December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Menentukan Lokasi untuk Bisnis Makanan dan Minuman

By - Thu Nov 27, 4:29 pm

Menentukan lokasi usaha seperti yang diketahui banyak orang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu usaha. Menentukan lokasi usaha untuk usaha kuliner bisa ditentukan melalui beberapa pertimbangan berikut ini, antara lain:

Menentukan lokasi usaha

  • Lihatlah traffic atau lalu lintas orang. Artinya, ketika Anda ingin menentukan sebuah lokasi, pastikan lokasi tersebut sering dilewati banyak orang setiap saat. Jika Anda sempat terpikir untuk mencari lokasi di plaza atau mall, sebaiknya Anda berpikir ulang. Kenapa? Karena biaya sewa di mall pastinya sangat mahal. Jika Anda masih awal merintis bisnis ini dan belum mempunyai nama di dunia bisnis kuliner, sebaiknya jangan mengambil resiko untuk mengeluarkan terlalu banyak modal untuk sewa lokasi. Alihkan pandangan Anda ke lokasi lain yang strategis selain mall, seperti dekat pasar, perkantoran atau perumahan.
  • Jangan memilih lokasi yang terlalu menjorok ke dalam jika lokasi Anda di outdoor. Jika Anda ingin membuka usaha di lokasi yang mana banyak sekali usaha kuliner yang lain (semacam foodcourt), maka sebaiknya jangan memilih lokasi yang paling ujung. Karena biasanya calon konsumen yang berjalan- jalan dan melihat- lihat hanya akan berjalan sampai tengah kemudian menentukan warung mana yang akan mereka singgahi. Jadi potensi yang paling ramai adalah paling depan sampai tengah.

Menentukan lokasi usaha juga harus mempunyai daya tarik tersendiri. Jika lokasi Anda mempunyai daya tarik, maka banyak konsumen yang akan mendatangi lokasi Anda. Jika tempat Anda ramai, maka akan semakin banyak orang lewat yang menjadi penasaran dan akhhirnya mencoba. Sebaliknya, jika tempat usaha Anda sepi pembeli, maka orang lain pun akan segan jika ingin mampir ke lokasi Anda karena takut mahal, tidak enak, dan lain sebagainya. Nah, untuk membantu Anda mencari daya tarik lokasi yang Anda inginkan, berikut ini beberapa jenis daya tarik yang harus Anda miliki:

  • Tempatnya bersih dan nyaman. Faktor yang satu ini tentu sudah menjadi rahasia umum yang bisa membuat konsumen betah untuk kembali ke warung Anda. Nah untuk jenis kenyamanan ini lah yang bervariasi. Misalnya untuk kafe untuk anak muda, Anda bisa membuat mejanya cukup untuk 2 orang dan ada yang 4 orang. Sedangkan untuk warung Padang, biasanya disediakan meja yang lebih besar dan kursi yang lebih banyak. Jadi, ketika Anda membuka usaha, bayangkan penataan dan kenyamanaan seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda ketika berkunjung ke warung Anda.
  • Desain yang unik dan menarik.
  • Adanya paket spesial atau diskon. Misalnya untuk rombongan lebih dari 10 orang, Anda memberikan diskon 10%. Dengan banyaknya sosial media sebenarnya Anda bisa melakukan promosi melalui promo di sana, misalnya mendapatkan gratis minuman gratis jika sudah mengajak 5 teman untuk like fanpage warung Anda, dan lain sebagainya.

Menu makanan yang Anda sajikan harus membangkitkan rasa penasaran dan menggugah selera. Menentukan lokasi usaha tentunya tidak terlepas dari rasa masakan itu sendiri. Maka kualitas inilah yang harus Anda nomor- satukan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513