December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Manajemen Keuangan Sebuah Usaha

By admin1 - Tue May 20, 4:40 pm

Manajemen keuangan berpengaruh pada pencapaian yang akan Anda dapatkan. Manajemen keuangan merupakan suatu modal untuk mengamankan aset usaha dan keuntungan yang didapatkan. Setiap usaha, terlebih usaha pemula, mempunyai masalah dengan keuangan. Mereka belum tentu mendapatkan keuntungan setiap bulan karena belum bisa mengelola keuangannya dengan baik. Mungkin memang sudah mendapatkan untung, tetapi tidak tahu dimana perginya keuntungan tersebut dan untuk apa.

Manajemen keuanganUntuk mengontrol keuangan usaha Anda dan untuk memaksimalkan keuntungan usaha Anda, pastikan Anda sudah mengelolanya dengan benar. Sampai saat ini bahkan masih banyak pelaku usaha yang telah lama menekuni dunia usaha masih buta cara mengelola laporan keuangan usahanya. Nah untuk Anda yang masih pemula dalam dunia bisnis atau yang sudah lama menekuni dunia bisnis tetapi masih buta tentang bagaimana caranya, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol keuangan Anda:

  • Sebelum memulai usaha, susunlah analisa ekonomi. Manajemen keuangan bahkan harus mulai disusun sebelum Anda memulainya. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa besar prospek bisnis yang Anda rencanakan ingin dijalankan. Dengan membuat analisa ekonomi, Anda bisa mendapatkan setidaknya sedikit gambaran tentang beberapa hal, seperti besar keuntungan yang akan Anda terima setiap bulannya, modal yang harus Anda siapkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai bisa balik modal.
  • Pisahkan antara buku laporan pemasukan dan pengeluaran. Cara ini sangat praktis jika diterapkan dengan benar. Jadi Anda bisa mengawasi kondisi keuangan usaha Anda.
  • Catatlah setiap transaksi dengan teliti. Pencatatan traksaksi ini wajib hukumnya bagi pelaku usaha, baik usaha kecil, menengah sampai besar. Dengan mencatat setiap transaksi, Anda bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran anggaran. Dengan pencatatan ini Anda juga bisa mengawasi dan mengamati aktivitas bisnis yang terjadi setiap bulan. Jangan tinggalkan bukti transaksi setiap pencatatan, seperti kwitansi, nota, surat tagihan (invoice), dan lain sebagainya.
  • Pisahkan antara dana operasional usaha dengan keuntungan usaha. Dengan pemisahan ini, maka Anda akan bisa dengan mudah mengalokasikan keuntungan yang Anda terima apakah akan digunakan untuk kepentingan pribadi atau pengembangan usaha. Sedangkan untuk kebutuhan operasional memang sudah dipersiapkan dana anggaran setiap bulannya.
  • Lakukan rekap laporan keuangan bulanan. Manajemen keuangan yang tepat pastilah melakukan rekap laporan keuangan setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembuatan laporan laba rugi tahunan. Jadi semua rekap yang harus Anda lakukan setiap bulan meliputi rekap pengeluaran, penjualan, hutang serta persediaan. Dengan laporan ini Anda juga bisa terus memantau jalannya bisnis Anda dan menghindari kebocoran anggaran setiap bulannya.

Kalaupun Anda masih belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan rekap atau mengelola keuangan setiap bulan, Anda bisa mengikuti berbagai seminat manajemen keuangan usaha atau belajar secara otodidak dengan membaca buku. Selalu ada jalan jika kita terus berusaha semaksimal mungkin. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513