August 2 2014
  • 1
Jakarta, ID - 30 °CPartly Cloudy - Humidity: 62%
Advertisement

Tips Mencari Penghasilan Tambahan

By admin - Thu Aug 02, 4:33 pm

 

Penghasilan tambahan akan sangat membantu bagi Anda yang merasa gaji yang Anda terima masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan. Penghasilan tambahan biasanya dilakukan di luar kantor, yaitu melibatkan kemampuan dan hobi Anda sendiri. Sekarang ini kebutuhan hidup semakin menuntut Anda untuk bekerja lebih giat dan lebih kreatif. Kebanyakan kasus yang terjadi adalah seseorang tidak bisa hanya mengharapkan gaji dari satu pekerjaan saja. Untuk itulah Anda harus mulai memikirkan pekerjaan tambahan apa yang sesuai dengan kemampuan dan hobi Anda yang tentu saja prospeknya bagus. Berikut ini adalah daftar pekerjaan untuk menghasilkan penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan

Daftar pertama adalah forografer. Anda bisa memilih untuk menjadi fotografer biasa atau fotografer yang lebih professional. Jika Anda memilih menjadi fotografer biasa-biasa saja, berarti memang hanya cukup untuk menjadi uang tambahan saja. Perlengkapan yang Anda butuhkan adalah kamera dan beberapa perlengkapan tambahan. Anda bisa memanfaatkan musim awal masuk sekolah. Karena biasanya anak-anak sekolah akan membutuhkan persyaratan foto. Hal ini tentu saja masih cukup menjanjikan karena jumlah anak yang sekolah cukup banyak. Untuk pilihan kedua, yaitu sebagai fotografer professional, Anda bisa mendapatkan penghasilan sekelas CEO. Untuk menjadi fotografer professional tentunya Anda membutuhkan waktu yang lebih intens dan kemampuan yang tinggi.

Penghasilan tambahan yang kedua bisa diraih dengan menjadi translator freelance. Ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kemampuan untuk berbahasa asing dengan baik. Biasanya banyak penerbit buku yang membutuhkan banyak translator untuk buku-buku yang akan dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia untuk kemudian dijual di Indonesia. Usahakan Anda mengalihbahasakan dengan tepat dan sesuai dengan tema buku yang dialihbahasakan. Misalnya untuk menterjemahkan novel tentu menggunakan bahasa yang berbeda dengan terjemahan buku non-fiksi. Jika hasil Anda bagus, biasanya penerbit-penerbit ini akan memakai jasa Anda terus. Untuk memulainya, Anda bisa mengajukan lamaran ke beberapa penerbit buku di Indonesia. Jika pada akhirnya Anda direkrut untuk proyek terjemahan, gaji yang Anda dapatkan akan sangat lumayan.

Daftar pekerjaan kedua untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan membuat usaha jasa kurir pesanan belanjaan untuk Ibu rumah tangga. Jika Anda mau melakukan survey kecil-kecila, Anda pasti akan menemukan bahwa Ibu rumah tangga sangat membutuhkan jasa kurir yang akan membantunya membawa pesanan apabila dia sedang sibuk dan pembantunya juga sedang banyak pekerjaan di rumah. Untuk memulainya, Anda bisa mencari kurir yang bisa Anda gaji untuk kemudian mengambil dan mengantar pesanan para Ibu rumah tangga. Untuk jumlah pesanan sebaiknya tidak perlu dibatasi karena keuntungannya bisa diperoleh dari banyaknya orderan tersebut.

Penghasilan tambahan juga bisa bisa dilakukan dengan jenis pekerjaan yang keempat, yaitu menerima les-lesan paruh waktu. Ini jika Anda mahir di bidang tertentu, misalnya mengaji, Bahasa Inggris, matematika, dan yang lainnya. Biasanya les-lesan akan sangat ramai dan diminati untuk mata pelajaran yang sulit. Setiap kali pertemuan yang membutuhkan waktu 1 jam bisa diberi tarif sebesar Rp 40ribu-Rp50ribu. Bayangkan jika Anda dalam seminggu menghandle anak les 10, berapa rupiah yang akan masuk ke dalam kantong Anda? Jangan lupa juga untuk mencocokkan jadwal les dengan jadwal pulang kantor Anda. Jadi, Anda bisa mulai mengajar les pada malam hari.

Untuk daftar pekerjaan tambahan yang kelima adalah menjadi penulis lepas di surat kabar atau online. Hobi menulis memang menghasilkan banyak sekali keuntungan. Karena banyak sekali peluang usaha yang membutuhkan seorang penulis. Akan lebih bagus lagi jika Anda juga menguasai bahasa Inggris. Jika Anda menjadi seorang penulis lepas di kolom beberapa surat kabar nasional, maka akan mendapatkan fee sekitar Rp 400 ribu untuk sekali terbit. Jadi, Anda harus menjadi penulis yang produktif agar fee yang Anda dapatkan juga lebih banyak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement