November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Marketing untuk Usaha Kedai Kopi

By admin - Fri Sep 07, 4:56 pm

 

Kedai kopi semakin gencar menguasai pasar Indonesia. Kedai kopi di Indonesia dengan segala cerita suksesnya telah membuat para pelaku usaha semakin bergeliat untuk menejuni usaha serupa. Jika selama ini kita mengetahui kesuksesan kedai kopi Starbucks yang sudah menguasai pasar Indonesia, maka para pelaku usaha kecil juga tidak kalah bergeliatnya. Prospek pasar usaha kedai kopi di Indonesia semakin hari semakin bersinar terang. Hal ini disebabkan oleh bergesernya gaya hidup masyarakat yang cenderung lebih modern dan daya beli konsumen yang semakin membaik.

kedai kopi

Kondisi tersebut bisa Anda lihat dengan menjamurnya kedai-kedai kopi atau café-café yang menjajakan menu minuman kopi dengan beragam rasa dan varian. Besarnya minat konsumen dan juga tingginya keuntungan yang dijanjikan juga menjadi faktor yang mendorong peningkatan jumlah pemain di bisnis minuman kopi ini. Sehingga Anda tidak perlu heran jika persaingan pasar kedai kopi sekarang juga semakin ketat dan pesat. Usaha ini sepertinya tidak pernah mati karena tidak pernah kehilangan konsumen. Usaha ini mempunyai pangsa pasar yang sangat luas, mulai dari tukang becak sampai kaum sosialita juga sangat menggemari kopi. Untuk itulah, jika Anda juga tertarik dengan usaha jenis ini, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

 

  1. Kedai kopi harus dibuat secara konseptual sesuai dengan segmen pasar Anda. Seperti yang kita ketahui bersama jika kesuksesan kedai kopi tidak hanya pada keahlian sang barista dalam menyajikan kopi yang nikmat, tetapi juga konsep bisnis yang diusung. Konsep ini harus mampu menarik konsumen lebih banyak dan lebih loyal. Karena banyak komunitas yang ada di sekitar Anda yang bisa Anda jadikan target market yang cukup potensial untuk dibidik. Strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan salah satunya dengan menghadirkan ratusan buku bacaan dengan berbagai tema, misalnya novel fiksi, novel non-fiksi, majalah, komik dan lain sebagainya. Hal ini akan memanjakan konsumen Anda. Terlebih jika Anda membuat kedai kopi di sekitar kampus, maka strategi ini akan sangat efektif. Karena akan memeberikan nilai tambah bagi bisnis kedai kopi dan juga bisa untuk mengantisipasi ketatnya persaingan yang ada di sekitar lokasi bisnis Anda.
  2. Ciptakan varian menu tambahan agar konsumen tidak cepat bosan. Hal ini tergantung pada kreativitas Anda sebagai pelaku usaha. Tentunya Anda tidak hanya memberikan menu kopi saja kan? Anda harus mampu menciptakan menu andalan lain agar konsumen tidak cepat bosan, misalnya aneka minuman cokelat, jus buah, milk shake, lemon, dan jangan lupa juga untuk menambahkan makanan ringan sebagai teman minum kopis, seperti cake and bakery, chicken wings, sosis dan lain sebagainya.
  3. Kedai kopi juga bisa dikenalkan melalui social media. Brand kedai kopi yang Anda miliki bisa Anda kenalkan melalui social media. Seiring dengan meningkatkan jumlah pengguna internet di berbagai belahan dunia, Anda juga harus ikut memanfaatkan peluang ini. Manfaatkan twitter, facebook maupun YouTube untuk memperkenalkan brand Anda di dunia maya. Dalam hal ini, Anda bisa mengikuti langkah yang pernah diambil oleh Starbiucks yang mengadakan sebuah kompetisi melalui situs jejaring social. Dimana pihak Starbucks memberikan tantangan bagi para konsumen untuk berlomba-lomba menjadi yang pertama dalam memposting foto poster Starbucks di twitter. Strategi ini terbilang sangat efektif karena akan ada banyak orang yang ikut mempromosikan brand Anda di situs jejeraing social. Jadi, sudah bsia dipastikan bahwa brand produk Anda nantinya akan semakin dikenal masyarakat luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS