November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

TIPS MENGHADAPI PERSAINGAN DI DUNIA BISNIS

By admin - Tue Mar 04, 3:01 pm

Persaingan di dunia bisnis adalah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh pebisnis manapun. Persaingan di dunia bisnis bisa dikatakan sebagai ujian yang harus dilewati untuk mengetahui apakah bisnis kita layak maju terus atau tidak. Jika selama ini kita sering menganggap competitor sebagai saingan, maka sekarang kita bisa menganggapnya sebagai mitra bisnis. Bisakah? Kenapa tidak? Walaupun memang dibutuhkan strategi khusus untuk bisa memenangkan pasar, tetapi sebaiknya kita tidak langsung membuat cap saingan terhadap competitor kita.

Persaingan di dunia bisnisNah berikut ini beberapa tips untuk menjadikan competitor sebagai mitra bisnis:

  1. Mempelajari kelebihan dan kelemahan competitor. Karena bisnis apapun tidak ada yang sempurna. Jadi, Anda harus bisa membuat analisa tentang kelebihan dan kelemahan Anda; misalnya tentang kelemahan manajemen, kualitas produk, kelemahan promosi, feed back produk, dan kekurangan sumber daya. Dengan mempelajari apa yang bisnis Anda dan bisnis competitor miliki, maka Anda bisa mengevaluasi secara positif dan mengembangkan bisnis dengan lebih baik.
  2. Jadikan competitor sebagai mitra bisnis. Persaingan di dunia bisnis sebaiknya tidak selalu dijadikan Patokan. Misalnya Anda mempunyai bisnis mie ayam. Perhatikan sekeliling Anda. Jika samping Anda adalah usaha es, kenapa tidak dicoba jadi mitra bisnis? Anda bisa mengajukan penyatuan bisnis tersebut atau dengan menempati tempat yang sama tetapi dengan booth yang berbeda seperti sistemnya food court. Jadi konsumen bisa menikmati mie ayam dan varian es dari mitra Anda. Cara ini bisa meningkatkan kredibilitas dan juga variasi produk sehingga konsumen yang datang lebih banyak.
  3. Jangan remehkan competitor Anda. Meremehkan competitor justru akan menghancurkan bisnis Anda sendiri. Karena bisa saja competitor mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis kita. Walaupun competitor tersebut skalanya masih kecil, tetapi jika diabaikan dan dia mempunyai keunggulan, jangan heran jika competitor tersebut bisa menyalip usaha kita. Terutama jika produk atau jasa yang Anda jual hampir mirip dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh competitor. Jangan pernah memberikan penilaian negatif tentang competitor kepada konsumen Anda, misalnya “jangan beli di toko A, produknya cepat rusak”, dan sebagainya.
  4. Jangan diam saja jika competitor Anda melakukan plagiat. Persaingan di dunia bisnis memang ketat. Sedikit saja praktek plagiarisme muncul maka sedikit demi sedikit akan terus berkembang. Plagiarisme adalah hal yang menjadi sangat mainstream akhir-akhir ini. Perhatikan jika ada competitor yang mendompleng cara Anda memasarkan, jenis-jenis produk dan konten yang Anda miliki. Jangan segan untuk konfirmasi pada yang bersangkutan agar tidak ada yang dirugikan.
  5. Selalu berusaha kreatif menghadapi persaingan. Di dunia bisnis, kreatif menjadi kunci kesuksesan untuk memenangkan pasar. Anda bisa terus mengasah tingkat kreatif Anda untuk terus berinovasi dan menjaga kualitas bisnis Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS