October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Memperkenalkan Usaha Sampingan ke Masyarakat

By admin - Thu Jan 19, 3:27 pm

  • Comments Off on Tips Memperkenalkan Usaha Sampingan ke Masyarakat
  • 722 views
  • Email
  • Print

Usaha sampingan belum tentu mempunyai penghasilan seadanya saja. Karena jika Anda serius mengelola usaha sampingan Anda maka hasil yang akan Anda dapatkan juga lebih besar daripada pekerjaan utama. Coba Anda lihat potensi usaha rumahan dan standar gaji PNS terbaru. Pasti Anda akan terkesima dan tergiur untuk mencobanya. Mengandalkan pendapatan utama terkadang tidak selalu bisa mengcover kebutuhan yang semakin tinggi. Kreativitas dalam melihat peluang yang ada akan memberikan sebuah bisnis usaha yang potensial yang bahkan lebih tinggi daripada gaji utama Anda.

Apakah mungkin membuka sebuah usaha tanpa modal? Ya, pasti mungkin asalkan Anda tahu caranya dan Anda mempunyai kemampuan tertentu. Misalnya Anda mahir berbahasa Inggris, Anda bisa membuka jasa sebagai penterjemah maupun guru les private. Selain itu, mungkin Anda suka mengutak-atik perangkat computer. Anda bisa menawarkan jasa maintenance computer. Uang yang akan Anda dapatkan cukuplah lumayan untuk menambah pemenuhan kebutuhan Anda. Dan yang terpenting adalah Anda bisa mengerjakannya setelah jam kerja di kantor maupun di sela jadwal kuliah Anda.

Usaha sampingan bisa Anda ciptakan juga dengan melihat kesempatan-kesempatan futuristic. Misalnya, bisnis online. Tetapi yang paling menarik dan menjanjikan adalah usaha yang berangkat dari hobi. Banyak sekali usaha jenis ini yang berhasil. Banyak orang yang terus memulai mengembangkan usaha dari hobi mereka meskipun perekonomian masih tidak kooperatif. Kebanyakan dari mereka merasa lelah untuk terus menghemat karena gaji kantor yang diterimanya masih terbatas. Jika Anda juga tertarik untuk mengembangkan hobi Anda menjadi sesuatu yang menghasilkan, berikut adalah enam tips yang bisa membantu untuk mewujudkan impian Anda.

Tip pertama adalah dengan mengubah hobi Anda menjadi sebuah Bisnis. Kebanyakan orang yang memulai bisnis baru dari desain rumah itu sekitar hobi favorit. Apa yang Anda lakukan di waktu luang? Apakah Anda gemar memancing? Apakah Anda suka merajut? Apa pun yang Anda sukai dan ternyata memiliki unsur bisnis harus dikembangkan. Anda harus mulai kreatif dan mencari cara untuk menjualnya. Tip kedua adalah menetapkan bentuk bisnis sampingan Anda. Anda sebaiknya membuat bisnis Anda menjadi kepemilikan tunggal agar tidak terlalu ribet. Namun, jika Anda ingin membuka kemitraan dengan pihak lain, sebaiknya Anda juga menyiapkan dokumen kerja sama agar tidak ada masalah di kedepannya.

Usaha sampingan yang akan Anda buat juga harus ditulis rencana bisnisnya. Karena memulai bisnis juga membutuhkan perencanaan yang matang. Rencana tersebut bisa Anda tulis sebagai resolusi yang ingin Anda capai. Pastikan rencana tersebut runtut dan sederhana sehingga mudah untuk merealisasikannya. Tip kelima adalah membuat website sederhana. Website ini akan membantu pemasaran usaha Anda. Anda bisa membuat website sederhana dengan informasi statis dan kemudian memberikan informasi tentang usaha Anda di dalamnya. Webiste ini bisa Anda share di social network sehingga teman-teman Anda di situs jejaring social tersebut bisa membuka website Anda. Jika ada banyak orang yang mengakses website Anda, pasti akan ada beberapa yang tertarik dan membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Tips terakhir adalah dengan melakukan marketing. Walaupun Anda bisa menggunakan media internet sebagai online marketing, tetapi Anda juga perlu memulai pemasaran di dunia nyata. Misalnya Anda mulai dengan kerabat dan teman-teman Anda. Tawarkan produk atau jasa Anda dengan diskon. Setelah itu, mulailah dengan mempromosikannya ke kelompok yang lebih luas. Anda bisa menggunakan iklan baris gratis di website Anda dan juga memasang spanduk di sepanjang jalan maupun dengan membuat selebaran dan sebarkan di beberapa titik strategis. Pastikan Anda memanfaatkan peluang yang ada. Dan yang terpenting adalah jangan mudah menyerah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Tips Memperkenalkan Usaha Sampingan ke Masyarakat