November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Memaksimalkan Bisnis Rumahan

By admin - Thu Jan 19, 3:30 pm

  • Comments Off on Tips Memaksimalkan Bisnis Rumahan
  • 605 views
  • Email
  • Print

Bisnis rumahan adalah solusi tepat untuk mengembangkan usaha, mendapat untung dan tanpa meninggalkan keluarga. Bisnis rumahan walaupun sederhana tetapi tetap terasa sangat sulit khususnya jika ini adalah pengalaman pertama kali bagi Anda untuk memulai sebuah usaha. Tetapi jika Anda sudah memantapkan hati untuk memulai sebuah bisnis ini, maka hal ini akan sangat membantu pikiran Anda dalam menciptakan ide-ide yang nantinya akan Anda realisasikan dalam bentuk usaha.

Sebagai langkah awal untuk membuka pikiran Anda bagaimana mendapatkan jenis usaha yang tepat, berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda. Tips pertama adalah coba luangkan waktu Anda sejenak untuk mengeksplorasi berbagai pilihan usaha. Anda bisa membaca buku-buku tentang wirausaha, artikel atau majalah wirausaha. Kemudian bergabunglah dengan milist-milist yang membahas tentang wirausaha dan peluang bisnis. Jika wawasan Anda sudah terbuka dan semakin cerah, maka jalan untuk mendapatkan ide-ide segar tentang berbagai jenis usaha yang sedang menjadi tren juga lebih mudah.

Bisnis rumahan juga membutuhkan tip kedua yaitu mencari tahu apa saja jenis bisnis yang menarik untuk Anda. Tentukan tujuan Anda, minat, keinginan dan kemampuan. Yang penting adalah bahwa Anda harus menikmati bisnis tersebut. Pengusaha yang berhasil adalah mereka yang paling merasa bergairah terhadap apa yang mereka kerjakan. Dan Anda tidak bisa bergairah jika Anda tidak suka. Tip ketiga adalah pilihlah bisnis yang secara pribadi memuaskan dan menguntungkan. Meskipun Anda mungkin memiliki semangat karena memang hobi, cobalah untuk mempertimbangkan potensi bisnisnya. Apakah Anda sudah memikirkan apakah memang ada permintaan untuk usaha tersebut? Apakah ini nanti bisa membawa pada penghasilan berulang? Bagaimana potensi pasarnya? Apakah ada hambatan untuk masuk ke usaha tersebut? Apakah Anda mempunyai skala ekonomi? Dan lain sebagainya.

Tip keempat adalah pikirkan apakah Anda bisa dan ingin menagani setiap aspek bisnis. Ketika Anda baru memulai usaha, Anda mungkin tidak mempunyai karyawan untuk membantu melengkapi beberapa aspek bisnis Anda. Di sini berarti tugas Anda adalah mencakup semua aspek, yaitu mengumpulkan piutang, melacak pengeluaran, menerima panggilan telepon pelanggan, dan lain sebagainya. Tip kelima adalah ruang usaha. Gambarlah tata letak tempat kerja Anda. Untuk menghemat biaya overhead, Anda memfungsikan rumah Anda. Sehingga pikirkan setiap sudut dan celah yang kemungkinan bisa Anda gunakan.

Bisnis rumahan juga harus melalui tip keenam, yaitu pastikan bisnis Anda memenuhi standar keamanan tinggi terutama jika Anda mempunyai anak di rumah. Hal ini penting, terlebih jika Anda mempunyai bisnis yang berhubungan dengan bahan kimia dan zat berbahaya lainnya. Misalnya, simpan semua bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan karpet atau jok. Pindahkan bahan-bahan tersebut di tempat yang aman dan di luar jangkauan anak-anak. Tip ketujuh adalah periksa dengan agen asuransi untuk menentukan jenis pertanggungan asuransi bisnis yang Anda butuhkan. Ini merupakan perencanaan untuk menentukan asuransi apa yang diperlukan untuk meminimalkan resiko dan melindungi bisnis Anda Kategori umum yang bisa Anda gunakan adalah properti, perizinan, kewajiban, kesehatan, cacat, kompensasi pekerja dan asuransi jiwa.

Tip kedelapan adalah pastikan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan di wilayah Anda. Kunjungi kantor Pemerintahan setempat untuk melihat peraturan IMB atau perijinan usaha lainnya. Tip kesembilan adalah keluarga. Pilih bisnis yang mempunyai karakteristik organisasi yang compatible dengan Anda dan cocok dengan jadwal keluarga Anda. tip terakhir adalah buat anggota keluarga Anda terlibat dalam bisnis dan bekerja bersama-sama untuk keberhasilannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Tips Memaksimalkan Bisnis Rumahan