November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Memilih Properti

By admin - Tue Apr 10, 4:54 pm

Tips memilih properti akan sangat membantu Anda dalam membeli properti idaman tanpa resiko. Tips memilih properti akan membantu Anda dalam mengambil keputusan besar bagi seseorang, apalagi properti yang di inginkan adalah rumah yang akan ditempati dalam jangka waktu yang panjang. Tips memilih properti yang tepat harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam memilih. Jika kebetulan Anda adalah seorang yang awam dan tidak begitu memahami bagaimana tips memilih properti, Seorang agen properti yang profesional dapat sangat membantu dalam proses ini.

Tips memilih properti

Tips pertama untuk memilih properti adalah memilih properti dengan menentukan anggaran terlebih dahulu. Jika Anda tidak terbiasa melakukan transaksi properti, jangan sekedar menentukan berapa harga maksimal properti yang ingin Anda beli. Tapi perhitungkan dana tunai yang bisa Anda anggarkan untuk keperluan transaksi itu. Karena dalam transaksi properti, dana yang harus disiapkan bukan hanya harganya saja. Anda harus menganggarkan juga biaya-biaya lain yang muncul sehubungan dengan transaksi tersebut, seperti pajak, biaya-biaya di notaris, dan biaya-biaya lain yang timbul jika Anda memanfaatkanpendanaan dari bank (KPR). Perhitungkan dan buatlah rencana sebaik mungkin untuk pembelian Anda, apalagi jika Anda berencana untuk mengajukan KPR. Diselain itu, dalam memilih properti Anda juga harus memperhitungkan apakah Anda masih memiliki cadangan dana untuk perbaikan apabila diperlukan. Renovasi juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Tips memilih properti yang kedua adalah tentukan kebutuhan ruangan Anda. Mengetahui kebutuhan Anda akan sangat menghemat waktu Anda dalam mencari properti yang cocok untuk Anda. Setiap orang kebutuhannya berbeda-beda, dan setiap properti memiliki fasilitas yang berbeda-beda, meliputi:

  1. Berapa jumlah kamar tidur yang (akan) Anda butuhkan?
  2. Apakah Anda memerlukan sebuah kamar pembantu?
  3. Apakah Anda tertarik dengan rumah yang lebih dari 1 lantai?
  4. Untuk ruko, berapa lantai yang Anda butuhkan?

Tips ketiga, tentukan lokasi yang Anda prioritaskan. Anda juga perlu menentukan lokasi yang Anda prioritaskan, maupun yang tidak Anda inginkan. Jika Anda ingin rumah yang tenang dekat tempat kerja Anda, tentu akan berbeda pilihannya apabila Anda justru ingin rumah yang akan sekaligus difungsikan sebagai tempat usaha Anda. Tanyakan gambaran lingkungan Anda kepada agen properti Anda bagaimana tips memilih properti yang baik, dan mintalah mereka untuk menjelaskan lokasi-lokasi yang ingin atau tidak ingin Anda pilih.

Tips memilih properti juga meliputi beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan pemilik dalam memilih agen properti yaitu:

Agen properti yang terdaftar dan berlisensi.

  1. Catatan transaksi yang baik dan berprestasi.
  2. Memiliki jaringan yang luas, jika pemilik ingin memasarkan properti di luar negeri maka harus memilih agen yang memunyai jaringan nasional dan internasional.
  3. Mendapatkan dukungan penuh dari kantor agen, berupa kerjasama dengan lembaga hokum, appraisal, periklanan, dan bank.
  4. Profesionalitas agen. Seorang agen yang profesional dan mengerti kebutuhan pemilik properti.
  5. Adanya kenyamanan dari seorang agen dengan menunjukkan bukti prestasi penjualan properti yang telah diraih dan jumlah transaksi yang pernah terjadi.

Seorang agen yang professional harus memiliki kemampuan dasar seperti: 

  1. Mengenal daerah / lokasi properti pemilik dengan baik, seperti fasilitas-fasilitas yang mungkin diperlukan.
  2. Memunyai akses informasi data listing yang selalu up date.
  3. Memiliki pengetahuan dalam mencari properti yang tepat.
  4. Turut membantu perhitungan biaya perbaikan properti yang dibeli seandainya properti tersebut dalam keadaan kurang baik atau properti second.
  5. Memiliki pengertian akan kebutuhan dan kepuasan dalam melakukan transaksi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS