November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Sukses untuk Menjadi Franchisee (Mitra) yang Ideal

By admin - Wed May 30, 4:23 pm

Menjadi franchisee (mitra) yang ideal merupakan impian dan harapan banyak sekali pengusaha. Karena dengan menjadi menjadi franchisee (mitra) yang ideal tentu saja sama dengan menambah pundi-pundi keuntungan dari bisnis Anda. Dalam system franchise atau waralaba sendiri, keberadaan seorang seorang mitra pasti menjadi salah satu kebutuhan utama, selain modal usaha. Bahkan dukungan dan kiprah mitra inilah yang kemudian mempengaruhi keberhasilan bisnis franchise. Itulah mengapa kebanyakan franchise menerapkan system atau peraturan yang ketat dalam memilih mitra. Hal ini tentu saja dilakukan karena para franchisor tidak ingin nama baik brand-nya menjadi tercoreng akibat mitra yang tidak bertanggung jawab.

Menjadi franchisee (mitra) yang ideal

Sebenarnya yang perlu diingat jika Anda ingin membuka bisnis franchise adalah Anda tidak boleh berpikir untuk melimpahkan semua tanggung jawab kepada franchisor. Karena Anda sebagai mitra juga mempunyai kewajiban penuh untuk mengembangkan bisnis tersebut. Mengapa ada satu brand tetapi banyak franchisee-nya yang gagal? Karena keberhasilan bisnis ini juga bergantung pada Anda sebagai franchisee. Anda diwajibkan untuk menjaga nama baik brand yang ditawarkan dan juga mengikuti system kemitraan yang telah disepakati.

Menjadi franchisee (mitra) yang ideal harus dilakukan dengan beberapa tips berikut ini. Pertama, sebaiknya mulailah dengan menyukai peluang bisnis yang akan Anda geluti. Karena bagaimanapun juga, adanya passion atau kecntaan Anda terhadap suatu bidang akan memudahkan jalan dan langkah Anda. Intinya, jika Anda menyukai bidang bisnis Anda sendiri, maka Anda juga akan menjalankannya dengan lebih optimal. Dengan kata lain, Anda akan merasa memiliki sepenuhnya bisnis tersebut. Sehingga kemungkinan untuk meninggalkan tanggung jawab di tengah perjalanan semakin kecil.

Kedua, berikan peran aktif untuk bisnis franchise yang Anda jalankan. Walaupun usaha franchise tidak sepenuhnya meminta peran aktif Anda dalam perputaran bisnis ini, tetapi tidak seharusnya Anda hanya berpangku tangan dan menunggu laba. Anda harus berusaha sekreatif mungkin untuk meningkatkan level bisnis Anda. Misalnya Anda berhasil meraup keuntungan yang sangat tinggi di satu franchise dengan inovasi dengan memberikan diskon setiap bulan dan pengadaan acara tertentu. Jika keuntungan Anda meningkat, tentu Anda bisa membuka cabang atau franchise baru lagi dan mengulang kesuksesan yang sama atau bahkan lebih sukses. Karena Anda juga memiliki tugas yang sama untuk memperkenalkan dan mengembangkan bisnis tersebut di pasaran. Jadi tidak hanya menginvestasikan sejumlah dana saja, tetapi Anda juga memberikan tenaga dan pikiran Anda untuk mengembangkan bisnis franchise yang Anda geluti.

Menjadi franchisee (mitra) yang ideal juga bisa ditempuh dengan langkah ketiga, yaitu dengan mengikuti system franchise yang berlaku. Hal ini sebenarnya sudah sewajarnya karena seorang mitra memang harus mematuhi dan mengikuti segala system yang telah ditetapkan franchisor dalam perjanjian kemitraan. Sehingga kerjasama yang terjalin pun akan berjalan dengan baik tanpa ada perselisihan antara franchisor dan franchisee-nya.

Keempat, meningkatkan ilmu dan skill di dunia usaha. Sebagai mitra juga sama halnya dengan seorang pengusaha murni, yaitu dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan kemampuan yang luas di bidang yang Anda geluti. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda, terutama ketika Anda membutuhkan strategi-strategi brilliant untuk ditanamkan ke dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga membutuhkannya untuk membangung image dan citra yang lebih baik daripada brand yang ditawarkan. Semoga sukses!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS