December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Hemat Berbelanja

By admin - Wed Apr 18, 4:12 pm

Tips hemat berbelanja akan sangat berguna untuk menstabilkan anggaran atau keuangan Anda. Tips hemat berbelanja akan menyadarkan kita akan adanya jarak antara keinginan dan kebutuhan yang seringkali dicampuradukkan. Apalagi wanita yang gemar belanja. Kegemaran inilah yang kemudian membuat wanita dan pria menjadi boros karena mengeluarkan budget lebih besar. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Mulai dari belanja pakaian, ke salon dan bahkan belanja sepatu tidak pernah luput dari agenda wajib ketika perhi ke pusat perbelanjaan.

Tips hemat berbelanja

Agar Anda bisa mulai mengendalikan hasrat berbelanja, berikut adalah beberapa cara belanja tanpa membabi buta. Pertama, buatlah daftar. Jika Anda ingin pergi ke pusat perbelanjaan, lebih baik buatlah daftar keperluan Anda dari rumah. Hal ini akan jauh lebih efektif dan system belanja Anda pun akan lebih focus dengan barang yang memang diperlukan saja.

Tips hemat berbelanja yang kedua adalah pilih barang yang murah tapi tidak murahan. Jika Anda ingin berbelanja, pilihlah barang yang murah tapi tidak murahan. Semakin ketatnya persaingan antar toko, tentu membuat para penjual juga akan memberikan harga yang bersaing dari saingannya. Tak jarang ada penjual yang menawarkan barang jualannya dengan murah agar ramai pengunjung. Dan Anda juga bisa memanfaatkan situasi tersebut. Tips ketiga, pengendalian diri. Berlatih mengendalikan diri, jangan langsung membeli sebuah barang begitu Anda melihat dan menyukainya. Coba lihat dulu toko-toko lain yang mungkin menjual produk serupa namun dengan harga lebih murah. Jika Anda merasa bahwa benda tersebut masuk kategori harus dimiliki, mintalah kepada pelayan toko untuk menyimpannya terlebih dahulu untuk mencegah pembelian impulsif.

Tips keempat adalah jangan pergi ke pusat perbelanjaan jika tidak ada yang akan dibeli. Terkadang rasa ingin berbelanja muncul begitu saja saat Anda berada di tempat perbelanjaan. Ketika Anda melihat suatu barang yang bagus, Anda pasti akan langsung tertarik untuk membelinya. Karenanya jangan pergi ke tempat perbelanjaan jika memang Anda tidak ingin membeli sesuatu. Tips kelima yaitu atur uang untuk belanja. Buatlah daftar belanjaan dan beserta kisaran harga dari barang yang akan dibeli. Bawalah uang yang pas untuk membeli semua barang tersebut. Dengan begitu Anda tidak akan membeli barang yang tidak ada dalam daftar karena uang yang dibawa memang hanya untuk membeli barang yang ada di daftar. Tapi Anda harus berhati-hati karena perkiraan bisa saja salah.

Tips hemat berbelanja tersebut di atas boleh Anda coba agar keuangan Anda bisa lebih aman saat belanja. Apalagi jika Anda memang penggila belanja. Mengehmatlah agar Anda bisa menabung untuk masa depan Anda. selain tips tersebut di atas, praktikkan juga beberapa hal berikut ini. Pertama, makan dahulu sebelum pergi ke pusat perbelanjaan. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari pengeluaran makanan yang tidak terduga, sehingga ini merupakan penyelamatan awal untuk kantong Anda. kedua, beli barang dalam jumlah besar. Membeli barang ukuran besar biasanya jauh lebih murah daripada membeli ukuran kecil.

Ketiga, buat jadwal. Cobalah untuk membuat jadwal belanja setiap bulannya. Tentukan kapan Anda akan belanja setiap bulannya. Catat semua stok barang yang sudah habis agar bisa Anda beli dengan sekali belanja tanpa harus bolak-balik ke supermarket agar irit ongkos. Keempat adalah berburu diskon. Agar kantong tidak bolong saat belanja, cobalah untuk membeli barang yang memang sedang diskon. Cobalah untuk mencari info diskon sebelum berbelanja yang beredar di iklan televise atau melalui situs diskon di internet.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS