December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Memulai Usaha Makanan

By admin - Thu Jun 07, 5:24 pm

Memulai usaha makanan terdengar sangat mudah dan menguntungkan, bukan? Memang kenyatannya begitu, tetapi juga harus ditambah dengan beberapa resep lainnya. Memulai usaha makanan yang lezat akan menentukan apakah kedepannya usaha Anda tersebut akan berhasil atau tidak. Karena jika Anda sudah mempunyai kemampuan untuk membuat makanan yang lezat tetapi tidak dibumbui dengan system pemsaran dan lainnya, maka tidak dapat dipastikan Anda akan berhasil. Karena membuat makanan yang lezat dan mengelola bisnis adalah dua hal yang sangat berbeda.

Memulai usaha makanan

Sekarang jika Anda sudah merasa sangat mampu untuk membuat atau memasak makanan yang lezat, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana caranya memulai, mempertahankan dan mengembangkan usaha Anda. berikut adalah beberapa tips dan trik yang harus Anda praktikkan dan kembangkan untuk mampu bersaing dengan competitor Anda. Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah pernaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan Anda. Untuk mengetahu kualitas rasa dari ahsil masakan Anda, Anda bisa memberikan sampel kepada orang-orang disekitar Anda. Misalnya, tetangga, teman, dan lain sebagainya. Setelah Anda memberikan sample, tanyakan rasa dan juga saran dari mereka. Catat dan kemudian ber-eksperimen lagi sesuai dengan saran yang diberikan oleh “responden” Anda.

Memulai usaha makanan juga bisa menggunakan tips kedua, yaitu untuk makanan yang memiliki segmen, Anda harus dapat memperbaharui dari resep, penampilan dan juga cara penyajiannya. Tips ketiga, yaitu outlet penjualan. Anda juga harus memikirkan tentang outlet penjualan Anda. Apakah Anda mempunyai rencana untuk bekerja sama dengan pihak lain atau membuka toko? Misalnya jika Anda ingin membuka toko kue, Anda bisa mengajukan kerjasama dengan jasa wedding photography maupun wedding organizer.

Tips keempat adalah memperlebar strategi penjualan. Misalnya Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda bisa melakukan kerjasama dengan beberapa kantin sekolah, kampus, maupun di perkantoran. Atau Anda juga bisa membuka catering untuk anak-anak sekolah atau perkantoran. Untuk strategi ini, Anda juga harus memperhitungkan system pengantarannya karena tentu saja berkaitan dengan biaya transportasi. Tips kelima adalah pikirkan tentang teknologi untuk mendampingi produk Anda. Misalnya apakah produk Anda membutuhkan perlengkapan khusus untuk memproduksinya, dan lain sebagainya. Tetapi pada awal pembukaan usaha Anda, sebaiknya Anda mengontrol pengeluaran untuk peralatan seperti ini yang berlebihan. Hal ini bertujuan untuk tidak memberatkan modal usaha Anda. ketika nanti usaha Anda sudah berjalan lancer, Anda bisa membeli peralatan yang lain.

Memulai usaha makanan juga harus mempertimbangkan tips keenam, yaitu factor keamanan. Anda harus memikirkan dan membuktikan apakah produk Anda aman dikonsumsi serta mendatangkan profit. Untuk lebih lengkap dan terpercaya, Anda bisa menguji kelayakan makanan Anda di laboratorium untuk memastikan keamanan produk Anda. Hal ini tentu akan menghindari masalah di kemudian hari. Tips ketujuh adalah kemasan yang menarik. Kemasan yang menarik akan memberikan nilai lebih pada produk buatan Anda. Anda bisa memilih jenis kemasan, baik dari plastic maupun dari kertas.

Tips kedelapan adalah menghilangkan ketakutan pada diri sendiri. Pikiran-pikiran negative harus segera dihilangkan dari Anda. Untuk itu Anda harus benar-benar tahan banting dan berpikiran positif. Karena tidak ada yang tidak mungkin. Selian itu, percayalah bahwa usaha yang berhasil hanya dapat dicapai melalui proses yang penuh hambatan. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS