#0x2525 Option – Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia http://infoduit.com Tue, 12 Mar 2019 14:41:00 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.9 Cara Memilih Reksadana yang Terbaik http://infoduit.com/cara-memilih-reksadana-yang-terbaik Thu, 19 Jul 2012 03:54:39 +0000 http://infoduit.com/?p=4163  

Cara memilih reksadana akan membantu Anda untuk menentukan produk mana yang akan Anda pilih. Cara memilih reksadana ini harus Anda perhatikan dengan baik agar Anda tidak salah dan menyesal di kemudian hari. Memilih produk reksadana yang terbaik sangat dibutuhkan karena di pasaran tidak hanya terdapat beberapa pulu saja tetapi sudah mencapai ratusan jenis produk reksadana. Menurut Bapepam-LK, tercatat sampai sekitar 752 produk reksadana yang beredar di Indonesia. Produk-produk tersebut ditawarkan dengan cara yang beragam, misalnya adalah dengan memasang iklan di media massa.

Cara memilih reksadana

Ada beberapa reksadana yang menunjukkan kinerja yang baik dan lebih tinggi daripada produk reksadana yang lain. Reksadana merupakan instrument investasi yang menguntungkan dan banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan tingkat hasil pengembalian investasinya jauh di atas tingkat pengembalian bunga deposito bank yang seringkali dipilih sebagai investasi oleh masyarakat. Tetapi selain tingkat pengembalian investasi, sebenarnya ada juga tingkat resiko yang harus dihadapi. Karena untuk mendapatk keuntungan yang besar selalu ada resiko yang membayanginya bukan? Walaupun tingkat resikonya tidak sebesar saham, tetapi tetap saja ada resiko yang harus Anda tanggung.

Cara memilih reksadana juga harus memahami resiko-resiko yang akan mengikutinya. Bermacam resiko tersebut akan bisa dibaca pada masing-masing prospectus reksadana yang bersangkutan. Salah satu resiko yang bahkan tidak akan dijumpai di deposito adalah resiko penurunan nilai investasi. Dalam konteks reksadana, banyak orang yang seringkali beranggapan bahwa harus parallel dengan memilih manajer investasi. Padahal kenyataannya adalah tidak selalu harus demikian karena bisa saja terjadi jika kita mengenal reksadana terlebih dahulu baru melalui kinerjanya daripada mengenal si manajer investasinya sendiri. Tetapi yang harus benar-benar Anda ingat adalah bahwa Anda harus benar-benar merasa nyaman dengan manajer investasi yang Anda pilih sebelum memutuskan memilih reksadana yang mana.

Ada juga kejadian yang membuat si investor sudah sangat nyaman dengan manajer investasi tetapi ternyata ketika akan memilih produk reksadana, produk yang si investor kehendaki ternyata tidak dimiliki oleh sang manajer investasi. Jadi, produk yang dinginkan bahkan malah lebih baik jika dikelola oleh manajer investasi yang lain. Karena masalah tersebut lah yang mengharuskan Anda untuk bisa terus mencari tahu tentang manajer investasi. Anda harus benar-benar mengenal seluk-beluk atau history si manajer investasi dan juga produk yang ditawarkannya. Jadi, Anda harus mencari sesuatu yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dan kriteria yang Anda butuhkan.

Cara memilih reksadana secara spesifik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu yang pertama adalah dengan menentukan jenis reksadana yang sesuai dengan tujuan investasi dan juga profil resikonya. Pastikan Anda juga sudah mengantongi rentang waktu yang akan Anda ambil, misalnya rentang waktu pendek, menengah atau panjang. Rentang waktu inilah yang nantinya akan disesuaikan dengan karakteristik reksadananya. Untuk Anda yang masih muda, sebaiknya siap dengan investasi jangka panjang. Sebaliknya, untuk investor yang sudah memasuki usia pensiun sebaiknya memilih reksadana dengan rentang waktu yang pendek. Untuk investasi jangka panjang, Anda bisa memilih jenis reksadana campuran karena mempunyai fleksibilitas.

Cara yang kedua adalah dengan mengenal pengelola reksadananya, yaitu manajer investasi. Anda harus mengetahui baik perorangan maupun perusahaan yang akan mengelola dana investasi Anda. Anda juga harus memperhatikan karakter pengelola reksadana tersebut untuk bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana reksadana yang Anda pilih dikelola. Dengan begitu, resiko yang akan Anda hadapi juga lebih terukur.

]]>
Reksadana dan Manajer Investasi http://infoduit.com/reksadana-dan-manajer-investasi Fri, 22 Jun 2012 13:48:23 +0000 http://infoduit.com/?p=3687 Reksadana dan manajer investasi merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisah. Reksadana dan manajer investasi sama-sama harus dipilih dengan baik dan benar. Sejatinya, sebelum Anda mmeutuskan untuk menginvestasikan dana Anda di reksadana, Anda harus mampu memperhatikan beberapa poin utama, yaitu sebagai berikut. Poin pertama, tentukan tujuan Anda berinvestasi dan profil resikonya. Anda harus menentukan apakah dana investasi ini mempunyai jangka waktu yang pendek atau panjang dan kemudian bisa disesuaikan dengan karakteristik reksadana.

Reksadana dan manajer investasiBagi investor yang masih muda, sebaiknya mempersiapkan rentang waktu investasi dalam jangka panjang. Resiko yang bisa ditolerir juga harus masuk dalam perencanaan. Apakah ingin tingkat aman yang tinggi atau return yang tinggi. Jika menginginkan return yang tinggi, Anda bisa memilih investasi reksadana saham tetapi Anda juga harus mengetahui bahwa reksadana saham mempunyai resiko yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis reksadana yang lain.

Reksadana dan manajer investasi akan membantu Anda menentukan jenis reksadana mana yang cocok dengan Anda. Misalnya Anda tidak berani mengambil resiko yang terlalu tinggi, maka Anda bisa diarahkan untuk memilih reksadana berbentuk pendapatan tetap. Kemudian jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek dan resiko yang rendah, maka Anda bisa memilih reksadana pasar uang. Untuk pilihan yang lain adalah reksadana campuran. Di dalam reksadana jenis ini, resiko yang dimilikinya ada diantara reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap. Kemudian tingkat volatilitas resiko investasi juga bisa berkurang. Jadi, semakin besar porsi reksadana saham di dalamanya, maka resikonya juga akan semakin tinggi dan nilai returnnya juga akan lebih tinggi.

Kedua, Anda harus mengetahui secara cermat pengelola reksadana, baik perorangan maupun perusahaan. Hal ini bisa diketahui melalui Prospektus reksadana. Karena dalam setiap prospectus terdapat bab yang menguraikan latar belakang dan pengalaman serta pengelolaan reksadana tersebut. Selain itu, Anda juga harus mengetahui karakter reksadana yang Anda inginkan agar memperoleh gambaran jelas tentang pengelolaan reksadana yang Anda inginkan. Bagi Anda yang masih baru dalam bidang investasi reksadana, mungkin memang Anda akan cenderung kesulitan dalam memilih manajer investasi hanya dari prospectus dan informasi terkait saja. Tetapi paling tidak Anda sudah mempunyai gambaran tentang pengelolaan dana investasi Anda.

Reksadana dan manajer investasi harus sama-sama memperhatikan poin-poin penting sebelum memulai bergelut di dalamnya. Berikut ada beberapa cara untuk menganalisis dan mengukur kecakapan manajer investasi dalam mengelola dana investasi Anda. Berikut adalah beberapa criteria yang harus Anda lihat:

  • Mempunyai reputasi yang baik dan integritas tinggi.
  • Mengimplementasikan prinsip keterbukaan dengan para investornya.
  • Mempunyai jejak rekam atau track record yang baik.
  • Mempunyai kapasitas yang mampu memberikan solusi investasi yang bisa Anda andalkan.
  • Selalu memberikan informasi di seputar industri reksadana kepada para nasabahnya.
  • Kesediaan untuk memberikan konsultasi investasi yang terbaik bagi para investornya.

Karena manajer investasi mempunyai otoritas penuh untuk mengelola investasi Anda, maka Anda harus memastikan sudah memilih yang paling tepat. Terlebih apabila masih awam tentang investasi reksadana, maka alur transaksi pasti sebagian besar ditangani oleh manajer investasi, khususnya dalam menganalisa dan mengambil keputusan. Tentu saja keputusan yang diambil selalu diinformasikan kepada Anda dan memberikan keuntungan kepada Anda, sehingga Anda mendapatkan hasil atau return yang optimal.

]]>
Strategi Memilih Lembaga Keuangan yang Tepat Untuk Kartu Kredit http://infoduit.com/strategi-memilih-lembaga-keuangan-yang-tepat-untuk-kartu-kredit Fri, 22 Jun 2012 13:42:36 +0000 http://infoduit.com/?p=3677 Lembaga keuangan yang tepat akan mempengaruhi kinerja kartu kredit Anda. Lembaga keuangan yang tepat sangat penting untuk menghindari kasus penipuan. Karena masyarakat yang cenderung konsumtif, banyak sekali lembaga keuangan atau bank yang kemudian menawarkan kartu kredit dengan beragam kemudahan dan penawaran. Di sisi lain, sang nasabah juga harus hati-hati dalam memilih. Jangan sampai menimbulkan polemic di akhir bulan ketika terjadi pelunasan tagihan.

Lembaga keuangan yang tepatUntuk memilih lembaga keuangan yang bagus, ada baiknya Anda mengikuti beberapa langkah berikut ini. Langkah pertama adalah dengan memilih bank yang bonafide. Bonafid artinya memenuhi standar kesehatan dari Bank Indonesia dan memberikan fasilitas yang memuaskan bagi para nasabahnya. Selain itu, bank yang bonafid juga akan memberikan tingkat bunag deposito yang kompetitif. Langkah kedua yaitu jangan mudah tergiur oleh tawaran undian berhadiah. Langkah ketiga yaitu jangan mudah tergiur pada bunga yang tinggi. Langkah keempat yaitu mengetahui peraturan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia tentang suku bunga. Yaitu bank Indonesia hanya membolehkan sebuah bank memberikan suku bunga deposito maksimal atau dibawah suku bunga penjaminan bank Indonesia.

Lembaga keuangan yang tepat untuk menerbitkan kartu kredit adalah lembaga yang terpercaya dan tidak pernah ada masalah dari nasabah. Karena sekarang banyak sekali bank baru yang muali bermunculan dan menawarkan kartu kredit dengan sangat mudah tetapi mencekik di akhir penagihan. Jangan sampai Anda juga menjadi salah satu korban. Perkembangan bank dan card holder di Indonesia bahkan menjadikan Indonesia sebagai anggota big five Negara yang masyarakatnya merupakan pengguna kartu kredit terbanyak. Sebelum memilih bank atau lembaga keuangan mana yang akan Anda percaya, sebaiknya Anda juga mengetahui tentang fungsi bank itu sendiri. Bank berfungsi sebagai:

  • Pencipta uang.
  • Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran.
  • Penghimpun dana simpanan masyarakat.
  • Penyimpan barang-barang berharga.
  • Pemberian jasa-jasa lainnya.

Yang harus diperhatikan dalam sebuah bank adalah sebagai berikut:

  • Asal-usul bank tersebut jelas atau tidak.
  • Kualitasnya maksimal atau tidak.
  • Kualitas apa saja yang mampu diberikan untuk konsumennya.

Lembaga keuangan yang tepat akan mampu menjamin kepuasan konsumen. Mereka tidak akan menjerumuskan nasabahnya dengan berbagai macam tawaran yang menggiurkan tetapi justru menjerumuskan. Karena kartu kredit merupakan salah satu instrument pinjaman yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Kartu kredit sejatinya hanyalah pengganti uang tunai yang tidak bisa kita bawa kemana-mana. Anda akan mengetahui saat yang tepat untuk menggunakannya dengan baik dan benar. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk penunda pembayaran dan tagihannya ditetapkan di akhir bulan. Tetapi jika Anda terlambat melakukan pembayaran atau hanya melakukan pembayaran senilai minimum payment, maka Anda akan dikenakan bunga.

Kartu kredit di dunia diterbitkan oleh beberapa lembaga keuangan internasional, diantaranya Visa Inc., MasterCard International, American Express Co, dan Diners Club International.  Di Indonesia, yang berhak menerbitkan kartu kredit adalah bank dan lembaga keuangan lainnya. Agar kartu kredit di negara kita dapat diterima di seluruh dunia, maka harus melakukan kerjasama dengan penerbit kartu internasional. Umumnya penerbit kartu kredit di Indonesia bekerja sama Visa dan MasterCard. Penerbit kartu kredit di Indonesia adalah bank dan lembaga keuangan yang mampu dan memenuhi persyaratan untuk menerbitkan kartu kredit. Hal ini diperlukan agar kartu kerdit tersebut dapat digunakan di seluruh dunia karena hanya jaringan internasional yang mampu melakukan hal itu.

]]>
Perhiasan dan Investasi Emas http://infoduit.com/perhiasan-dan-investasi-emas Thu, 21 Jun 2012 09:46:55 +0000 http://infoduit.com/?p=3659  

Investasi emas merupakan investasi yang sangat bagus untuk jangka panjang. Investasi emas sudah menjadi tradisi selama berabad-abad. Keunggulan emas ini terletak pada harganya yang cenderung stabil dari tahun ke tahun dan mempunyai zero inflation effect atau tidak begitu terpengaruh oleh inflasi. Dari tahun ke tahun, sangat jarang sekali harga emas turun. Emas ini selain bisa dijadikan investasi juga bisa dijadikan perhiasan yang merupakan symbol kesejahteraan bagi seseorang.

Investasi emas

Emas merupakan cara yang bagus dalam mendiversifikasi harta, terlebih dalam kondisi yang tidak stabil. Emas bisa dijadikan sebagai alat untuk melindungi nilai. Yang menyebabkan harga emas cenderung stabil adalah karena komoditi emas di dunia tidak bisa bertambah. Salah satu keuntungan yang lain dari emas adalah harga emas dipatok dalam US dollar. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika terjadi peningkatan nilai US dollar. Anda bisa mendapatkan keuntungan langsung yaitu dari kenaikan dollar dan juga kenaikan dari harga emas itu sendiri. Tetapi apabila sebaliknya yang terjadi, yaitu harga US dollar turun, maka harga emas juga akan turun.

Investasi emas untuk jangka panjang cenderung naik dan stabil. Bila dibandingkan dengan berinvestasi langsung di forex atau mata uang US dollar, maka investasi emas lebih menguntungkan dan lebih aman. Emas bisa disimpan dan didiamkan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi nilainya.justru apabila terjadi kenaikan, maka nilainya akan bertambah.

Tetapi selain keunggulan yang dimilikinya, emas juga mempunyai kelemahan. Kelemahan investasi emas terletak pada factor penyimpanan (storage) dan perawatan (handling). Menyimpan emas dalam jumlah banyak relative beresiko dan mahal. Selain itu, walaupun dibungkus protective cover, apabila perawatannya kurang baik, maka kemungkinan bisa terjadi oksidasi dan perubahan warna. Khususnya yang berbentuk koin. Emas apabila sudah mengalami penyok, jatuh, atau cuil akan sulit untuk bisa di-treatment ulang dan hal ini juga bisa mengurangi harga. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya Anda fokuspada penyimpanan dan perawatan.

Investasi emas sebenarnya mempunyai return yang relative stabil. Jadi, bagi investor yang menginginkan return yang besar, investasi ems tidak cocok untuknya. Ada beberapa indicator dalam investasi emas yang bisa menjadi penangkal inflasi, yaitu sebagai berikut:

  • Berdasarkan analisis yang dilakukan, harga emas selalu mengikuti naik turunnya mata uang US dollar. Jadi, jika mata uang US dollar naik, maka nilai emas juga akan naik. Dan begitupun sebaliknya.
  • Meningkatnya inflasi akibat meningkatnya konsumsi masyarakat juga menyebabkan harga emas naik, tidak terpengaruh berapapun tingkat inflasi yang terjadi. Bahkan dari catatan sejarah mengatakan bahwa harga emas akan selalu lebih tinggi daripada nilai inflasi.
  • Dalam situasi ekonomi yang belum stabil, investasi emas merupakan peluang untuk menciptakan capital gain dan mempertahankan asset Anda.

Jadi, jika Anda berminat untuk berinvestasi di emas, perhatikan apakah Anda ingin menyimpannya dalam waktu yang lama atau hanya untuk kurang dari 1 tahun. Jika Anda ingin menginvestasikan emas di atas 1 tahun, maka Anda harus menyiapkan perawatan dan penanganan yang sebaik mungkin agar nilainya tidak turun. Tetapi jika Anda merupakan tipe investor yang menyukai tantangan, sebaiknya Anda tidak berinvestasi di emas karena harganya atau return-nya yang cenderung stabil tentu akan membuat Anda menjadi tidak bergairah. Selamat berinvestasi!

]]>
Keunggulan Investasi Emas http://infoduit.com/keunggulan-investasi-emas Thu, 21 Jun 2012 09:46:17 +0000 http://infoduit.com/?p=3656  

Investasi emas sudah menjadi kebiasaan dan pilihan bagi sebagian besar masyarakat selama berabad-abad. Investasi emas mempunyai perpaduan yang indah antara keindahan, kelangkaan dan sifatnya yang nyaring tak lekang. Tidak hanya masyarakat yang menggunakan emas sebagai investasi tetapi juga sebuah Negara. Negara juga menyimpan emas sebagai simpanan kekayaan dan juga sarana pertukaran Internasional. Secara modern, kemilau emas tetap tidak lekang, bahkan dijadikan sebagai investasi yang wajib dimiliki oleh masyarakat, baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas.

Investasi emas

Investasi emas bisa berwujud bermacam-macam, yaitu lembaran emas, emas batangan (gumpalan), saham di perusahaan emas, dana investasi emas (dana gotong-royong), surat berjangka emas dan juga opsi emas. Kepercayaan masyarakat modern akan keuntungan investasi emas semakin didorong oleh Bank Sentral dan Internationa Monetary Fund (IMF) yang menggunakan emas sebagai cadangan kekayaan. Emas cenderung tidak terkena dampak inflasi seperti uang tunai, itulah mengapa masyarakat terkadang lebih suka membelanjakan uangnya untuk emas. Selain itu, emas juga bisa menguatkan mata uang domestic.

Investasi emas seringkali disebut sebagai asset pendapatan non-penghasilan, tetapi hal ini tidak tepat karena ada pasar untuk memberikan pinjaman emas. Selain itu, emas juga diperdagangkan untuk kemudian mendapatkan keuntungan. Jika dibandingkan dengan asuransi, nilai emas dikatakan mampu sebanding dengan premi asuransi. Untuk investasi pribadi, tidak selayaknya Anda menginvestasikan seluruh dana Anda di emas. Karena Anda tidak boleh menyimpan semua telur dalam satu keranjang. Artinya, Anda harus membagi ingin memastikan bahwa dana investasi Anda terbagi. Jadi, ketika nantinya ada masalah dengan satu instrument investasi, instrument investasi yang lain tetap aman.

Karena investasi emas sekarang tersedia dalam beberapa jenis, maka Anda harus memilih salah satu yang terbaik, misalnya emas fisik (batangan/koin). Apa keunggulan emas fisik dibandingkan dengan jenis investasi emas yang lain? Berikut adalah jawabannya. Keunggulan yang pertama adalah melindungi kekayaan (wealth preservation). Jadi, emas mampu melestarikan nilai kekayaan kita. Karena kenaikan nilai emas selalu lebih tinggi daripada kenaikan inflasi. Jadi, kekayaan kita tidak akan termakan oleh inflasi. Keunggulan kedua adalah resiko rendah sampai menengah (medium to low risk investment). Emas merupakan jenis investasi yang mempunyai tingkat resiko rendah cenderung menengah dan mempunyai imbal hasil kenaikan nilai yang cukup tinggi pada jangka waktu tertentu.

Investasi emas fisik juga mempunyai keunggulan yang ketiga, yaitu asset nyata (tangible asset). Emas nyata adalah investasi yang nyata karena benar-benar mempunyai nilai secara intrinsic. Yakni, investasi emas fiisk tidak hanya sekedar selembar kertas yang mempunyai nilai dengan jaminan harapan. Keunggulan keempat adalah hak kepemilikan (private property rights). Jadi, emas fisik yang Anda miliki adalah hak pribadi Anda. Dan karakternya yang nyata membuat emas fisik lebih independen dan tidak tergantung pada institusi tertentu.

Keunggulan kelima adalah mudah dicairkan (liquid asset). Emas adalah jenis investasi yang dengan mudah diperjual-belikan dimanapun dan kapanpun. Jadi, dalam mencairkan emas ini, tidak perlu tergantung pada institusi. Bahkan emas bisa dijadikan jaminan hutang di pegadaian. Hal ini merupakan sifat istimewa emas karena sangat jarang instrument investasi lain yang mampu seperti ini. Keunggulan keenam adalah bebas pajak (tax free). Emas batangan dimasukkan sebagai komoditi produksi yang tidak terkena pajak di Indonesia. Jadi, Anda berinvestasi pada asset yang bebas pajak jika berinvestasi pada emas batangan.

]]>
Kelebihan Reksadana Dibanding Obligasi, Saham dan Emas http://infoduit.com/kelebihan-reksadana-dibanding-obligasi-saham-dan-emas Thu, 21 Jun 2012 09:45:37 +0000 http://infoduit.com/?p=3647  

Kelebihan reksadana selalu dijadikan alasan masyarakat untuk lebih memilih investasi ini. Kelebihan reksadana jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, misalkan obligasi, saham dan emas tentu lebih banyak. Tetapi masing-masing investasi yang banyak sekali bermunculan di luar sana pasti menawarkan keunggulan dan kelemahan tersendiri. Tetapi ada alasan tersendiri mengapa investor reksadana di Indonesia semakin membludak dibandingkan dengan jenis investasi yang lain.

Kelebihan reksadana

Terutama bagi investor pemula, reksadana merupakan pilihan bijak dan berikut adalah beberapa keunggulannya. Keunggulan pertama adalah minimum investasi relative kecil, yaitu mulai dari Rp 500.000 atau Rp 1 juta. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang paling diminati oleh para calon investor. Untuk pembelian di bank, biasanya harga mnimal berkisar antara Rp 25 juta sampai Rp 50 juta. Emas memang bisa dibeli 1 gram, namun umumnya harga per gram untuk 1 gram jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan membeli 100 gram. Keunggulan kedua adalah likuid dan mudah untuk ditransaksikan. Reksadana sangat mudah ditransaksikan kapan saja selama jam kerja. Likuid berarti mudah dicairkan. Semua reksadana sangat mudah dicairkan, jadi jika Anda membutuhkan dana secara mendadak, maka Anda bisa menarik uang Anda saat itu juga. Hal ini sangat berbeda dengan instrument investasi lain, misalnya deposito. Deposito harus diambil pada jangka waktu tertentu. Karena jika belum dalam jangka waktu tersebut sudah diambil, maka Anda akan dikenai denda.

Kelebihan reksadana yang ketiga adalah transparansi dan satu harga. Apabila prosedur yang diberlakukan tepat, maka bisa dipastikan bahwa Anda sebagai investor bisa melakukan transaksi pada harga yang sama. Hal ini tidak melihat besar kecilnya dana yang diinvestasikan. Yang perlu diketahui adalah bahwa harga reksadana hnaya ada 1 dan dipublikasikan keesokan harinya. Harga ini berlaku untuk perintah transaksi yang dijalankan sebelum jam 12.00 WIB atau jam 13.00 WIB. Sebaliknya, saham mempunyai harga penutupan dan harga yang diperoleh oleh investor bisa berbeda tergantung pada bid and offer yang dilakukan selama transaksi. Jika dibandingkan dengan harga obligasi tentu berbeda. Karena harga obligasi kurang transparan karena kurang likuid.

Keunggulan keempat adalah pengelolaan professional. Investasi reksadana pada dasarnya dilakukan karena sang investor tidak mempunyai waktu, akses, jumlah dana atau kemampuan untuk melakukan investasi pada obligasi dan saham. Jika Anda sebagai pemain baru, Anda juga bisa menyerahkan dana investasi untuk dikelola oleh agen di manajer investasi. Jika pengelolaannya professional, maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal walaupun Anda awalnya menyetor dana cukup minim. Kemudian ketika Anda sudah merasa mampu untuk mengelola dana investasi dan memainkannya sendiri, Anda juga diberikan kesempatan untuk memainkannya dan dibantu oleh manajer investasi.

Kelebihan reksadana tersebut di atas menjadi jawaban mengapa para investor lebih melirik reksadana sebagai pilihan investasi yang tepat. Tetapi yang pelru Anda perhatikan adalah cara kita mengelola atau memainkan dana investasi kita. Karena sejatinya, baik buruknya suatu investasi itu akan tergantung pada pengelolaannya. Karena setiap instrument investasi mempunyai keuntungan dan kelemahan sendiri-sendiri.

Perhatikan hal-hal secara mendetail tentang instrument-instrumen investasi yang Anda inginkan. Jangan sampai Anda salah langkah kemudian menyesal. Jika Anda membutuhkan informasi terkait dengan macam-macam investasi, Anda bisa membaca di berbagai media, bertanya kepada manajer inevstasi maupun bertanya pada kenala Anda yang mempunyai pengalaman dalam memainkan investasinya.

]]>
Pengaruh NAB Reksa Dana Pada Nilai Return Anda http://infoduit.com/pengaruh-nab-reksa-dana-pada-nilai-return-anda Tue, 12 Jun 2012 10:19:54 +0000 http://infoduit.com/?p=3333 NAB reksa dana tentu sudah familiar di telinga para pemain reksadana. NAB reksa dana bisa mempertimbangkan nilai NAB ini sebelum memutuskan akan membeli atau menjual reksadana miliknya. Kemudian terkadang ada pertanyaan tentang jangka waktu investasi. Misalnya Anda menginvestasikan uang Rp 500.000 per bulan, lalu sang manajer investasi menahan uang Anda selama 1 tahun, apakah kemudian uang investasi Anda pada bulan ke-13 masa investasi tersebut bisa didapatkan seluruhnya?

NAB reksa dana

Perlu Anda ketahui jika return yang akan Anda dapatkan itu tidak terpengaruh oleh berapa lama jangka waktu Anda dalam berinvestasi, tetapi berapa kali dalam jangka waktu tersebut Anda melakukan transaksi. Misalnya jika investasi dilakukan rutin per bulan (jadi bukan hanya sekali investasi), maka investasi Anda yang berumur 1 tahun tersebut hanya yang diinvestasikan pertama kali. Jika ditilik pada kasus diatas MI menahan uang yang sebelum 1 tahun dan memang dapat diambil sebelum 1 tahun dengan syarat dikenakan finalty(denda). Maka jika rutin 500rb perbulan, dan misalnya dengan 500rb bisa membeli 10 Unit Penyertaan, maka dalam waktu 1 tahun bisa punya 10X12=120 ketika bulan 13, jika ingin diambil akan dihitung berdasarkan UP yang dibeli, karena yang berumur 1 tahun hanya yang bulan pertama investasi saja (10 UP), maka jika ingin diambil semua yang 110 UP nya akan kena penalty karena belum terhitung 1 tahun.

NAB reksa dana juga tetap berpengaruh pada keuntungan diversifikasi. Misalnya jika Anda menginvestasikan uang sejumlah Rp 500.000.000 di reksadana dan kemudian mempunyai beberapa jenis saham, salah satunya adalah saham ABC. Kemudian pada hari berikutnya, nilai saham dari perusahaan ABC turun sebanyak 25%. Karena di dalam reksadana, diversifikasi ini bernilai 1%, maka Anda hanya akan kalah senilai 50.000 saja. Berbeda jika Anda menanam saham secara langsung, maka Anda akan mengalami kerugian sebesar 25% dari dana awal Anda, jadi uang Anda tinggal Rp 3.750.000.

Jadi, yang berpengaruh terhadap nilai investasi atau return Anda adalah nilai NAB/UP. Misalnya pada bulan Januari Anda berinvestasi sebesar Rp 10 juta pada reksadana yang mempunyai NAB/UP sebesar Rp 10.000. Maka, jumlah UP reksadana yang Anda punyai adalah 1.000 unit. Kemudian pada bulan maret, kebanyakan harga saham mengalami penurunan. Hal ini juga membuat nilai NAB/UP turun menjadi Rp 9.000 dan Anda masih mempunyai 1.000 unit walaupun dengan total nilai investasi Anda yang berkurang, yaitu menjadi senilai Rp 9 juta. Selanjutnya pada bulan Juni, ada peningkatan terhadap nilai NAB/UP ke angka Rp 11.000. berarti nilai investasi Anda di bulan ini juga mengalami peningkatan. Jumlah UP yang Anda miliki tetap sebesar 1.000 unit tetapi mempunyai nilai investasi sebesar Rp 11 juta.

NAB reksa dana akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan keuangan Anda di masa depan. Misalnya Anda pada usia 10 tahun mendapatkan warisan dari orang tua sebesar Rp 5 juta, maka sebaiknya Anda memanfaatkannya untuk berinvestasi, jangan hanya ditabung di bank. Karena jika Anda menginvestasikannya dengan return sebesar 20% per tahun, maka pada beberapa tahun mendapatng ketika Anda sudah benar-benar membutuhkan uang tersebut, uang tersebut akan berlipat jumlahnya.

Jika dihitung dengan nilai return sebanyak 20% per tahun, maka ketika Anda pada usia 18 tahun dan sudah lulus SLTA, investasi Anda sudah mencapai Rp 21,5 juta. Sebaliknya, jika Anda menunggu uang tersebut sampai Anda lulus Universitas, maka investasi Anda akan bernilai Rp 64,2 juta. Benar-benar mengagumkan dan dengan uang investasi sebesar itu, Anda bisa mempunyai masa depan gemilang. 

]]>
Investasi Reksa Dana http://infoduit.com/investasi-reksa-dana Tue, 12 Jun 2012 10:14:38 +0000 http://infoduit.com/?p=3317 Investasi reksa dana adalah investasi yang cara kerjanya dilakukan secara kolektif. Investasi reksa dana ini memberikan kesempatan bagi Anda yang hanya mempunyai modal terbatas tetapi masih bisa meramaikan pasar saham. jadi, dana Anda dan juga dana para investor lain dikumpulkan dan disatukan dalam wadah investasi untuk kemudian dikelola secara professional. Nantinya, investasi ini dikelola oleh manajer investasi profesional, seperti Manulife, Fortis, Schroder, Trimegah, Danareksa, Bahana, dan lain sebagainya.

Investasi reksa dana

Setelah Anda menyetor dana atau modal Anda kepada manajer investasi, kemudian manajer investasi ini akan mengelola dana Anda yang sudah terkumpul dengan menginvestasikannya ke berbagai macam produk investasi, misalnya deposito, saham, surat utang, dan lain sebagainya. Untuk masing-masing manajer investasi, biasanya mempunyai mempunyai beberapa produk yang dapat Anda pilih. Misalnya saja Fortis. Fortis mempunyai beberapa produk, seperti Fortis Equitra, Fortis Pesona, Fortis Ekuitas dan juga Fortis Solaris. Masing-masing produk ini mempunyai karakteristik masing-masing, misalnya Fortis Ekuitas. Produk ini biasanya mengelola dana yang ada untuk membeli saham apa saja, seperti Telkom, Astra International, Perusahaan Gas Negara, Bank Mandiri, dan lain sebagainya.

Investasi reksa dana ini harus dipilih dengan pertimbangan yang matang. Jadi, sebelum Anda membeli produk investasi ini, Anda harus tahu tujuan Anda dalam berinvestasi. Karena setelah Anda melihat tujuan investasi apa yang cocok untuk Anda, maka kemudian Anda akan mampu menentukan produk mana yang cocok, berapa lama investasinya dan juga berapa besar jumlah investasinya. Reksadana bisa dibeli di beberapa Bank, misalnya Bank Mandiri, HSBC, Commonwealth dan juga bisa dibeli ke manajer investasi langsung. Tetapi yang perlu diingat adalah tidak semua manajer investasi menawarkan pembelian langsung. Jika ada manajer investasi yang menawarkan pembelian langsung, keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah Anda akan mendapatkan jumlah minimum pembelian yang lebih besar atau lebih kecil daripada pembelian di bank. Pastinya,membeli produk dari manajer investasi tent lebih murah.

Untuk mengetahui jenis reksadana apa yang akan Anda beli dan yang dirasa cocok untuk Anda, Anda bisa menentukan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, Anda harus mengetahui tujuan Anda berinvestasi. Apakah untuk pendidikan anak, untuk membeli properti maupun tujuan lainnya. Dan pastinya kapan Anda membutuhkan dana untuk tujuan tersebut? Nah setelah Anda menegtahui hal-hal tersebut, baru kemudian Anda memilih jenis produk yang sesuai dengan toleransi resiko dan kebutuhan Anda, berapa lama perlu berinvestasi dan juga berapa besarannya. Setelah itu, Anda bisa meneliti reksadana mana yang sesuai dengan tujuan Anda.

Investasi reksa dana pada dasarnya ada 4 jenis, yaitu reksadana pasar uang (RDPU), reksadana pendapatan tetap (RDPT), reksadana campuran (RDC), dan reksadana saham (RDS). Yang pertama akan kita bahas adalah reksadana pasar uang (RDPU). Reksadana ini mempunyai potensi imbal hasil sebesar 7% per tahun dengan asumsi waktu investasi minimal 5 tahun (short term). Reksadana ini hampir tidak mempunyai gejlak harga yang besar dan return-nya pun juga tidak setinggi reksadana yang lain. Contoh produknya adalah danareksa Seruni, PNM PUAS, Bahana Dana Likuid, Manulife Dana Kas, dan lain sebgainya. Jenis yang kedua adalah reksadana pendapatan tetap (RDPT). Jenis ini mempunyai potensi imbal hasil 10% per tahun dengan asumsi waktu investasi antara 5-10 tahun (medium term). Contoh produknya adalah danareksa Melati, Batavia Dana Obligasi Ultima, Manulife Obligasi Negara Indonesia, Mandiri Investa Keluarga, Trim Dana Stabil.

Jenis ketiga adalah reksadana campuran (RDC). Jenis ini mempunyai imbal hasil sampai 20% per tahun dengan asumsi jangka waktu di atas 10 tahun (long term). Contoh produk adalah Schroder Dana Terpadu II, Schroder Dana Prestasi, Fortis Equitra, Fortis Pesona, Trim Syariah Berimbang dan Manulife Tumbuh Berimbang. Jenis keempat adalah reksadana saham (RDS) yang mempunyai imbal hasil sampai 25% per tahun. Jangka waktu yang dibutuhkan lebih dari 10 tahun (long term). Contoh produknya adalah Ekuitas, Fortis Pesona, Schroder Dana Istimewa, Schroder Dana Prestasi Plus, Schroder Dana Investa, Mandiri Investa Atraktif, Mandiri Investa Atraktif Syariah, Manulife Saham Andalan.

]]>
Manfaat Diversifikasi Pada Investasi Reksadana http://infoduit.com/manfaat-diversifikasi-pada-investasi-reksadana Tue, 12 Jun 2012 10:05:43 +0000 http://infoduit.com/?p=3291 Investasi reksadana merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh manajer investasi. Investasi reksadana yang tertuang dalam Portofolio Efek ini berupa bermacam-macam instrument surat berharga, misalnya obligasi, saham, instrument pasar uang atau campuran dan instrument-instrumen di atas.

Investasi reksadana

Lalu mengapa investasi reksadana harus berada dalam bentuk Portofolio Efek? Hal ini sama dengan pepatah kuno yang mengatakan “jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang”. Reksa dana sama halnya dengan pepatah ini. Karena artinya adalah untuk meminimalkan kerugian dan sebaliknya mengoptimalkan keuntungan, diperlukan diversifikasi ini. Jadi, apabila nantinya ada yang mengalami kerugian tidak hanya terpusat pada satu bidang saja yang akan mengakibatkan kerugian maksimal. Jadi, keuntungan yang akan didapat juga akan lebih bervariasi dan kerugian di satu bidang akan bisa ditutupi oleh keuntungan di bidang yang lain.

Investasi reksadana kemudian muncul sebagai akibat dari para calon investor yang mengalami kesulitan untuk membina dan melakukan investasi sendiri pada surat-surat berharga, misalnya saham, obligasi, deposito dan uang kas. Kesulitan ini bisa brupa tenaga, waktu dan informasi untuk melakukan analisa, memonitor kondisi pasar dan lain sebagainya. Selain itu, dana yang relative besar untuk dapat berinvestasi di bidang surat-surat berharga tersebut juga merupakan kendala tersendiri. Dan sekarang semua itu bisa dihandle oleh reksadana. Dan inilah yang membuat reksadana semakin popular di kalangan pemain investasi karena keuntungan yang didapat.

Keuntungan yang didapat dari bermain reksadana adalah sebagai berikut. Keuntungan pertama adalah akses kepada instrument investasi yang awalnya sulit untuk dilakukan sendiri, yang meliputi obligasi, saham dan instrument lainnya. Keuntungan kedua adalah pengelolaan investasi secara professional oleh manajer investasi. Tidak hanya itu, administrasi investasi juga dilakukan oleh bank custodian. Jadi, dengan berinvenstasi di reksadana, Anda bisa bebas dari pekerjaan memonitor, menganalisa dan juga hal-hal administrasi lainnya. Keuntungan ketiga adalah diversifikasi investasi secara otomatis. Karena dengan pengelolaan portofolio investasi oleh reksadana, maka secara otomatis dana Anda juga akan terdiversifikasi. Keuntungan empat adalah hasil investasinya bukan merupakan objek pajak. Hal ini dikarenakan kewajiban pajak sudah dipenuhi oleh reksadana.

Investasi reksadana juga mempunyai keuntungan yang kelima yaitu masih tentang objek pajak. Karena kupon dari obligasi juga bkan merupakan objek pajak. Keuntungan keenam adalah mempunyai likuiditas tinggi. Dan juga unit penyertaan atau satuan investasi dalam reksadana dapat dibeli dan dicairkan setiap hari melalui manajer investasi. Keuntungan ketujuh adalah dana awal untuk investasi ini sangat kecil, yaitu mulai Rp 200.000 dan sudah mempunyai hak untuk mendapatkan semua keuntungan tersebut di atas.

Jika ditinjau secara luas, reksadana tidak hanya bermanfaat bagi para investor saja tetapi juga bagi emiten, pemerintah maupun perusahaan yang membutuhkan dana investasi melalui penerbitan surat breharga. Karena dengan reksadana, dana investasi dapat menjangkau investor individu secara luas. Hal ini mengakibatkan dana yang terkumpul lebih besar. Berdasarkan bentuk hukumnya, jenis reksadana dibagi menjadi 2, yaitu reksadana beerbentuk perseroan dan juga reksadana berbentuk KIK (Kontrak Investasi Kolektif). Jenis reksadana yang pertama yaitu reksadana berbentuk perseroan ini merupakan emiten yang mempunyai kegiatan usaha untuk menghimpun dana dengan cara menjual saham melalui penawaran perdana (IPO). Kemudian selanjutnya dana dari penjuualan saham tadi diinvestasikan kedalam berbagai jenis Efek yang kemudian bisa diperdagangkan dalam paar uang dan juga pasar modal (portofolio Investasi). Kemudian jenis reksadana yang kedua adalah KIK (Kontrak Investasi Kolektif). Jenis ini merupakan kontrak antara manajer investasi dan juga bank custodian yang mengikat pemegang unit penyertaan. Kemudian manajer investasi diberikan wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif. Sedangkan bank custodian diberikan wewenang untuk melakukan penitipan kolektif.

]]>
Investasi CPO atau emas? http://infoduit.com/investasi-cpo-atau-emas Fri, 30 Dec 2011 08:56:14 +0000 http://infoduit.com/?p=389

Investasi CPO atau emas? Terkadang masyarakat bingung untuk menentukan keputusan mana yang paling tepat. Investasi CPO atau emas? Dua komoditas ini memang tengah menjadi perhatian dunia. CPO atau Crude Palm Oil merupakan saingan terberat emas dunia yang saat ini berada pada level US$1.372 per troy ounce. Peningkatan harga ini terjadi sekitar 30 persen dalam setahun terakhir. Analis memperkirakan harga emas akan berada dikisaran US$1.450 per troy ounce, sampai akhir tahun ini.

Data US Geological Survey (USGS) memperlihatkan bahwa produksi emas naik 2,26 ton menjadi 2.350 ton pada 2009. Produksi ini, 9,6 persen di bawah puncaknya pada 2001. Seorang pengamat emas mengamati bahwa penurunan produksi telah membuat harga emas melambung tinggi. Dalam satu dekade, harga emas naik dari US$275 troy ounce (1 troy ounce setara 31,1 gram) menjadi lebih dari US$1.300 pada bulan ini. Sementara itu, harga CPO dunia saat ini mencapai level US$890 per ton. "Hingga akhir tahun, harganya akan berada dikisaran US$900–950 per ton. Artinya, ada kenaikan sekitar 40,11 persen dibandingkan rata-rata harga CPO pada tahun lalu (2009), yakni di level US$678 per ton. Nilai itu jauh lebih tinggi dari ekspektasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) yang hanya memprediksikan naik sebesar 12 persen.

Investasi CPO atau emas? Mungkin Anda bisa mulai menentukan pilihan dengan melihat perkembangan yang terjadi saat ini. Karena kenaikan harga ini juga disebabkan tidak seimbangnya antara permintaan dan ketersediaan barang untuk CPO. Riset OSK Investment meningkatkan target price earning ratio (PER) untuk saham perkebunan dari 15 kali menjadi 18 kali untuk tahun 2011. Minimnya produksi CPO dunia tak terlepas karena faktor cuaca yang tidak menentu, curah hujan yang tinggi, serta adanya ancaman badai La Nina. Imbasnya, harga pun terus membumbung dan marjin keuntungan yang diperoleh perusahaan berbasis CPO menjadi semakin besar.

Kondisi ini diakui beberapa pelaku pasar sebagai kondisi positif (bulish). Jadi, komoditas Indonesia bulish sampai tahun 2011. Kondisi ini seharusnya dijadikan momentum untuk menambah portofolio investasi. Meski indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia juga tengah baik, ada baiknya sebagai diferensiasi portofolio investasi, mengalihkannya sebagian ke komoditas.

Investasi CPO atau emas? Berikut pertimbangannya. Emas memiliki stabilitas lebih baik ketimbang jenis investasi lainnya. Data Indonesia Commodity and Derivatives Exchange menunjukkan, volatilitas emas dalam satu tahun sebesar 18,7 persen. Ini yang menyebabkan China switch (beralih) investasi ke emas. Sementara itu, tingkat imbal hasil dari emas dalam dua tahun sebesar 27-30 persen.

Sedangkan Cpo yang mempunyai harga Rp7.235 per kilogram untuk pengiriman Oktober 2011. Investasi CPO memiliki tingkat pengembalian sebesar 13,75 persen. Sementara itu, periode yang sama tahun lalu, tingkat pengembalian investasi CPO minus 20 persen. Jadi, keputusan melakukan investasi adalah keputusan Anda secara pribadi. Hal itu akan tergantung pada selera Anda. Jika Anda menginginkan investasi dalam jangka waktu lama dan mempunyai resiko relative lebih kecil, Anda bisa memulainya dengan investasi emas. Sebelum Anda memulai berinvestasi, sebaiknya Anda tetap mengikuti perkembangan yang mendasar tentang nilai emas dan CPO di dunia. Serta, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan sang ahli yang akan membantu Anda menentukan keputusan. Sehingga Anda menghasilkan investasi yang menguntungkan dan terbebas dari kemungkinan merugi yang sangat rentan.

]]>