August 31 2014
  • 1
Jakarta, ID - 30 °CPartly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Tips Mendapatkan Pelanggan

By admin - Tue Jul 03, 4:40 pm

 

Mendapatkan pelanggan adalah salah satu tujuan yang diinginkan oleh semua usaha, baik usaha kecil, menengah maupun besar. Mendapatkan pelanggan juga tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas pelaku usaha. Untuk mendapatkan pelanggan, ada beberapa strategi yang harus pilih sesuai dengan karakteristik usaha dan produk Anda. Bahkan banyak sekali pebisnis yang menggunakan cara yang sedikit ekstrem untuk bisa menarik perhatian dan simpati dari calon konsumen yang mereka incar.

Mendapatkan pelanggan

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempromosikan produk unggulan Anda serta menarik simpati banyak calon konsumen. Tips pertama adalah dengan menciptakan sesuatu yang berbeda. Anda harus tampil beda dalam memproduksi atau memasarkan produk atau jasa Anda. Misalnya adalah restoran steak. Jika hampir semua restoran atau warung steak menjual steak per porsi, Anda bisa memanfaatkan langkah lain, misalnya menawarkan steak dengan harga daging per kilo. Jadi, konsumen Anda berhak memilih sendiri berapa kilo yang ingin dia konsumsi dan daging jenis mana. Hal ini akan membuat konsumen merasa lebih puas karena keinginannya dipenuhi dan tidak selalu harus mengikuti menu yang itu-itu saja.

Mendapatkan pelanggan juga bisa dilakukan dengan tips kedua, yaitu dengan menawarkan pemasaran kreatif melalui situs jejaring social. Situs jejaring social sekarang bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk sarana berkumpul dengan teman-teman lama saja, tetapi juga bisa menjadi media berbisnis. Anda bisa merealisasikan strategi pemasaran yang sudah Anda kuasai di dunia maya karena situs ini bisa dengan mudah dijangkau oleh konsumen dimanapun dan kapanpun. Selain itu, media ini terhitung murah dan mudah untuk promosi. Misalnya Anda memasang fan page produk Anda di facebook atau twitter dan memberlakukan beberapa promosi. Salah satunya adalah dengan memberikan bonus tiramisu apabila bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dengan benar dan mention ke fan page Anda. Dengan strategi ini, Anda bisa memperkenalkan fan page Anda ke calon konsumen lain yang merupakan teman dari pelanggan Anda di situs jejaring social tersebut. Jadi, jangan sia-siakan media jejaring social ini untuk menjaring lebih banyak konsumen.

Tips ketiga adalah dengan merangkul beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador Anda. kehadiran Brand Ambassador merupakan salah satu alat promosi yang efektif. Tetapi yang perlu diingat adalah Anda tidak harus menghabiskan budget promosi melalui tips ini. Anda bisa dengan lebih bijak memilih orang-orang di sekitar Anda atau di sekitar target market Anda yang mempunyai prestasi bagus. Misalnya Anda mengandeng siswa berprestasi di salah satu sekolah unggulan jika produk Anda berhubungan dengan dunia anak muda.

Mendapatkan pelanggan juga bisa dilakukan dengan mempraktikkan tips yang keempat, yaitu dengan melibatkan peran aktif para konsumen. Setelah Anda menggandeng Brand Ambassador, Anda juga harus berperan aktif melibatkan konsumen. Misalnya Anda membuka ajang lomba atau kumpul-kumpul bersama para konsumen. Hal ini bertujuan untuk membuat konsumen lebih loyal terhadap produk Anda.

Tips kelima adalah dengan menjadi solusi bagi permasalahan konsumen Anda. Untuk itu, Anda harus memahami kebutuhan konsumen dan jadikan produk Anda sebagai penjawab permasalahan tersebut. Misalnya di suatu daerah perumahan sangat sulit mendapatkan toserba. Jadi, masyarakat di sekitar perumahan tersebut harus keluar kompleks lebih jauh untuk membeli kebutuhan pokok. Dari situ Anda hadir dan memberikan apa yang mereka butuhkan, yaitu toserba yang lengkap dengan harga yang sesuai. Dengan melalukan terobosan-terobosan inilah Anda mampu mendapatkan pelanggan yang banyak dan loyal. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement