dari awal. Karena konsumen sudah mengenal merek yang Anda usung dan apa fungsi dan kelebihannya.
  • Anda mendapatkan layanan pelatihan. Layanan ini memang siberikan kepada seluruh mitra bisnis. Sebagai pelaku bisnis, layanan ini memang sangat dibutuhkan untuk mampu menjalankan bisnis dengan terarah. Dengan mengikuti pelatihan ini, Anda bisa melayani konsumen dengan baik dan profesional, menjual produk dengan baik, menciptakan kemandirian dan mengelola bisnis dengan pofesional.
  • Ketika Anda mengalami kendala atau ada pertanyaan yang membingungkan, Anda bisa dibantu untuk mencari jalan keluar. Karena antara pemilik waralaba dan mitra waralaba adalah sebuah tim dan harus saling support sehingga keuntungan yang masuk juga semakin banyak dan hubungan bisnis menjadi harmonis.
  • Pemilik waralaba mempunyai kuasa untuk menentukan kuota mitra bisnis di suatu wilayah. Hal ini akan membuat persaingan bisnis lebih sehat dan dinamis.
  • Untuk kegiatan promosi biasanya dibantu oleh pemilik waralaba sehingga Anda menghemat biaya untuk promosi.

Plus- minus bisnis waralaba memang menarik untuk disimak. Setelah kita mengetahui tentang keuntungan bisnis waralaba, berikut ini beberapa kekurangan yang juga bisa mengancam bisnis waralaba yang Anda jalankan:

  • Pada umumnya bisnis ini membutuhkan modal yang besar. Modal yang dikeluarkan ini meliputi biaya pelatihan, pembelian hak usaha, modal bahan baku produk, royalty penjualan, dan lain sebagainya. Dan masing-masing waralaba mempunyai prosentase dan kebijakan sendiri-sendiri.
  • Ketika mengikuti bisnis ini, kreativitas Anda tidak bisa bebas. Karena dalam perjanjian usaha sudah diberikan berbagai macam peraturan yang tidak boleh Anda langgar.
  • Supplier bahan sudah ditentukan, jadi Anda tidak bisa memilih supplier yang lebih murah.

Plus- minus bisnis waralaba itulah yang harus Anda pertimbangkan dengan baik. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena tidak mengetahui plus dan minus yang akan Anda hadapi saat menjalankan bisnis ini. Pastikan Anda sudah benar-benar yakin dan mantap untuk menjalankan bisnis waralaba sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan.

]]>
Tips Penting Memilih Usaha Franchise http://infoduit.com/tips-penting-memilih-usaha-franchise Mon, 22 Sep 2014 09:47:05 +0000 http://infoduit.com/?p=5657 Memilih usaha franchise berfungsi untuk meminimalisir kerugian atau usaha terhenti di tengah jalan. Memilih usaha franchise dengan tepat tentunya bisa membawa keseimbangan dan kesuksesan pada apa yang Anda jalankan. Karena sistem franchise sudah sangat merakyat dan membantu siapapun yang mempunyai modal dan ingin memulai usaha tanpa terlalu banyak resiko yang harus dihadapi. Konsep franchise terkenal dengan konsep yang lebih stabil dan mapan karena mempunyai tingkat kegagalan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis usaha yang lain.

Memilih usaha franchiseLalu mengapa masih banyak pelaku usaha yang gagal dengan sistem franchise jika prosentase kegagalannya paling kecil? Inilah yang harus Anda kenali dan pelajari agar tidak menjalar ke usaha franchise Anda. Jika Anda ingin memulai bisnis dengan konsep franchise, Anda harus mulai belajar tentang cara untuk memilih franchise yang paling tepat. Karena pemilihan franchise yang tepat dan didukung dengan kesungguhan dan kerja keras bisa menjadikan bisnis Anda melambung tinggi dan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Untuk membantu para pelaku usaha, khususnya para pemula, memilih jenis franchise yang tepat, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan Anda mengetahui posisi Anda. Memilih usaha franchise juga harus disesuaikan dengan apa yang Anda sukai dan ingin kerjakan. Jangan sampai Anda memilih jenis franchise yang tidak cocok dengan apa yang ingin Anda jalankan. Cermati setiap poin perjanjian dan kesepakatan yang ditawarkan sebelum Anda memutuskan untuk bergabung. Karena bisnis yang sesuai dengan kapasitas Anda akan lebih sukses daripada bisnis yang dipilih hanya karena mengikuti trend yang sedang ada di pasar.
  • Lakukan penelitian dan investasi terhadap potensi pasar dan peluang bisnis ini. Langkah yang satu ini tidak boleh dianggap remeh karena hal ini merupakan pondasi awal yang harus Anda miliki sebelum membuka sebuah bisnis. Untuk mengetes pasar, misalnya, Anda harus turun tangan sendiri dan terjun langsung. Selain itu, Anda juga harus mempunyai dokumen keuangan sang franchisor.
  • Sumber pembiayaan. Anda memang mempunyai pilihan untuk mencari dana atau modal awal untuk memulai bisnis ini, baik dari tabungan pribadi, pinjam bank, dan lain sebagainya. Sumber dana Anda harus Anda perhatikan baik buruknya sehingga Anda bisa memilih mana yang mempunyai resiko paling sedikit.
  • Cara membangun dan melengkapi isi toko. Memilih usaha franchise juga harus mempertimbangkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mendekorasi dan mengisi toko. Selain masalah uang, Anda juga harus memperhitungkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses ini sampai akhirnya toko dibuka.
  • Ikutilah training yang diadakan. Training ini biasanya berguna untuk memberikan panduan operasional dan training pada Anda untuk menjalankan bisnis franchise secara baik dan lancar. Jika Anda ingin memilih franchise, tanyakan apakah mereka menyediakan training untuk mempersiapkan bisnis Anda.
]]>
Bimbingan Belajar Pun Bisa Menjadi Bisnis Menjanjikan http://infoduit.com/bimbingan-belajar-pun-bisa-menjadi-bisnis-menjanjikan Mon, 15 Sep 2014 09:35:58 +0000 http://infoduit.com/?p=5602 Bisnis bimbingan belajar adalah jenis bisnis yang sangat laris di Indonesia. Bisnis bimbingan belajar ini sebenarnya bukan jenis bisnis yang baru booming karena sejak beberapa tahun  ke belakang memang sudah banyak bisnis serupa yang menjamur dan banyak diminati. Tetapi peluang bisnis ini tidak pernah lekang oleh waktu.

Bisnis bimbingan belajarSemakin hari tuntutan akan pendidikan anak semakin tinggi. Tuntutan nilai untuk angka kelulusan pun semakin meningkat. Banyak orang tua yang merasa perlu untuk menambahkan kelas bimbingan belajar untuk anak tersayang. Bahkan sekarang ini anak SD pun sudah membutuhkan bimbingan belajar atau les tambahan untuk mengejar ketertinggalan di sekolah. Terlebih dengan kurikulum baru dimana para sisa lah yang dituntut untuk lebih aktif dan tanggap sehingga fungsi Guru hanya sebagai pendamping dan bukan 100% bertanggung jawab menjelaskan setiap detail pelajaran seperti dulu lagi.

Bisnis bimbingan belajar yang kian menjamur tidak menutup kemungkinan adanya nama baru yang bisa Anda buka, asalkan Anda juga menggunakan strategi promosi yang tepat dan menarik. Bimbingan belajar adalah jenis usaha di bidang jasa dimana Anda harus memberikan pelayanan yang terpercaya dan unggulan. Sekarang ini banyak orang tua yang rela membayar lebih mahal tapi yakin bahwa anaknya akan mendapatkan hasil yang berkualitas dan seperti yang diharapkan. Inilah yang harus Anda kuasai, Anda harus mampu meyakinkan para konsumen bahwa siswa yang belajar di bimbingan belajar Anda akan meraih sukses dalam kegiatan akademik. Nah untuk membantu Anda mempromosikan bisnis Anda ini, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda kembangkan:

  • Perkirakan lokasi yang akan Anda tuju untuk promosi. Karena bisnis ini berhubungan erat dengan anak-anak sekolah, maka sebaiknya pilihlah lokasi promosi yang dekat dengan sekolah atau Universitas (jika Anda menawarkan kelas untuk persiapan TOEFL, IELTS dan kelas lain yang berhubungan dengan kompetensi perkualiahan ataupun dunia kerja).
  • Pastikan metode promosi yang Anda gunakan tepat sasaran. Jangan hanya terpaku pada satu strategi saja, pakailah strategi kombinasi jika hal itu lebih efektif. Selain promosi melalui offline, Anda juga harus aktif bersosial media untuk promosi, misalnya dengan membuat website atau akun sosial media yang lain.
  • Jangan hanya memasang iklan di satu media dan dengan satu cara saja. Misalnya dengan memasang iklan di jejaring sosial, melalui koran, radio, TV lokal, dan lain sebagainya.
  • Ikuti beragam jadwal pameran pendidikan untuk lebih dekat dengan para orang tua yang menginginkan pendidikan terbaik untuk buah hatinya. Biasanya mengikuti pameran pendidikan ini lebih efektif dan lebih cepat hasilnya karena pengunjung yang datang otomatis sudah terseleksi hanya mereka yang peduli dan sedang mencari sekolah atau lembaga pendidikan yang berkualitas.
  • Pastikan Anda mengembangkan dan menunjukkan ke masyarakat luas tentang keunggulan bisnis bimbingan belajar Anda.
]]>