November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Mensukseskan Marketing Bisnis

By admin - Mon Apr 09, 3:36 pm

Marketing bisnis penting dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Marketing bisnis akan sangat bermanfaat ketika Anda serius membangunnya. Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia ternyata bukan hanya menyerap jumlah tenaga kerja yang cukup banyak, namun juga diiringi persaingan pasar yang semakin hari semakin ketat. Kondisi inilah yang sekarang ini memaksa sebagian besar pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan strategi pemasaran bisnisnya.

Hal ini cukuplah penting, sebab tanpa strategi pemasaran yang unik, bisa dipastikan bila bisnis yang mereka jalankan akan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar dan gagal mencapai target penjualan yang ditentukan perusahaan. Oleh karena itu, dalam mengembangkan sebuah usaha, diperlukan tips pemasaran bisnis yang disukai oleh para pelanggan agar produk yang Anda tawarkan laris manis di pasaran.

Marketing bisnis

Marketing bisnis tentu membutuhkan beberapa tips pemasaran efektif yang bisa Anda jalankan untuk merangkul calon konsumen. Pertama, dengarkan konsumen dan pahami kebutuhan mereka. Sebagian besar konsumen akan merasa senang apabila mereka diperhatikan dengan baik oleh para pelaku usaha. Karenanya, sebisa mungkin dengarkan keinginan maupun keluhan yang mereka sampaikan dan pahami kebutuhan yang mereka cari. Dengan menciptakan kebutuhan yang mereka cari, tidak menutup kemungkinan bila konsumen Anda akan semakin loyal dengan produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Kedua, bangun komunikasi pemasaran yang efektif. Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam dunia pemasaran. Segala macam produk maupun jasa dapat diterima pasar apabila kita menginformasikannya dengan komunikasi yang baik dan menarik. Faktor inilah yang membuat komunikasi pemasaran sangat dibutuhkan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan minat dan meyakinkan konsumen agar segera mengambil keputusan dan mencari informasi lebih lanjut tentang produk serta jasa yang Anda tawarkan.

Marketing bisnis juga akan berjalan lancer dengan menerapkan tips ketiga, yaitu berusaha mengikuti perkembangan teknologi. Sekarang ini tidak hanya pemasaran tradisional yang disukai para konsumen. Bahkan bisa dikatakan konsumen sudah mulai bosan dengan strategi pemasaranjadul (jaman dulu) yang sering dijalankan para sales produk, sehingga sebagai pelaku pasar Anda harus pintar-pintar mengikuti perkembangan teknologi yang belakangan ini marak digunakan masyarakat. Misalnya saja seperti mengandalkan media online(website) untuk mempromosikan produk, menggunakan situs jejaring sosial (facebook atau twitter) untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta masih banyak lagi marketing trends lainnya yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Keempat, butuh testimoni atau pengakuan langsung dari para pelanggan. Terkadang calon konsumen lebih mudah percaya terhadap suatu produk maupun jasa yang direkomendasikan langsung oleh kerabat maupun teman dekat yang ada di sekitar mereka. Pengakuan dari para pelanggan yang sudah mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa Anda, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak heran bila mereka semakin yakin untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Selanjutnya, Anda juga harus memisahkan antara barang yang bagus dan barang yang jelek. Selain itu, Anda juga harus membedakan harga sesuai kualitas produknya. Bukan menyamakan semua produk tanpa melihat kualitas produknya. Dalam dunia marketing bisnis kita mengenal banyak jenis produk yang bisa dipasarkan. Tapi, faktanya justru sebaliknya. Sebagian besar malah mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dari “Cacat Produk”. Ini tentu akan merugikan pelanggan dan akan membuat pelanggan tidak percaya lagi dengan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS