December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Membuat Produk UKM Semakin Laris dan Diminati

By - Mon Sep 15, 4:22 pm

Produk UKM seringkali masih kalah bersaing dengan produk dari perusahaan besar yang memang sudah lebih dahulu terkenal di pasar. Padahal selama ini banyak sekali produk UKM yang kualitasnya tidak kalah dari produk dari brand terkenal. Lalu kenapa produkdari Usaha Kecil dan Menengah masih kalah saing? Apakah karena modal dan pemasaran yang kurang efektif membuatnya masih kurang dilirik oleh masyarakat luas?

Produk UKMSalah satu jawaban atas pertanyaan tersebut ternyata memang terletak pada teknik pemasaran. Salah satu teknik pemasaran yang paling berpengaruh pada keinginan membeli adalah desain kemasan. Kemasan produk biasanya tidak begitu diperhatikan. Padahal desain kemasan produk biasanya menjadi alasan mengapa seseorang tertarik untuk membeli suatu produk. Saat ini masih sedikit sekali pelaku UKM yang menyadari arti penting mendesain kemasan produk untuk menarik lebih banyak konsumen.

Produk UKM memang sangat banyak, tetapi berapa jumlah yang mempunyai kemasan produk menarik? Jawabannya hanya sedikit saja yang memperhatikan kecantikan kemasan produk mereka. Misalnya untuk pelaku UKM yang membuat usaha makanan, ambil contoh keripik pisang. Jika kita mau jeli melihat bisnis ini, sebenarnya banyak sekali yang sukses dan masih banyak pula yang akhirnya tidak berkembang. Mari kita lihat, banyak dari mereka yang masih menggunakan plastik tanpa ada merk dagang. Prinsip mereka masih sangat tradisional untuk urusan pemasaran padahal jika mereka mau menambahkan merk dagang dan kemasan yang lebih menarik serta didukung dengan pemasaran yang oke pastilah omzet kan lebih tinggi dari yang kita bayangkan.

Bisnis UKM dalam memasarkan produknya biasanya melalui pameran-pameran dan sekarang sudah ditunjang dengan media online sebagai media promosi yang ampuh. Tetapi mari kita bayangkan jika kita mempunyai produk dengan kualitas rasa yang enak dan kemasan produk juga cantik dan menarik. Kemudian kita pasarkan melalui media online. Tentulah banyak yang penasaran ingin merasakan dan membeli produk Anda. Terlebih ketika Anda rajin mengikuti pameran dimana banyak calon konsumen yang melihat secara langsung kemasan produk Anda dan merasakan sendiri produk Anda. Ketika mereka suka dan cocok dengan produk dan tampilan kemasan produk Anda, maka Anda bisa lebih mudah mengambil hati konsumen baru Anda. Ketika konsumen sudah percaya pada Anda, maka marketing mouth to mouth akan jalan dengan sendirinya. Para konsumen Anda akan menceritakan tentang produk Anda ke orang-orang yang mereka kenal. Marketing jenis ini tentu saja sangat menguntungkan Anda, karena Anda tak perlu keluar uang untuk biaya promosi atau minimal biaya promosi Anda berkurang. Kelebihan lainnya adalah konsumen Anda secara gratis memberikan testimoni dan hal ini pastinya lebih terpercaya. Jadi, jangan memandang rendah setiap konsumen yang datang.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513