November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

TIPS PENGEMASAN AMAN UNTUK PROSES PENGIRIMAN KUE

By admin - Wed Jan 29, 2:03 pm

Kemasan kue akan berpengaruh pada kondisi kue yang ada di dalamnya, terutama jika kue tersebut diantarkan. Kemasan kue selain diperhatikan dari segi estetika juga harus diperhatikan tentang fungsi utamanya sebagai pelindung kue tersebut. Promosi di dunia maya sekarang ini juga sudah merambah ke bisnis cake and bakery. Itu artinya, kemungkinan kue akan rusak saat proses pengiriman akan sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan saat menerimanya. Walaupun foto kue tersebut sangat menarik tetapi ketika sampai di tangan sudah berantakan, tentu saja akan membuat konsumen tersebut kapok membeli kue di usaha Anda bukan? Itulah pentingnya memperhatikan kemasan produk.

Kemasan kueBeberapa pelaku usaha di bidang kuliner, khususnya cake and bakery memang masih kesulitan untuk mengirimkan produk mereka dalam kondisi prima sampai tempat tujuan. Nah untuk mengurangi masalah tersebut, berikut ini beberapa cara pengemasan kue agar tetap prima dan tidak rusak di jalan:

  • Perhatikan tekstur dan ukuran kue. Untuk kue yang bisa diantar, sebaiknya dikhususkan untuk jenis kue yang teksturnya agak keras dan renyah sehingga bisa tahan lebih lama. Tetapi jika memang konsumen Anda menginginkan kue dengan tekstur basah dan lembut, sebaiknya pastikan konsumen mengetahui resikonya dan pilihlah jasa ekspedisi yang menyediakan paket pengiriman satu hari. Walaupun harganya lebih mahal, tetapi aman sampai ke tempat tujuan. Beberap jasa ekspedisi yang mempunyai layanan antar satu hari antara lain Tiki Ons, JNE Yes, dan lain sebagainya.
  • Perhatikan waktu produksi dengan tanggal pengiriman. Pastikan proses produksi dengan tanggal pengiriman tidak terpaut jauh. Misalnya jika tanggal 29 Januari akan dilakukan pengiriman, pilihlah produk yang baru diproduksi di tanggal 28 Januari pada sore hari. Dengan begitu, ketika kue sampai ke tangan pembeli masih terjaga kualitasnya.
  • Cek bahan kemasan kue serta metode pengemasannya. Untuk mengemas kue kering, Anda bisa menggunakan toples kedap udara, toples plastika mika yang pinggirnya direkatkan plester bening, atau plastik yang dimasukkan lagi ke dalam kotak kemasan. Sebaliknya jika Anda mengemas kue basah, sebaiknya tata dengan rapid an rapat. Pastikan tidak ada rongga yang memungkinkan kue tersebut bergerak dan hancur.
  • Lapisi kemasan kue dengan kotak atau kardus yang cukup tebal dengan tambahan ganjalan berupa Styrofoam atau kertas koran. Hal ini untuk menghindari kerusakan atau kue penyok selama perjalanan.
  • Kemasan kue harus diperlakukan secara istimewa saat proses pengiriman. Anda bisa memberitahukan kurir bahwa barang yang Anda kirimkan berupa kue. Jika memungkinkan, pilihlah metode pengiriman yang aman (biasanya akan ditanya apakah dikirim seperti paket biasa atau istimewa). Walaupun harganya berbeda, tetapi kue tersebut bisa sampai ke tangan konsumen dalam keadaan fresh dan bagus.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS