#0x2525 Konsultan – Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia http://infoduit.com Tue, 12 Mar 2019 14:41:00 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 Bersinar saat Rapat http://infoduit.com/bersinar-saat-rapat Thu, 22 Dec 2011 03:36:40 +0000 http://infoduit.com/?p=247  

Bersinar saat rapat merupakan harapan setiap orang untuk tampil diperhatikan oleh jajaran petinggi di perusahaannya. Bersinar saat rapat akan menentukan nasib seseorang dengan kehidupan dan perkembangan karirnya. Misalnya, jika seseorang mengerjakan tugasnya dengan sempurna tetapi tidak pernah terlihat mencolok di rapat, maka jajaran petinggi tidak akan mengetahui kinerjanya. Inilah yang mempengaruhi karir seseorang. Walaupun terkadang banyak sekali karyawan yang menganggap rapat sebagai momok menakutkan, tetapi jika disiasati dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang sangat precious.

Rapat adalah ajang paling tepat untuk menunjukkan potensi, belajar dan mengembangkan diri. Dari rapat lah anda mendapatkan cara untuk belajar menganalisis masalah. Selain itu, rapat juga membantu anda mempelajari cara berpikir orang lain, termasuk senior di perusahaan tempat anda bekerja. Jika anda menginginkan karir yang bagus dan menanjak, sebaiknya anda tidak melewatkan momen rapat. Karena selain itu, rapat juga mempunyai tujuan untuk kemajuan perusahaan. Biasanya di dalam rapat dibahas evaluasi tentang kinerja yang telah dilakukan, analisis kekurangan dan kelemahan, strategi perencanaan, dan lain sebagainya. Untuk itulah diperlukan ide dan pemikiran seputar langkah yang akan diambil oleh perusahaan, baik itu untuk jangkan panjang maupun jangka pendek.

Bersinar saat rapat juga menjadi nilai tambah di mata pimpinan perusahaan. Karena biasanya pada saat itu biasanya pimpinan dapat mendengarkan dengan mengamati langsung pola pikir anda. Bersinar berarti anda menunjukkan segenap bakat dan kemampuan anda. Kemudian jika kapasitas tersebut dapat membantu perusahaan dalam dalam mencapai tujuannya, maka karir anda juga akan terdongkrak. Karena karyawan yang mempunyai kualitas dianggap sebagai asset berharga sebuah perusahaan.

Dalam menunjukkan kemampuan anda, anda harus memperhatikan beberapa hal. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah penampilan saat meeting. Jika memang rapat yang akan diadakan bersifat formal, sebisa mungkin berpenampilanlah yang rapi dan menarik. Selain dapat membuat peserta rapat terkesan, penampilan yang menarik juga akan menambah kepercayaan diri Anda saat mengemukakan pendapat atau mempresentasikan sesuatu. Penampilan yang baik juga akan menunjukkan bahwa Anda pekerja yang profesional, mampu memahami situasi, dan peduli pada citra perusahaan.

Bersinar saat rapat juga harus mempersiapkan dan mempelajari materi, serta memahami permasalahan yang akan dibahas. Berbicara di depan umum dan berhadapan dengan banyak orang, apalagi ada pimpinan, buat sebagian orang mungkin sesuatu yang menakutkan dan butuh keberanian yang besar. Tetapi, tentu saja kewajiban untuk berperan aktif di dalam acara rapat kerap tidak dapat dihindari. Salah satu cara untuk meminimalkan ketakutan dan menambah kepercayaan diri adalah dengan menguasai semua topik pembicaraan yang akan dibahas.

Selanjutnya adalah gunakan bahasa yang baik, lugas dan tidak bertele-tele. Saat rapat, jangan menjadi orang yang terlalu pendiam atau sebaliknya, terlalu bertele-tele. Utarakanlah ide dan pemikiran Anda dengan kalimat yang sistematis dan mudah dimengerti. Sampaikan sesuatu langsung pada inti atau pokok permasalahan. Jangan berbicara berputar-putar sehingga membuat orang bosan dan memakan banyak waktu. Jadilah orang yang konsisten pada perkataan, dan tetap fokus pada pokok pembicaraan. Selanjutnya, gunakan intonasi dan bahasa tubuh yang baik. Pahami benar situasi rapat. Gunakan bahasa tubuh dan intonasi yang mantap agar meyakinkan. Tetapi, jangan sampai terlihat terlalu percaya diri sehingga terkesan sombong. Berdiri atau duduklah dalam posisi tepat dan nyaman. Saat berbicara, jangan lupa melakukan kontak mata dengan setiap orang yang berada dalam ruangan. Hal terakhir adalah memberikan pemikiran, ide, atau solusi yang jelas dan dapat dilakukan. Hindari memberikan solusi atau ide yang abstrak. Kualitas dan kemampuan seseorang dilihat dari idenya yang cemerlang dan konkret. Artinya dapat diaplikasikan dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Menyampaikan gagasan yang tidak masuk akal justru akan memperburuk citra. Ketika kita berbicara lagi, orang akan malas mendengarkan apa dikatakan. Jadi, perhatikan dan pertimbangkan dengan benar setiap gagasan. Jangan sekadar asal bicara agar terlihat aktif di dalam meeting.

]]>
5 ciri perusahaan yang ramah http://infoduit.com/5-ciri-perusahaan-yang-ramah Thu, 22 Dec 2011 03:18:48 +0000 http://infoduit.com/?p=239  

5 ciri perusahaan yang ramah bisa dilihat sebelum anda mulai bekerja di sana dengan melihat lingkungan yang berada di sekitarnya. 5 ciri perusahaan yang ramah terhadap para karyawannya akan sangat membantu kinerja mereka. Karena para karyawan yang merasa nyaman dengan peraturan perusahaannya secara otomatis kinerjanya akan meningkat dan menguntungkan kedua belah pihak. Ada beberapa perusahaan yang mempunyai kebijakan yang sangat merugikan karyawan dan perusahaan semacam inilah yang mematikan kreatifitas karyawan.

Ciri pertama yang bisa anda lihat untuk menilai perusahaan anda adalah karyawan direkrut berdasarkan keberagaman dan dibina sejak awal. Banyak perusahaan yang melakukan pendekatan reaksioner untuk menghadapi isu-isu tertentu. Namun perusahaan yang baik dan ramah terhadap karyawannya akan memberikan pelatihan untuk setiap karyawan untuk menularkan sikap spportif. Selain itu juga menerima karyawan lain dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Perilaku karyawan akan digodok sejak awal sehingga mengurangi keluhan di kemudian hari.

5 ciri perusahaan yang ramah yang ke dua adalah setiap karyawan berprestasi diberi kesempatan menduduki jabatan penting. Di perusahaan tersebut, karyawan perempuan dan laki-laki diperlakukan sama dan memperoleh hak yang sama pula. Misalnya jika ada karyawati yang berprestasi, maka karyawati tersebut juga bisa menempati posisi yang lebih tinggi walaupun dia seorang perempuan. Jadi, di dalam perusahaan tersebut tidak ada diskriminasi antara laki-laki dan perempuan.

Ciri ke tiga adalah kebijakan yang dibuat mencerminkan nilai-nilai perempuan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa perusahaan yang mayoritas jajaran top-level diisi oleh perempuan akan menciptakan lingkungan lebih baik bagi karyawan perempuan, dan begitu pula sebaliknya. Namun, tidak menutup kemungkinan juga pada kebijakan yang diberlakukan di dalamnya. Jika atasan anda tidak menganut nilai-nilai yang menyertainya dan tidak bersedia mengakui kebutuhan individu berarti konsep kesejahteraan karyawan hanya sekedar wacana.

5 ciri perusahaan yang ramah yang ke empat adalah karyawan diberikan jam kerja yang fleksibel. Misalnya, jika karyawan perempuan lebih sering meminta ijin setengah hari karena anaknya sedang sakit. Hal tersebut tidak boleh dianggap sebagai pilih kasih maupun memandang miring kenyataan ini. Seorang perempuan yang masih memperhatikan keluarganya juga bisa dikatakan sebagai seorang yang bertanggung jawab. Untuk itulah, yang dimaksud dengan jam kerja fleksibel adalah bekerja dalam jumlah waktu yang sama dan mengerjakan tugasnya dengan tuntas.

Ciri yang ke lima adalah program dan fasilitasnya. Kebijakan perusahaan mengenai fasilitas apa yang mereka sediakan akan mencerminkan nilai-nilai mereka. Bila tidak ada benefit atau fasilitas yang ditawarkan, anda secara otomatis langsung tahu dan faham bagaimana perusahaan tersebut menghargai karyawannya. Misalnya, promosi jenjang karir, bonus, dan lain sebagainya. Jika anda melihat ke lima ciri tersebut ada pada perusahaan anda atau pada perusahaan yang anda lamar, berarti anda sudah tepat dalam menentukan pilihan. Tetapi jika kenyataannya anda tidak merasakan benefit tersebut di perusahaan tempat anda bekerja sekarang, sebaiknya anda tidak berdiam diri. Anda harus berusaha mencari perusahaan lain yang lebih baik dari sekarang. Mungkin sebagian orang akan menganggap anda terlalu pilih-pilih pekerjaan, tetapi yang merasakan semuanya adalah anda. Jadi, anda tidak perlu terpengaruh omongan di luar karena kesuksesan anda harus anda capai sendiri. Terkadang seseorang akan lebih memilih jalur aman sebagai karirnya, yaitu tetap bertahan di perusahaan yang sekarang walaupun kualitasnya buruk daripada meninggalkan zona aman dan mengejar yang terbaik. Di sinilah anda harus mulai berpikiran berani. Jika sekarang anda berada di zona aman tetapi tidak mendukung kebahagiaan dan kenyamanan anda, sebaiknya tinggalkan zona aman anda dan mulai cari sesuatu yang lebih baik. Walaupun tidak mudah, tetapi anda harus tetap berusaha keras.

]]>
Wujudkan mimpi dengan 3 tanggung jawab ini http://infoduit.com/wujudkan-mimpi-dengan-3-tanggung-jawab-ini Wed, 21 Dec 2011 14:21:35 +0000 http://infoduit.com/?p=235  

Wujudkan mimpi dengan 3 tanggung jawab ini dan rasakan hasil yang anda dapatkan. Wujudkan mimpi dengan 3 tanggung jawab ini dan lakukan yang terbaik. Karena setiap orang berhak untuk menggantungkan cita-citanya setinggi langit, maka usaha untuk menggapainya juga beragam. Setiap orang berhak berkhayal dan bermimpi untuk menjadi apapun yang mereka inginkan. Misalnya, bahagia menggapai keluarga idaman, sukses dalam karir, sejahtera, dan lain sebagainya.

Tetapi yang membedakan antara mereka yang berhasil mewujudkan mimpinya dengan yang tidak adalah usaha yang mereka lakukan. Kontrol mimpi dan bertindak merupakan dua hal yang saling terkait untuk mewujudkan mimpi. Anda bisa memulainya dengan langkah kecil dan sederhana. Sebenarnya apapun yang anda inginkan, semua bermuara pada satu tujuan, yaitu kebahagiaan. Setiap pribadi adalah pemenang, yaitu pribadi yang sukses mewujudkan impian, kemudian ikhlas berbagi dengan yang lain serta mendekat kepada penciptanya. Setiap orang mampu mewujudkan apapun yang diinginkan asalkan mempunyai kesungguhan dalam melakukan berbagai hal untuk meraih impiannya.

Wujudkan mimpi dengan 3 tanggung jawab ini dengan dibarengi dengan langkah sederhana dan tindakan nyata dengan memaksimalkan potensi diri. Sebagai hasilnya, seseorang akan selalu hadir untuk member manfaat, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Inilah ketiga tanggung jawab yang harus anda lakukan, yaitu bertanggung jawab terhadap diri sendiri; bertanggung jawab kepada orang lain; dan bertanggung jawab untuk mendekat kepada sang Pencipta.

Tanggung jawab pertama yang harus anda lakukan adalah bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Arti dari tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah bertanggung jawab untuk mengalahkan ego ke-aku-an. Cobalah untuk mengalahkan ego yang anda miliki karena setiap individu pasti mempunyai ego masing-masing. Dalam berpikir, bersikap, bertutur kata, dan bertindak harus menghilangkan konsep ego di dalam diri. Caranya adalah ketika anda memiliki keinginan atau impian, anda tidak memaksakan kehendak tanpa memikirkan segala resiko yang akan menimpa diri anda maupun orang lain di sekitar anda.

Wujudkan mimpi dengan 3 tanggung jawab ini juga tentang bertanggung jawab kepada orang lain. Untuk menjadi sosok bertanggung jawabterhadap orang lain, anda bisa membuktikannya dengan berbagi. Kepedulian dan cinta adalah bentuk nyatanya. Anda akan dikatakan bertanggung jawab terhadap sesame ketika anda berani memberikan apa yang dimiliki kepada orang lain sepenuh hati. Tetapi anda tidak harus mengukur ‘memberi’ hanya dengan materi semata. Kenali potensi anda, lihat apa yang anda miliki dalam diri yang bisa anda beri untuk orang lain dan tentunya member manfaat. Dengan berbagi, anda tengah menumbuhkan rasa empati, kepedulian, serta ketentraman hati. Member dapat membuat anda menjadi pribadi pemenang karena memberikan manfaat bagi orang lain.

Tanggung jawab yang ketiga adalah bertanggung jawab untuk mendekat kepada pencipta. Tanggung jawab dalam bentuk ini bisa dilakukan dengan cara berdo’a dan memohon bantuan-Nya agar impian anda terwujud. Dengan kedekatan ini, anda akan merasakan berkah yang sangat banyak melalui ketentraman hati dan kejernihan berpikir. Anda juga akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang selalu bersyukur atas setiap pencapaian, sekecil apapun itu. Tanda anda telah bersyukur adalah terwujud melalui tindakan dan tutur kata yang santun dan bermartabat. Karena semakin tentram hati anda, maka rasa syukur, keyakinan, dan pencapaian sekecil apapun akan senantiasa menjadi luar biasa indah. Lakukan dengan menjalankan ketiga tanggung jawab ini untuk mendapatkan kehidupan yang ideal dan bahagia.

]]>
4 ciri karyawan bermental wirausaha http://infoduit.com/4-ciri-karyawan-bermental-wirausaha Wed, 21 Dec 2011 14:16:07 +0000 http://infoduit.com/?p=231  

4 ciri karyawan bermental wirausaha bukan berarti dapat mengurangi kemampuan mereka dalam berkarya dan bekerja di kantor. 4 ciri karyawan bermental wirausaha biasanya lebih inisiatif karena mereka selalu mempunyai ide-ide segar yang akan menguntungkan perusahaan. Perlu kita ketahui bahwa menjadi seorang wirausaha bukanlah hal yang mudah. Walaupun mempunyai jiwa wirausaha, tetapi tidak semua orang membangun usahanya sendiri. Ada beberapa orang yang merintis karirnya dengan memulai dari menjadi karyawan di sebuah perusahaan.

Kategori seorang wirausaha tidak harus selalu langsung mempunyai usaha sendiri. Meski secara harfiah wirausaha dapat diartikan sebagai orang yang memulai bisnisnya sendiri sehingga dia sendiri yang menjadi pemimpin atau bosnya. Namun, selain itu, seorang wirausaha juga mempunyai arti yang lebih luas. Wirausaha dalam artian luas adalah lebih cenderung mengacu pada mental atau sifat seseorang untuk berusaha. Jadi, walaupun seseorang belum mempunyai usahanya sendiri, jika mempunyai sifat-sifat tertentu sudah bisa disebut berjiwa wirausaha.

4 ciri karyawan bermental wirausaha bisa dilihat dari kebiasaannya yang diaplikasikan ke dalam kegiatan dan pekerjaannya sehari-hari, yaitu:

1)      Bersikap hemat.

2)      Inovatif.

3)      Berjiwa besar.

4)      Disiplin

Ciri yang pertama adalah bersikap hemat. Dengan bersikap hemat, seseorang sudah mempunyai sifat-sifat seorang wirausaha sejati. Sifat hemat dalam diri seorang wirausaha bisa membuat banyak perubahan dalam strategi bisnis dan menekan pengeluaran berlebihan. Ketika membuat rencana keuangan di kantor, biasakan untuk menghemat pengeluaran tersebut agar rencana keuangan kantor tidak terganggu. Ciri yang kedua adalah inovatif. Kreatif dan inovatif merupakan salah satu syarat penting yang dimiliki seorang wirausaha. Dalam dunia kantoran, inisiatif, inovasi, dan kreativitas juga sangat dibutuhkan untuk memajukan perusahaan tempat seseorang bekerja. Misalnya suatu saat Anda memiliki ide untuk mempromosikan produk. Meski bukan bagian dari tugas Anda, tapi tak ada salahnya untuk menyumbang ide yang bagus. Berjiwa kreatif dan inovatif dalam pekerjaan tidak hanya berguna untuk memupuk jiwa wirausaha dalam diri saja, tetapi juga untuk melatih kemampuan berpikir jernih dan mencari celah usaha dan memanfaatkannya dengan positif. Bisa juga nantinya berguna untuk naik jabatan, karena inovasi seseorang yang mempunyai jiwa wirausaha ini.

4 ciri karyawan bermental wirausaha yang ke tiga adalah berjiwa besar. Setiap hal yang dilakukan tak jarang akan berakibat pada kegagalan. Namun jika Anda memiliki jiwa wirausaha, seharusnya hal ini tidak akan membuat Anda merasa kalah. Justru, semangat Anda terpacu untuk maju dan berusaha lebih baik lagi. Ketika ide Anda ditolak, atau misalnya ada karyawan baru yang dinilai lebih aktif, maka Anda harus berjiwa besar dan justru menjadi semangat Anda untuk maju. Ciri terakhir adalah disiplin. Setiap pekerjaan pasti menuntut kedisiplinan yang tinggi. Kemampuan disiplin diri yang tinggi akan membuat Anda sukses dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Dalam hal disiplin diri, terkadang perempuan lebih unggul dibanding pria.

Sebenarnya apapun yang anda miliki sebagai sifat anda, sebaiknya anda membuatnya bermanfaat bagi pekerjaan saat ini. Walaupun anda belum mempunyai usaha sendiri, usahakan memberikan yang terbaik saat ini, dimanapun anda berada. Dengan begitu, suatu saat jika anda sudah mampu mencapai impian anda sebagai wirausaha yang mempunyai usaha sendiri, anda juga bisa melihat karyawan anda yang mempunyai jiwa wirausaha. Jadikan setiap pengalaman dan bakat anda sebagai tangga untuk mendapatkan impian anda.

]]>
4 Perbedaan Kemauan dan Keinginan http://infoduit.com/4-perbedaan-kemauan-dan-keinginan Wed, 21 Dec 2011 14:11:25 +0000 http://infoduit.com/?p=227  

4 perbedaan kemauan dan keinginan seringkali diabaikan. 4 perbedaan kemauan dan keinginan seringkali diasumsikan sebagai sesuatu yang menggaanggu pencapaian impian. Setiap orang pasti mempunyai impian yang ingin dicapai dan terkadang pula ada banyak orang yang melakukan segala cara untuk mendapatkan impian tersebut.

Impian bisa membuat seseorang merasa bahagia. Karena tidak mudah mencapai impian, maka anda juga harus mengupayakannya dengan bekerja keras dan didukung dengan kemauan. Ketika anda mulai mencari tahu impian anda dalam karir dan pekerjaan, sebaiknya anda juga mengerti tentang perbedaan antara kemauan dan keinginan. Anda harus mengerti dan mengetahui unsur-unsur pembentuk impian, kemauan dan keinginan sehingga anda tidak salah mengasumsikannya. Kemauan adalah janji kepada diri sendiri yang memberikan kekuatan sangat besar. Yaitu sebuah kekuatan yang dimiliki oleh setiap manusia. Kekuatan inilah yang membantunya menjadi seorang pemenang yang mengalahkan ego dan mendorong impiannya menjadi kenyataan.

4 perbedaan kemauan dan keinginan tidak hanya didapat dari mendefinisikan masing-masing kata, tetapi juga memahami maknanya. Kemauan mempunyai makna mendalam dari arti sederhananya, yaitu ‘apa yang dimaui’. Anda bisa menanggapi dan mengartikannya secara sederhana dan harfiah sesuai dengan kondisi anda. Karena, kemauan adalah kesungguhan, yaitu kesungguhan hati dalam mewujudkan impian melalui tindakan nyata secara konsisten. Karena sebenarnya kemauan berasal dari impian atau harapan yang ingin dijadikan nyata.

Impian itulah yang kemudian mampu mendorong anda untuk melakukan tindakan nyata. Dari situlah kita mengerti darimana ungkapan “jangan takut bermimpi” berasal. Tetapi yang perlu diingat adalah anda tidak boleh begitu saja terlena dengan berbagai macam impian yang anda miliki tanpa ada usaha untuk membuatnya menjadi nyata. Mimpi tidak akan membawa anda pada kesuksesan. Karena tanpa mempunyai kesungguhan hati atau kemauan kuat di dalam diri, impian anda tidak akan terwujud.

4 perbedaan kemauan dan keinginan adalah:

1)      Ada kesungguhan hati dalam kemauan. Sebaliknya, hal ini tidak didapat pada keinginan.

2)      Ada tindakan nyata dalam kemauan. Sementara, keinginan yang ada hanya angan-angan semata.

3)      Kemauan menghasilkan pencapaian. Sementara keinginan tidak menghasilkan apa-apa karena tidak ada tindakan.

4)      Ada semangat optimal dalam kemauan. Sedangkan dalam keinginan tetap ada semangat tetapi tidak optimal.

Dari ke empat perbedaan tersebut dapat kita simpulkan bahwa mempunyai mimpi memang suatu keharusan tetapi mewujudkannya juga perlu dilakukan. Setiap pribadi perlu mempunyai kesungguhan hati berupa kesanggupan melakukan tindakan secara gigih demi mencapai hasil yang diinginkan. Kesungguhan hati inilah yang membuat anda menjadi pribadi tangguh, siap menerima tantangan, pantang menyerah dan fokus pada tujuan yang diinginkan dengan melakukan tindakan nyata. Sedangkan keinginan adalah ketertarikan terhadap sesuatu tapi tidak diikuti oleh tindakan nyata. Itulah yang menyebabkan keinginan saja tidak cukup untuk meraih impian anda, wlaupun impian kecil. Wujudkan impian anda dengan bekerja keras dan selalu mencari mimpi-mimpi baru untuk kemudian diusahakan pencapaiannya. Jadi, janganlah takut bermimpi. Teruslah bermimpi dan teruslah lakukan usaha yang optimal untuk mewujudkannya. Sekarang anda dapat mulai mengukur diri dan kemampuan anda sendiri, apakah anda termasuk orang yang banyak bermimpi tapi malas beusaha? Ataukah anda merupakan orang yang selalu mempunyai mimpi dan berusaha menggapainya dengan berusaha keras? Manakah yang lebih dominan membentuk diri anda? Mulai introspeksi diri dengan selalu melihat berapa impian anda yang sudah berhasil terwujud.

]]>
Siap Hadapi Psikotes http://infoduit.com/siap-hadapi-psikotes Wed, 21 Dec 2011 13:24:09 +0000 http://infoduit.com/?p=221  

Siap hadapi psikotes jarang dimiliki oleh sebagian besar pelamar kerja. Siap hadapi psikotes menjadi harapan masing-masing orang untuk berani mengambil langkah besar selanjutnya. Kebanyakan pelamar mera kesultan dan bingung dalam menjawab pertanyaan psikotes ini. Ada pula yang sampai menjadikannya sebagai momok yang menakutkan. Padahal tujuan psikotes adalah untuk mengetahui perbedaan kepribadian antara orang satu dengan yang lainnya. Perbedaan mulai dari karakter sampai prediksi kemampuan atau potensi yang ada di dalam diri seseorang.

Walaupun dirasa sangat menakutkan, tetapi beberapa penelitian menyebutkan bahwa hasil dari psikotes ini sebagian besar terbukti akurat dalam merekomendasikan kandidat calon karyawan dengan posisi yang ditawarkan. Jadi, tidak heran jika sebagian besar perusahaan, baik yang bonafide maupun standar, menerapkan psikotes untuk menilai karyawannya. Jadi, sekarang sudah bukan saatnya untuk menghindari psikotes, tetapi anda harus mulai menyiapkan diri anda sebaik mungkin dalam menghadapinya.

Siap hadapi psikotes bisa dilakukan sesaat sebelum tes, mejelang tes, dan pada saat tes berlangsung. Persiapan sebelum tes yang harus anda persiapkan meliputi:

1) Yakinkan diri anda bahwa posisi yang anda lamar adalah benar-benar posisi yang anda inginkan.

2) Persiapkan diri anda dengan istirahat yang cukup.

3) Baca kembali surat lamaran dan CV anda. Hal ini untuk memudahkan anda dalam mempelajari kembali posisi yang akan dilamar.

4) Berlatih mengerjakan soal-soal psikotes agar semakin siap menghadapi dan mengerjakannya dengan maksimal.

5) Pastikan anda sudah mengetahui lokasi tes. Sebelum hari H, sebaiknya anda survey terlebih dahulu.

6) Jangan lupa makan dan minum yang cukup sebelum berangkat ke lokasi psikotes.

7) Berdo’a

8 ) Datang setidaknya 15 menit sebelum tes berlangsung dan datang dengan membawa alat tulis lengkap.

Selain persiapan sebelum tes, anda juga harus melakukan persiapan menjelang tes, meliputi:

1) Begitu anda dipersilahkan untuk mengisi data diri, segeralah mengisinya dengan lengkap dan jangan menundanya karena bisa saja anda lupa.

2) Perhatikan setiap pengarahan yang diberikan oleh pengawas tes dan ikuti semua petunjuknya. Sebaiknya anda tidak langsung mengerjakan soal dan data diri sebelum membaca petunjuk dan pengarahan.

3) Jangan sungkan bertanya kepada pengawas jika anda yang anda tidak tahu.

4) Jangan pernah mengosongkan pertanyaan. Jika waktunya masih ada tersisa, sebaiknya anda kembali mengisinya.

5) Percaya pada kemampuan sendiri dan jangan pernah berusaha untuk melakukan perbuatan curang.

Siap hadapi psikotes dengan persiapan matang tentu saja akan membantu karir anda kedepan. Pada saat tes psikologi, sebaiknya anda tetap focus karena ada beberapa hal yang meliputi tes psikologi. Selain tes tertulis, juga ada tes wawancara. Tes ini dilakukan untuk observasi. Di dalam tes ini, kemampuan calon karyawan dilihat dan dinilai. Penilaian dimulai dari sikap, penampilan, cara menjawab pertanyaan, dan kualitas jawaban. Jadi, cara anda menjawab pertanyaan juga menjadi nilai tersendiri, apakah anda terlalu berbelit-belit saat memberikan jawaban atau tidak, berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menjawab pertanyaan, dan lain sebagainya.

Tes wawancara merupakan tindak lanjut dari hasil jawaban anda pada soal tertulis. Di sinilah anda harus memberikan jawaban yang terbaik, spontan, tidak berbelit-belit, tidak dilebih-lebihkan, dan tampil rapih dan professional. Jika anda menjawab dengan berbelit-belit, maka kesan yang akan didapatkan adalah sok tahu. Pakaian yang anda kenakan juga tidak boleh luput dari perhatian. Anda harus menyesuaikan pakaian yang anda kenakan dengan situasi dan suasana. Serta, pakailah pakaian yang nyaman agar tidak mengurangi rasa percaya diri anda.

]]>