#0x2525 Lifestyle – Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia http://infoduit.com Tue, 12 Mar 2019 14:41:00 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 Ide Bisnis Warung Makan untuk Sarapan http://infoduit.com/ide-bisnis-warung-makan-untuk-sarapan Fri, 07 Nov 2014 09:42:33 +0000 http://infoduit.com/?p=5788 Ide bisnis warung makan memang tidak pernah ada matinya, sama seperti bisnis kuliner yang lain. Bedanya, ide bisnis warung makan untuk sarapan hanya tersedia pada pagi hari, yaitu mulai dari pagi hari buta sampai waktu untuk menikmati sarapan habis. Ide bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari bisnis sampingan. Dengan memulai bisnis yang satu ini, Anda tak perlu takut jika urusan keluarga menjadi terbengkalai karena waktu kerjanya yang cukup singkat. Anda pun tetap menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga.

Ide bisnis warung makanTeras rumah pun bisa Anda sulap untuk menjadi warung makan sederhana dengan menu untuk sarapan pagi. Waktu jual biasanya hanya 2 jam. Walaupun proses memasaknya membutuhkan waktu yang lebih banyak tetapi tentu saja tidak sebanyak jika Anda harus bekerja di luar rumah. Fungsi pokok Anda sebagai Ibu rumah tangga dan mengurus anak- anak serta suami tidak akan terbengkalai. Akan lebih menguntungkan lagi jika banyak tempat kos di sekitar tempat tinggal Anda. Seperti yang kita ketahui bahwa anak kos biasanya lebih suka untuk membeli makanan jadi daripada harus memasak makanan sendiri.

Ide bisnis warung makan untuk menu sarapan bisa Anda jalankan setiap hari dengan menu yang sederhana tetapi banyak disukai, antara lain bubur nasi, nasi kuning, nasi putih, opor tahu- ayam- telur dan aneka sayuran. Ada juga gorengan yang harus selalu Anda sajikan untuk menemani menu utama Anda, antara lain tahu, pisang, tape singkong, pisang goreng dan juga bakwan. Untuk harga memang tergantung dari standar harga di lingkungan Anda dan juga pastinya sesuai dengan harga beli bahan dan juga tenaga yang sudah Anda keluarkan.

Di setiap wilayah memang pastinya tidak hanya ada satu penjual menu makan pagi tetapi Anda tak boleh pesimis. Karena selalu ada ruang untuk Anda yang selalu berusaha dengan keras. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kebersihan dan kerapihan lokasi usaha Anda. Anda harus menjaga hal ini karena faktor kebersihan adalah salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan.

Ide bisnis warung makan ini bisa Anda mulai dengan peralatan rumah tangga yang Anda miliki di rumah, seperti panci untuk merebus telur dan ayam opor, wajan untuk menggoreng, soblok untuk memasak nasi, dan semacamnya. Kemudian setelah semua masakan siap, Anda bisa meletakkan aneka jenis masakan tersebut di atas meja di teras rumah Anda.

Untuk mulai memasak aneka masakan ini, nda harus siap bangun jam 4 pagi. Jika lokasi Anda berdekatan dengan anak- anak kos, maka pasti banyak yang membeli nasi untuk sarapan lengkap dengan lauk dan sayurnya. Tetapi Ibu rumah tangga biasanya lebih sering membeli lauk dan sayur saja.

]]>
Peluang Usaha Nasi Kuning untuk Menu Sarapan Sehari- Hari http://infoduit.com/peluang-usaha-nasi-kuning-untuk-menu-sarapan-sehari-hari Fri, 07 Nov 2014 09:41:06 +0000 http://infoduit.com/?p=5786 Menu sarapan sehari- hari merupakan kebutuhan yang tidak dihindari. Karena sebelum beraktivitas, setiap orang membutuhkan asupan makanan yang cepat dan bergizi. Menu sarapan sehari- hari yang banyak diminati di Indonesia adalah nasi kuning. Peluang yang satu ini sangat menggiurkan untuk Anda yang ingin memulai sebuah usaha rumahan tanpa meninggalkan keluarga.

Menu sarapan sehari- hariSebenarnya masakan untuk menu sarapan pagi sangat sederhana tetapi bisa menjadi hal yang potensial. Tetapi sesuai dengan namanya; bisnis rumahan, maka bisnis ini mengacu pada setiap hal yang berhubungan dengan potensi- potensi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Bisnis kuliner akan menjadi sangat menguntungkan, terlebih jika lokasi Anda berada di perumahan atau lingkungan yang padat penduduknya. Untuk menghemat waktu, masyarakat lebih suka membeli sarapan sebelum menjalani aktivitas. Dan sampai saat ini, masih belum ada yang menandingi nasi kuning sebagai menu sarapan.

Menu sarapan sehari- hari yang satu ini memang praktis dan biasanya digemari oleh masyarakat Indonesia, baik di pedesaan maupun perkotaan. Cara penyajiannya yang praktis dan mudah dibawa sangat praktis sehingga konsumen bisa sambil beraktivitas dan mengkonsumsi sarapannya. Bisa dibawa dan dikonsumsi di kantor atau di rumah. Jika Anda jeli untuk menyasar pasar perkantoran, maka omzet yang akan Anda dapatkan tentunya lebih besar. Misalnya ketika ada acara jalan santai atau jalan sehat, biasanya panitia menyediakan nasi kuning untuk peserta yang mengikuti acara tersebut. Dan inilah yang harus Anda telusuri agar mendapatkan pesanan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Untuk memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang tinggi. Karena Anda bisa memanfaatkan peralatan masak dan peralatan berjualan yang sudah ada di rumah. Kalaupun Anda harus berbelanja, itu berarti belanja bahan- bahan, tempat mika, kertas untuk membungkus dan sejenisnya. Tentunya untuk membuka lapak nasi kuning, Anda bisa menggunakan meja yang ada di rumah dan diletakkan di teras rumah. Dengan begitu, modal yang Anda keluarkan juga sangat minim. Tetapi jika hasil masakan Anda memang nikmat dan lezat, orang- orang pun akan berdatangan ke warung Anda.

Menu sarapan sehari- hari ini pun mempunyai pangsa pasar yang sangat luas, mulai anak sekolah sampai orang tua. Terutama jika suami dan istri sama- sama sibuk dan tidak sempat menyiapkan menu sarapan untuk keluarga, maka solusi praktisnya adalah dengan membeli nasi kuning. Harga per porsinya yang tergolong murah membuat bisnis ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan semua kalangan, baik kalangan bawah sampai kalangan atas, suka mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Selain Ibu rumah tangga, anak- anak kos mahasiswa juga biasanya menjadi langganan nasi kuning untuk konsumsi di pagi hari.

]]>
Rumah Makan Mini adalah Solusi untuk Peluang Usaha Rumahan Anda http://infoduit.com/rumah-makan-mini-adalah-solusi-untuk-peluang-usaha-rumahan-anda Tue, 04 Nov 2014 09:54:12 +0000 http://infoduit.com/?p=5772 Rumah makan mini bisa Anda sulap dari halaman rumah Anda sendiri. Rumah makan mini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin membuka usaha rumahan. Halaman rumah akan menjadi tujuan yang menyenangkan jika Anda menyediakan tempat yang homey dan menu makanan yang enak. Terlebih jika Anda mempunyai di sekitar sekolah atau kampus, biasanya mahasiswa atau anak- anak sekolah suka sekali nongkrong dengan teman- temannya. Bahkan untuk lokasi yang super strategis seperti ini, Anda bisa menjual makanan dan minuman yang sederhana, misalnya jus buah, milkshake, sosis bakar, french fries, donat, dan lain sebagainya. Mempunyai rumah yang berlokasi strategis memang mempunyai banyak keuntungan, selama Anda juga mampu untuk menggali peluang yang ada tersebut.

Rumah makan miniUntuk pertama kalinya, Anda bisa memulainya dengan gerobak jus. Untuk memulai bisnis gerobak jus, Anda harus membeli modal awal seperti blender, gerobak dan bahan baku. Total yang harus Anda keluarkan adalah Rp 2,5 juta. Dengan menggunakan gerobak, Anda bisa mencari lokasi yang lebih strategis untuk berjualan. Dan untuk memberikan pembeda dari produk jus yang lain, Anda bisa menawarkan jus dengan kualitas yang baik dan jenis buah yang lebih variatif.

Rumah makan mini bisa menjadi perkembangan dari bisnis gerobak yang Anda miliki di awal pembentukan bisnis. Ketika usaha gerobak Anda sudah mempunyai banyak konsumen dan pelanggan serta menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak, maka Anda bisa memulai bisnis di halaman rumah dengan menambahkan menu makanan dan minuman. Jadi Anda sudah mempunyai calon konsumen tetap yang akan mencari keberadaan bisnis Anda. Dan biasanya bila seseorang sudah cocok dengan produk A, dia akan tetap mencari dan mengikuti kemana pun bisnis A pindah. Terlebih jika membuka usaha di rumah, Anda bisa membuat tempat usaha Anda menjadi lebih nyaman dan luas daripada gerobak.

Setelah usaha Anda berkembang, Anda juga bisa menambahkan karyawan untuk membantu Anda membuat jus, memasak, kasir dan yang melayani konsumen. Anda sebagai pemilik beralih fungsi untuk mengatur masing- masing tugas karyawan setiap hari. Misalnya siapa yang bertugas membersihkan lokasi dagang, siapa yang membeli bahan baku, dan lain sebagainya. Agar mendapatkan buah yang segar setiap hari, Anda bisa bekerja sama dengan penjual buah yang harus menyuplai buah- buahan segar setiap hari ke tempat Anda.

Rumah makan mini untuk menu jus dan makanan ringan ini mempunyai pangsa pasar yang luas dan bisa disesuaikan dengan lokasi tempat usaha Anda. Misalnya lokasi Anda berdekatan dengan lokasi ruko dan perumahan, maka semua orang yang tinggal di lingkungan itu bisa menjadi pangsa pasar Anda. Begitupun jika lokasi Anda berdekatan dengan sekolah dan kampus, maka Anda bisa menyasar mahasiswa dan siswa- siswi untuk menjadi pelanggan setia Anda.

Jika produk Anda memang segar dan enak, maka marketing dari mulut ke mulut akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini juga akan menjalin kepercayaan konsumen yang lebih kuat. Selain itu, orang yang lewat lokasi jualan Anda juga bisa menjadi pangsa pasar yang potensial.

]]>
Menapaki Usaha Kafe Pancake http://infoduit.com/menapaki-usaha-kafe-pancake Fri, 16 May 2014 09:32:26 +0000 http://infoduit.com/?p=5491 Kafe pancake pun mulai banyak yang melirik, baik sebagai produsen maupun sebagai konsumen. Kafe pancake begitu digemari karena bisa dimanfaatkan untuk nongkrong bersama teman-teman dan keluarga. Usaha ini juga bisa berkembang dengan pesat karena pancake sendiri bisa dikreasikan dengan berbagai macam toping sesuai selera konsumen. Makanan ini memang bukan makanan pokok, tetapi bisa dikatakan juga sebagai camilan yang cukup mengenyangkan. Banyak yang menyukainya tetapi tidak banyak yang bisa membuatnya atau sempat membuatnya. Inilah alasan kenapa kafe ini makin bermunculan.

Kafe pancakeKue yang lembut ini harus Anda sajikan secara unik untuk menarik konsumen lebih banyak, misalnya dengan mengkreasikan pancake eskrim, pancake coklat, dan lain sebagainya. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menargetkan pangsa pasar menengah ke atas. Kenapa? Karena biasanya pangsa pasar inilah yang menyukai jenis pancake dan suka kumpul-kumpul dengan teman-teman dan keluarganya. Untuk itulah Anda harus survey tentang tempat berkumpul, kebiasaan, lingkungan dan lainnya tentang pangsa pasar ini.

Kafe pancake yang Anda bangun harus mempunyai nilai tambah, misalnya letaknya yang strategis. Strategis di sini artinya adalah merupakan kawasan dimana kalangan menangah ke atas suka berkumpul, misalnya mall, pusat perbelanjaan, sekitar perkantoran dan perumahan atau di sekitaran kampus. Lokasi yang mudah diakses dengan parkiran yang luas tentunya akan semakin menjadi daya pikat calon konsumen Anda. Jangan lupa juga untuk mendekorasi ruangan kafe dengan tema yang ingin Anda jadikan ciri khas. Yang pasti Anda harus bisa menghadirkan kesan aman, nyaman, unik dan tidak berlebihan.

Usaha kafe memang salah satu usaha yang membutuhkan modal cukup besar. Sebut saja modal untuk membeli meja kursi, peralatan makan dan dapur, desain interior, dan lain sebagainya. Jika memang Anda masih belum bisa mengembangkan modal, Anda bisa menyulapnya menjadi lebih sederhana, yaitu dengan menciptakan kafe gaya country atau simple, misalnya interior desain serba kayu dan batu bata tanpa dilapis. Untuk peralatan masak juga bisa dipilih yang sederhana asalkan mampu berfungsi dengan baik.

Kafe pancake pemula juga sebaiknya merekrut karyawan seperlunya saja, misalnya juru masak, kasir dan pelayan. Anda juga bisa turun langsung sebagai manajer kafe untuk mengawasi setiap kegiatan di kafe Anda dan memastikan kualitas produk yang Anda jual tetap terjamin.

Salah satu langkah tepat untuk melancarkan pemasaran adalah dengan menyebarkan brosur, misalnya menyebar brosur di perkantoran, perumahan, pintu masuk pusat perbelanjaan, dan juga memanfaatkan sosial media untuk mendukung promosi Anda.

Usaha ini biasanya harus melalui masa-masa sulit yang terjadi pada 3 bulan pertama. Pada masa ini, biasanya konsumen mulai menilai produk dan harga yang Anda tawarkan. Jika rasa produk Anda tidak enak dan bentuknya tidak menarik, maka akan menjadi poin minus bagi usaha Anda. harga yang terlalu mahal juga bisa membuat konsumen menghilang.

]]>
Raih Kesuksesan dengan Aksesoris Wanita http://infoduit.com/raih-kesuksesan-dengan-aksesoris-wanita Mon, 30 Sep 2013 06:44:21 +0000 http://infoduit.com/?p=5315 Bisnis aksesoris wanita semakin marak dengan munculnya berbagai tren, seperti tren gaya ala seleb Korea dengan berbagai aksesoris yang menarik hati. Bisnis aksesoris wanita tidak ada habisnya karena pangsa pasar yang dijangkau sangat luas, mulai dari anak-anak sampai wanita dewasa. Karena bagi sebagian besar wanita, aksesoris sudah bukan lagi hanya sekedar pelengkap fashion tetapi juga merupakan hal yang tidak terpisahkan di keseharian mereka. Setiap hari, para wanita menggunakan aksesoris untuk pelengkap penampilan, seperti gelang, kalung, jam tangan, anting, bando, syal, bandana sampai jepit rambut. Inilah yang membuat prospek bisnis ini menjadi luas dan tak terbatas. Berbagai macam kelas pasti memburu aksesoris. Anda bisa melihat buktinya dengan semakin menjamurnya gerai aksesoris di pusat-pusat perbelanjaan, pasar tradisional sampai tukang aksesoris keliling.

Bisnis aksesoris wanitaJika Anda juga tidak mau ketinggalan untuk meramaikan bisnis menggiurkan ini, berikut ini trik sukses agar Anda mampu menghadapi persaingan pasar:

  • Bidiklah target pasar yang jelas. Aksesoris memang digandrungi oleh wanita, tetapi Anda sebagai pelaku usaha juga harus mampu membidik target pasar yang jelas. Tentukan target dengan menyesuaikan warna, motif, bentuk dan kualitas bahan yang akan Anda jual. Sesuaikan semua karakteristik tersebut dengan pangsa pasar yang Anda bidik. Untuk Anda yang mempunyai modal cukup besar, sebaiknya Anda membidik pangsa pasar kelas menengah ke atas. Karena golongan inilah yang biasanya lebih loyal dalam membelanjakan uangnya.
  • Tambahkan variasi barang yang Anda jual. Bisnis aksesoris wanita sebaiknya tidak hanya itu-itu saja. Upgrade lah produk Anda dengan mengikuti tren yang ada agar semakin banyak konsumen yang melirik produk Anda. Jadi, semakin banyak aksesoris yang Anda jual, maka akan semakin banyak pula transaksi pembelian yang akan Anda datangkan setiap harinya.
  • Sediakan layanan konsultasi. Layanan konsultasi akan menarik lebih banyak konsumen. Dengan layanan konsultasi ini, Anda bisa membandu mereka untuk memadu-padankan model fashion yang mereka pilih dengan aksesoris apa yang sesuai. Dengan begitu, Anda akan mendapat kepercayaan dari para konsumen dan pastinya akan berubah menjadi pelanggan tetap.
  • Berikan bonus garansi untuk produk-produk tertentu. Bisnis aksesoris wanita ada banyak di luar sana, untuk itulah Anda harus memberikan pelayanan yang lebih daripada yang lain. Salah satunya adalah dengan memberikan bonus garansi untuk produk-produk tertentu. Misalnya Anda juga memberikan bonus perawatan aksesoris tertentu, seperti aksesoris cincin, kalung dan gelang yang terbuat dari perak sehingga aksesoris ini tidak akan kehilangan kilaunya. Hal ini tentu akan menambah kepuasan pelanggan Anda.

Layanan ekstra yang Anda berikan pada konsumen semoga bisa memacu lebih banyak konsumen yang datang dan lebih banyak pelanggan tetap. Salam sukses.

]]>
Strategi Mencari Kerja Untuk Fresh Graduate http://infoduit.com/strategi-mencari-kerja-untuk-fresh-graduate Thu, 12 Jul 2012 01:50:11 +0000 http://infoduit.com/?p=4088 Strategi mencari kerja untuk fresh graduate bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak untuk Anda. Strategi mencari kerja untuk fresh graduate juga bisa membuat Anda lebih percaya diri dengan apa yang Anda inginkan. Seorang fresh graduate pastinya tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Karena banyak sekali perusahaan yang menginginkan pegawai yang sudah berpengalaman di bidangnya. Lalu apa yang bisa diharapkan oleh seorang fresh graduate? Apakah hanya menerima aapa saja yang ditawarkan oleh para perusahaan, walaupun terkadang gaji yang diberikan kurang layak?

Strategi mencari kerja untuk fresh graduateJika Anda adalah salah satu fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman, tidak perlu gundah. Karena masih banyak perusahaan yang merekrut karyawan berdasarkan potensi mereka. Jangan segan-segan menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda menginginkan posisi yang Anda incar dengan bersemangat dan bersungguh-sungguh. Karena terkadang factor energi dan antusiasme mampu mengalahkan pengalaman, maka tidak ada salahnya Anda mencoba bersikap sangat energik dan mampu diberikan beban tugas baru.

Strategi mencari kerja untuk fresh graduate bisa dilakukan sebagai berikut. Strategi pertama yang harus Anda lakukan sebagai fresh graduate adalah dengan mengajukan pertanyaan. Sebelum Anda datang untuk wawancara, sebaiknya siapkan beberapa pertanyaan yang akan Anda ajukan kepada sang pewawancara. Hal ini akan menunjukkan betapa antusiasnya Anda. Karena orang yang tidak mempunyai pertanyaan apapun ketika interview menunjukkan kurangnya antusias terhadap pekerjaan yang diinginkan. Jadi, tunjukkan bahwa Anda memang benar-benar serius pada jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Strategi kedua adalah dengan melakukan riset lebih dahulu. Sebelum Anda mendatangi sebuah interview, sebaiknya Anda melakukan riset perusahaan apa yang akan Anda datangi, tentang info, produk atau jasa yang ditawarkan, dan lain sebagainya. Setelah Anda melihat semua informasi tentang perusahaan terkait, maka ketika wawancara Anda akan mampu menjawab pertanyaan pewawancara dengan baik dan cerdas. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan kepada pewawancara sebelum wawancara tersebut selesai. Selain itu, dengan banyaknya informasi yang Anda dapatkan tentang perusahaan tersebut akan membuat Anda semakin yakin dan antusias untuk sesi wawancara ataupun tidak.

Strategi mencari kerja untuk fresh graduate yang ketiga adalah dengan tidak takut menggunakan cara biasa. Sekarang banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui internet dan ini bisa menjadi modal untuk Anda mendapatkan pekerjaan. Ketika Anda mengirimkan CV, jangan takut untuk menggunakan cara sederhana untuk menyampaikan ucapan terima kasih Anda. Cara sederhana ini akan menunjukkan bahwa Anda sangat berminat dan serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Strategi keempat adalah dengan menunjukkan semangat Anda. Walaupun sudah beruluh-puluh perusahaan yang Anda datangi untuk melamar pekerjaan, tetaplah tersenyum dan bersemangat. Sikap antusias dan bersemangat inilah yang akan menjadi poin plus untuk Anda. Jangan karena perusahaan yang Anda datangi adalah perusahaan kecil, lantas membuat Anda menunjukkan wajah kurang berminat atau bosan. Jadi, bersikaplah lebih dewasa dan professional. Strategi kelima adalah dengan tidak terlalu berlebihan. Semua hal yang berlebihan tidak akan baik, termasuk dalam bidang pekerjaan. Terlalu ambisius terhadap suatu pekerjaan malah akan semakin membuatnya sulit didapat. Jangan langsung melambung tinggi ketika Anda diterima, padahal Anda belum bisa memastikan apakah Anda sudah mampu bekerja dan menyesuaikan diri dengannya atau tidak. Sebaliknya, jaga mental Anda ketika hasilnya Anda tidak diterima. Pastikan Anda selalu bersemangat tetapi tidak terlalu berlebihan.

]]>
Tipe Para Pencari Kerja http://infoduit.com/tipe-para-pencari-kerja Wed, 11 Jul 2012 09:37:41 +0000 http://infoduit.com/?p=4076  

Para pencari kerja jika diperhatikan dengan seksama mempunyai tipikal atau style tersendiri. Para pencari kerja ini secara disengaja atau tidak, membentuk 4 style utama yang berpengaruh pada kualitas yang dimiliki. Berikut ini adalah 4 style dan strategi para pencari kerja yang mungkin bisa Anda ikuti. Atau malah Anda termasuk ke dalam salah satu style ini. Style pertama adalah The Doer. Tipe The doer ini tidak suka sharing dengan orang lain ataupun terlalu berpikir panjang. Tipe ini lebih suka langsung memulai langkahnya dengan tindakan. Tipe ini mempunyai sifat yang suka berkompetisi dan sangat terbiasa dengan target dan tekanan. Orang dengan tipe ini sangat sulit ditolak, karena dia tidak akan mudah menyerah. Dia akan terus berusaha sampai “titik darah penghabisan”.

Para pencari kerja

Strategi mencari pekerjaan untuk The Doer adalah dengan menjaring relasi dan memperluas networking. Hal ini didukung dengan kemampuan berkomunikasi yang dimiliki. Jika Anda merupakan tipe ini, Anda bisa mencari tahu informasi lowongan pekerjaan dari para teman, saudara bahkan kenalan Anda yang sudah senior di suatu perusahaan. Untuk tipe para pencari kerja ini, sebaiknya aktif mencari pekerjaan di beberapa perusahaan lain sebelum diterima di satu perusahaan.

Para pencari kerja tipe yang kedua adalah The Preparer. Tipe ini mahir sekali dalam mengatur waktu dan pekerjaan. Tipe ini sangat suka merencanakan segala hal yang akan dilakukan untuk mengurangi resiko. Karena di dalam hidupnya adalah penuh dengan perencaan, maka tipe ini akan sangat tidak nyaman jika berurusan dengan sesuatu yang terjadi di luar rencana awal. Tipe ini sangat suka dimintai bantuan karena sebagai wujud eksistensinya tetapi tidak suka show up. Strategi untuk mencari kerja pada tipe ini adalah dengan menunjukkan antusiasme dengan lebih agresif, yaitu dengan melakukan self marketing. Jangan ragu untuk menceritakan tentang kemampuan pada saat wawancara maupun di CV.

Tipe yang ketiga adalah The Energizer. Tipe ini selalu tampak bersemangat dan antusias di segala suasana, terlebih apabila menyangkut dengan passion yang dimilikinya. Tipe ini tidak begitu pandai merencanakan sesuatu tetapi dia sangat bersemangat untuk meraih sesuatu yang diinginkannya. Tipe ini sangat mudah bergaul, beradaptasi, dan melakukan berbagai macam pekerjaan. Strategi mencari pekerjaan untuk tipe ini adalah dengan lebih focus mencari pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda. Memang tidak masalah membuat diri Anda tampak kreatif, tetapi usahakan untuk tetap professional. Tipe ini cenderung tidak bisa me-manage sesuatu, baik itu pekerjaan, waktu, atau uang. Untuk itulah, tipe ini sangat membutuhkan pengingat di ponsel, buku catatan maupun arsip di PC untuk membantu mengatur jadwal, dan lain sebagainya.

Para pencari kerja tipe yang keempat adalah The Thinker. Tipe ini selalu bertindak sesuai dengan logika, termasuk dalam mencari kerja. Tipe ini selalu mengikuti peraturan yang ada dan tidak ingin mencoba-coba hal yang terbukti belum efektif. Tipe ini cukup professional dalam memilih pekerjaan yang memang mereka sukai. Strategi untuk mencari kerja bagi tipe ini adalah dengan bersikap lebih professional dan fleksibel. Maksudnya, jika memang pada awalnya belum menemukan pekerjaan yang sesuai dengan bidang diminati, coba ambil kesempatan yang datang. Karena Anda tidak akan pernah tahu sebelum mencoba bukan? Jadi, mencoba hal atau pekerjaan baru yang ada di depan mata akan jauh lebih baik daripada menganggur terlalu lama hanya untuk mencari pekerjaan yang diinginkan.

Jadi, tipe yang manakah Anda?

]]>
Strategi Memilih Kartu Kredit http://infoduit.com/strategi-memilih-kartu-kredit Fri, 22 Jun 2012 13:44:28 +0000 http://infoduit.com/?p=3683 Memilih kartu kredit harus dilakukan dengan spesifik agar Anda tidak terjerumus pada produk kartu kredit yang salah. Memilih kartu kredit sangat diperlukan di saat terjadinya perang kartu kredit antar bank. Beberapa bank yang agresif menawarkan produknya saling menawarkan pesona di dalamnya. Salah satu pesona yang ditawarkan adalah bebas iuran tahunan (annual fee). Tetapi yang paling banyak adalah saling menawarkan promo dan diskon di beberapa merchant di seluruh Indonesia. Jika Anda menemukan yang tepat, maka Anda akan mendapatkan produk kartu kredit yang memberikan cash advance yang tinggi. Tetapi apabila Anda salah memilih kartu kredit, maka Anda akan terjebak hutang tagihan yang dalam.

Memilih kartu kreditBerikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk terhindar dari jebakan kartu kredit sehingga Anda tidak akan dikejar-kejar oleh debt collector dan dipermalukan di depan umum. Langkah bijak pertama yang harus Anda lakukan agar terbebas dari himpitan hutang kartu kredit adalah memilih penerbit yang kredibel dan kemudahan yang ditawarkan. Langkah kedua, pilihlah jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, yaitu jenis silver, gold atau platinum. Langkah ketiga, betulkan cara pandang Anda terhadap kartu kredit itu sendiri.

Memilih kartu kredit juga dipengaruhi oleh cara pandang kita dalam menyikapi kartu kredit dan penerbitnya. Berikut adalah beberapa hal yang harus perhatikan ketika Anda memilih penerbit kartu kredit. Pertama, apakah bank penerbit tersebut cukup kredibel. Anda harus mencermati sudah berapa lama bank tersebut menerbitkan kartu kredit dan apakah ada complain yang berrarti dari nasabahnya. Hal ini akan mempengaruhi kerapian administrasi Anda. karena ada beberapa bank yang mengejar target nasabah sehingga memberikan kemudahan yang berlebihan pada awal pembuatan kartu kredit. Tetapi pada akhirnya, beban yang diberikan pada Anda sangat berat. Jadi, pilihlah bank yang memang sudah berpengalaman.

Kedua, pastikan merchant mana saja yang bisa menerima kartu kredit bank tersebut, termasuk di luar negeri. Ketiga, pilihlah bank dengan suku bunga yang competitive atau bahkan lebih rendah. Karena factor suku bunga adalah salah satu factor yang sangat penting bagi pelunasan hutang Anda. Karena jika Anda tidak bisa disiplin membayar tagihan kartu kredit, maka bunga yang harus Anda bayar tergantung dari bunga yang diberlakukan oleh pihak bank. Berhati-hatilah pada penawaran suku bunga nol. Karena suku bunga nol belum tentu lebih menguntungkan daripada yang mempunyai suku bunga 3, dan sebagainya. Karena biasanya bank yang menetapkan suku bunga nol mewajibkan card holder untuk mengangsur biaya bulanan secara tetap dan apabila dijumlahkan, justru akan lebih besar daripada yang memberikan suku bunga lebih dari nol.

Memilih kartu kredit dan penerbitnya juga bisa dilakukan dengan langkah keempat, yaitu dengan menanyakan apakah iuran tahunan yang dikenakan mahal atau murah. Pastikan juga apakah iuran tahunan yang dikenakan itu lebih murah atau lebih mahal pada tahun kedua, dan selanjutnya. Langkah kelima, cari tahu apakah bank tersebut memberikan kemudahan dalam membayar tagihan. Misalnya ketika Anda membayar tagihan setiap bulan harus mendatangi bank secara langsung atau bisa melalui ATM, dan lain sebagainya.

Kuncinya adalah Anda harus disiplin. Misalnya jika Anda membelanjakan kartu kredit sebesar Rp 5 juta setiap bulan, maka Anda juga harus membayar tagihannya sejumlah itu. Karena jika tidak, maka Anda akan dikenai denda dan bunga.

]]>
Fase Pemanfaatan Kartu Kredit http://infoduit.com/fase-pemanfaatan-kartu-kredit Fri, 22 Jun 2012 13:40:58 +0000 http://infoduit.com/?p=3676 Pemanfaatan kartu kredit ini akan berbeda-beda dari satu orang ke orang yang lain. Pemanfaatan kartu kredit bisa kita lihat melalui 3 fase utama berikut ini. Fase pertama adalah sebagai uang simpanan. Di dalam fase ini, biasanya Anda adalah pengguna baru. Anda biasanya akan merasa seolah-olah uang yang ada di dalam kartu kredit itu adalah uang simpanan Anda sendiri, jadi Anda juga dengan mudah main gesek untuk berbelanja keperluan yang tidak penting. Di fase ini, Anda masih sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Fase ini masih merupakan fase yang “salah” dalam penggunaan kartu kredit. Anda tidak boleh bersikap seperti ini karena hutang tagihan akan sangat enumpuk di akhir bulan. Masih untung jika Anda mampu melunasinya, tetapi jika tidak? Maka Anda hanya akan menanggung bunga yang terus meningkat.

Pemanfaatan kartu kreditFase kedua adalah kartu kredit sebagai penunda pembayaran. Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya pengetahuan tentang kartu kredit, maka fungsinya pun cenderung berubah. Penghasilan akan semakin meningkat dan menggunakan kartu kredit hanya untuk membayar dan menunda pembayaran saja. Artinya, ketika di pertengahan atau akhir bulan Anda ingin membeli kebutuhan yang mendesak, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dan Anda bisa melunasinya nanti pada saat akhir bulan setelah Anda gajian. Di fase ini, seharusnya Anda sudah sadar bahwa mengatur keuangan sangat penting dan Anda bisa menjadwalkan pelunasan tagihan kartu kredit sama seperti membayar tagihan listrik rumah, internet, telepon, dan lain sebagainya. Jadi, tanggung jawab Anda sebagai card holder sudah bisa terbentuk dengan baik.

Pemanfaatan kartu kredit juga melalui fase yang ke tiga, yaitu karti kredit sebagai alat pembayaran transaksi bisnis. Fase ini merupakan pemanfaatan yang matang atas kartu kredit. Anda bisa berubah dari pengguna yang konsumtif, pengguna yang bijaksana kemudian menjadi pebisnis yang bisa memanfaatkan kartu kredit dengan sangat baik. Jika tadinya Anda hanya menggunakannya untuk alat pembayaran baik online maupun offline, dalam fase ini, Anda sudah bisa memanfaatkannya untuk membeli barang yang akan memicu perkembangan bisnis Anda. istilahnya, bisa menjadi modal usaha.

Kesadaran yang tinggi dibutuhkan untuk mampu memanfaatkan kartu kredit dengan lebih bijak. Karena sekalinya Anda terjerumus hutang kartu kredit, akan sangat sulit untuk menebusnya. Apalagi jika Anda hanya pekerja kantoran dan tidak “memutarkan” uang dari kartu kredit tersebut. Bagaimanapun, bijaksana dalam memilih mana yang menjadi keinginan dan kebutuhan sangat diperlukan. Dan kesadaran jika uang yang ada di dalam kartu kredit itu bukan milik kita juga sangat penting. Jadi, ketika akan menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting bisa dihindari.

Pemanfaatan kartu kredit dan fase-fase yang dilaluinya akan membantu Anda untuk memaksimalkan manfaat kartu kredit sendiri. Untuk memaksimalkan manfaat kartu kredit sendiri ada beberapa hal, yaitu sebagai berikut. Pertama, jangan pernah menaikkan jumlah gaji Anda ketika mengajukan aplikasi agar limit kartu kredit Anda tidak tinggi. Karena bank akan mengukur kemampuan Anda dari gaji. Yang kedua, pilih kartu kredit yang memberikan penawaran tingkat suku bunga terendah. Dan pastikan bahwa suku bunga tersebut permanen. Yang ketiga, carilah kartu kredit yang memberikan penawaran fasilitas lengkap, misalnya diskon, cashback, dan lain sebagainya.

Yang keempat, tanyakan kepada penerbit kartu kredit apakah ada penghapusan denda untuk keterlambatan. Biasanya beberapa penerbit kartu kredit memberikan kesempatan penghapusan denda untuk 1 kali terlambat pelunasan. Yang kelima, pastikan tanggal pelunasan tagihan jatuh setelah tanggal Anda menerima gaji, agar tidak sering terjadi keterlambatan. Yang keenam, jika Anda mempunyai track record yang baik, Anda bisa menanyakan untuk menurunkan tingkat suku bunga. Yang ketujuh, minta kepada penerbit kartu kredit untuk menghapuskan biaya keanggotaan tahunan.

]]>
Standar Keamanan Belanja Online http://infoduit.com/standar-keamanan-belanja-online Fri, 22 Jun 2012 13:39:09 +0000 http://infoduit.com/?p=3675 Standar keamanan belanja online untuk e-commerce tentu saja harus diperhatikan agar Anda tidak kesulitan. Standar keamanan belanja online atau e-commerce di internet akan menurunkan kemungkinan untuk dibobolnya kartu kredit. Beberapa waktu yang lalu, banyak orang yang takut bertransaksi online karena takut kartu kreditnya akan disalahgunakan. Karena untuk membobol kartu kredit seseorang di internet sangat mudah. Yaitu hanya dengan tahu nama pemegang kartu, nomor dan masa berlakunya serta tiga angka dibalik kartu kredit. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut saja sudah memungkinkan orang lain untuk membobol kartu kredit Anda untuk berbelanja online.

Standar keamanan belanja onlineUntuk menjawab tantangan tersebut, banyak bank atau penerbit kartu kredit yang mulai berinovasi dan memberikan proteksi lebih untuk pengguna kartu kredit. Misalnya Bank BCA. Bank BCA sudah memberikan proteksi PIN untuk melindungi transaksi online, yaitu khusus untuk pemegang kartu kredit BCA Visa. BCA akhirnya memberikan lima langkah mudah untuk berbelanja online. Langkah mudah yang diberikan oleh BCA ini dapat dilakukan dengan cara update informasi, input data, notifikasi, verifikasi dan konfirmasi.

Standar keamanan belanja online akan memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra untuk Anda. Walaupun banyak penasihat keuangan yang menyarankan untuk tidak menggunakan kartu kredit jika tidak mempunyai kepentingan. Tetapi apakah Anda pernah berpikir bahwa kartu kredit justru bisa memberikan manfaat yang lebih banyak daripada kartu debet. Jika alasan yang digunakan adalah kartu debet lebih praktis karena tidak perlu membawa uang tunai kemana-mana, maka kartu kredit juga mempunyai fungsi yang sama. Tetapi ada beberapa fungsi kartu kredit yang tidak dimiliki oleh kartu debet.

Fungsi pertama adalah teknologi. Kartu kredit dikembangkan melalui teknologi yang lebih baru daripada kartu debet. Hal ini dibuktikan dengan adanya chip pada kartu kredit, sedangkan pada kartu debet biasanya menggunakan magnetic yang bisa dengan mudah dibobol atau digandakan oleh orang lain. Fungsi kedua adalah transaksi menggunakan kartu kredit dibebankan kepada pada jangka waktu satu bulan kedepan. Sedangkan kartu debet langsung dipotong dari saldo tabungan Anda saat itu juga. Jangka waktu ini bisa menjadi sangat menguntungkan Anda apabila terjadi transaksi yang mencurigakan dan Anda bisa menyanggahnya. Selain itu didalam kartu kredit, Anda bisa menggunakannya tanpa perlu mengisi saldonya dulu seperti kartu debet.

Standar keamanan belanja online juga akan membuat kita lebih lega memanfaatkan kelebihan karti kredit. Pada kartu debet tertentu, sangat rawan untuk disalahgunakan oleh pihak lain. Karena terkadang tanpa perlu PIN dan tanda tangan, kartu sudah bisa digunakan untuk berbelanja di seluruh merchant, seperti supermarket atau department store yang menerima pembayaran melalui kartu debet. Fungsi keempat adalah kartu debit mempunyai history transaksi yang harus Anda cek sendiri secara manual, baik melalui cetak buku rekening maupun internet banking. Sebaliknya, laporan transaksi kartu kredit akan dilaporkan secara rutin setiap bulan. Laporan ini dilaporkan bersamaan dengan billing Anda. Sehingga kartu kredit akan lebih mudah dikontrol apabila terjadi kesalahan atau transaksi yang tidak wajar.

Fungsi kelima adalah kartu kredit lebih valid dan lebih aman daripada kartu debet. Karena biasanya di department store, mesin EDC (Electronic Data Card) seringkali melakukan kesalahan pendebetan sampai dua kali terhadap satu kali transaksi yang sama. Hal ini tentunya akan merugikan Anda sebagai card holder. Untuk itulah pilihlah kartu yang tepat bagi kegiatan Anda. Jika Anda lebih sering berbelanja dan berbisnis di internet, kartu kredit merupakan pilihan yang wajib Anda pilih daripada kartu debet. Di samping karena fungsi kartu kredit tersebut di atas, juga karena standar keamananannya sudah terjamin.

]]>