November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Merencanakan Keuangan Untuk Liburan

By admin - Wed May 23, 5:03 pm

Merencanakan keuangan untuk liburan terkadang masih dipandang sebelah mata. Merencanakan keuangan untuk liburan dirasa tidak penting dan buang-buang waktu saja. Liburan merupakan kegiatan yang menyenangkan dan diinginkan oleh semua orang. Karena dengan liburan kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas baru yang juga seru, baik dengan keluarga maupun dengan teman-teman. Terutama bagi sebagian besar masyarakat kota-kota besar, mereka pasti membutuhkan liburan untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Merencanakan keuangan untuk liburan

Liburanpun bisa dipilih sesuai dengan harapan atau keinginan. Misalnya liburan dengan melakukan bepergian ke luar kota, berkunjung ke tempat sanak saudara, berkunjung ke tempat-tempat rekreasi, maupun sekedar diam di rumah dengan melakukan aktivitas yang menjadi hobi. Alasan sebagian besar orang tidak mau merencanakan keuangan untuk liburan adalah berencana untuk tetap irit. Tetapi kenyataan pada akhirnya justru keluar uangnya lebih banyak lagi. Dan hal ini juga akan semakin membuat Anda terbebani.

Merencanakan keuangan untuk liburan akan bertujuan menyelamatkan dana tabungan yang dialokasikan bukan untuk liburan. Di sini Anda harus bisa menyiasati liburan tanpa harus menguras dana ekstra yang membuat pusing kepala kita. Berikut ini beberapa tips untuk melakukan "Smart Holiday". Untuk tetap bisa mewujudkan liburan impian kita ini tanpa harus menimbulkan beban keuangan dikemudian harinya, antara lain dengan:

  1. Buatlah rancangan rencana liburan Anda, kemudian tetapkanlah kapan Anda akan melakukan liburan itu.
  2. Carilah informasi selengkapnya mengenai liburan tujuan Anda.
  3. Mulailah membuat estimasi anggaran liburan Anda
  4. Jika Anda memiliki kartu kredit, maka jangan lupa untuk mencari paket promosi liburan murah.
  5. Jika ternyata Anda memiliki dana yang terbatas maka Andapun tetap bisa merancang acara liburan dirumah dengan keluarga Anda ataupun dengan mengundang teman – teman Anda ke rumah. Dijamin suasananya pun pasti tak kalah seru.

Merencanakan keuangan untuk liburan akan membantu Anda mendapatkan suasana liburan yang menyenangkan dan bebas masalah. Karena sudah sepatutnya kerja keras dimbangi dengan liburan atau wisata. Sama halnya dengan bekerja, liburan atau wisata juga menjadi kebutuhan hidup manusia. Liburan bukan hanya wadah untuk melepas kepenatan seusai bekerja dan mengahadapi hiruk – pikuk kemacetan jalan ibukota, tetapi juga bisa menghilangkan stress. Bahkan bukan tidak mungkin, dengan berlibur kita akan mendapat inspirasi yang baru. Alangkah baiknya, liburan disertai dengan perencanaan yang tepat. Misalnya, setahun sekali, kita berencana melancong ke suatu tempat untuk berwisata. Perencanaan itu sebaiknya sudah dibuat sejak awal tahun. Sehingga ketika waktunya tiba, kita tidak perlu sibuk untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Begitu pula dengan rencana keuangan untuk berlibur yang harus dirancang pada awal tahun. Sebab, Liburan yang membutuhkan pembiayaan pada dasarnya merupakan salah satu tujuan keuangan. Berlibur tidak jauh berbeda dengan keinginan kita membeli mobil, rumah, atau lainnya. Semua membutuhkan dana yang cukup. Dana tersebut sebaiknya sudah disiapkan dari jauh – jauh hari. Berikut adalah perencanaan yang harus Anda lakukan:

  1. Tentukan tempat liburan. Sesuaikan tempat liburan dengan karakter anggota keluarga, Jika ada yang menyukai pantai dan gunung. Pilihlah tempat liburan yang terdapat pantai dan gunung. Dengan menentukan tempat terlebih dahulu maka dapat memperhitungkan berapa besar biaya yang dikeluarkan.
  2. Sisihkan uang untuk biaya liburan. Jika sudah merencanakan untuk liburan di akhir tahun, sebaiknya setiap bulan menyisihkan uang sedikit demi sedikit dari pengeluaran bulanan keluarga untuk biaya liburan akhir tahun ini. Lakukanlah perhitungan kebutuhan uang yang kira-kira digunakan untuk biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan dan minum selama liburan, biaya kunjungan ke objek wisata, dan biaya pembelian oleh-oleh.
  3. Lakukan pembelian tiket dari sekarang. Belilah tiket dari saat Anda sudah merencanakan untuk liburan bila menggunakan jasa transportasi pesawat atau kereta api. Selain biasanya harga tiket lebih murah dan tentunya Anda dan keluarga sudah mendapat kepastian tempat duduk.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS