November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Menabung Dengan Aman

By admin - Tue Apr 10, 5:00 pm

Tips menabung dengan aman akan menghindarkan Anda dari kerugian maupun keputusan yang salah dalam menyimpan uang Anda di bank. Tips menabung dengan aman juga sangat berguna untuk membantu merencanakan masa depannya dengan lebih baik. Terkadang masih ada beberapa gangguan yang harus dihadapi ketika menabung di bank. Gangguan ini adalah gangguan yang dapat menyebabkan jumlah uang Anda berkurang.

Tips menabung dengan aman

Beberapa gangguan tersebut antara lain sebagai berikut. Pertama adalah pencurian. Menabung di tempat-tempat tertentu pasti akan rawan pencurian. Menabung di celengan, dibawah kasur, atau di lemari akan sangat rawan oleh pencurian. Baik itu oleh pencuri, perampok, atau garong, ataupun oleh hal-hal yang lain.

Tips menabung dengan aman juga menghindarkan Anda dari gangguan kedua, yaitu inflasi. Adanya inflasi akan membuat nilai uang kita menjadi turun. Bila kita memiliki uang 100 juta saat ini dan uang itu dapat dibelikan satu unit mobil, maka dengan adanya inflasi uang 100 juta tidak akan cukup untuk membeli satu unit mobil di tahun depan. Gangguan ketiga adalah penyakit. Datangnya penyakit memang tidak bisa dikira-kira. Dengan datangnya penyakit dapat membuat uang tabungan kita menjadi berkurang untk biaya pengobatan. Apabila sakitnya masih sakit yan dihitung ringan seperti batuk dan pilek atau aksimal tipes mungkin tidak akan banyak memakan uang tabungan kita. Namun apabila penyakit yang datang adalah penyakit yang berat seperti jantung dan kanker maka tidak mungkin uang tabungan kita akan banyak terkuras atau bahkan habis.

Untuk mempertahankan jumlah tabungan kita sesuai dengan cita-cita yang kita inginkan maka ada beberapa tips yang harus diikuti. Tips pertama adalah simpan uang di lembaga keuangan. Saat ini banyak lembaga keuangan yang menawarkan jasanya untuk menyimpan uang. Namun kita juga harus memilih lebaga keuangan mana yang dapat memberikan keamanan yang lebih. Bisa jadi dengan kita menyimpan uang di lembaga keuangan, uang kita akan aman dari maling tetapi malah menjadi jatah koruptor yang ada d lembaga keuangan itu.

Tips menabung dengan aman yang kedua adalah pilih lembaga keuangan. Dengan menyimpan uang di lembaga keuangan selain memberikan keamanan dari pencurian, uang kita juga akan diinvestasikan sehingga nilai uang kita akan bertambah. Namun harus diperhatikan juga berapa nilai tambah yang akan diberikan oleh lembaga keuangan tersebut. Apakah diatas angka inflasi atau dibawah angka inflasi. Jika hasil investasi yang diberikan maih dibawah angka inflasi, dapat dikatakan bahwa uang kita belum aman.

Tips ketiga adalah jangan menabung uang terlalu banyak. Batasilah menabung uang dalam bentuk cash dalam tabungan biasa atau deposito agar uang yang Anda miliki idak terus berkurang nilainya dimakan waktu dan inflasi walaupun secara nilai uang anda terus bertambah dari waktu ke waktu. Jumlah yang ada di buku tabungan Anda batasi karena terlalu banyak uang yang Anda timbun maka semakin rugi Anda karena bunga di bank lebih kecil dari tingkat inflasi sehingga dalam jangka waktu lama uang Anda akan semakin kecil nilainya. Jalan keluar yang baik adalah berinvestasi pada sesuatu yang dapat menguntungkan banyak orang lain seperti membuka suatu usaha yang banyak memberi kesempatan kerja bagi orang lain. Daripada kita melakukan investasi pada properti, bermain forex / valas, deposito, saham, dsb lebih baik kita membuka usaha yang Anda kuasai dan yakin akan memberi keuntungan besar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS