November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Cerdas Menjadi Pengusaha Berkarakter

By admin - Tue Aug 07, 4:19 pm

 

Pengusaha berkarakter tentunya bukan merupakan pengusaha biasa. Pengusaha berkarakter adalah pengusaha yang mampu meraih kesuksesan dan mampu bertahan walaupun banyak sekali saingan yang ada di sekitarnya. Untuk menjadi seorang pengusaha yang mempunyai karakter kuat, Anda harus mengalami sebuah kegagalan. Karena kegagalan akan memberikan pengalaman yang sangat banyak. Dengan kegagalan ini, Anda akan belajar bagaimana mempunyai daya saing dan karakter yang cukup kuat untuk bisa menghadapi persaingan selanjutnya.

Pengusaha berkarakter

Memang tidak mudah untuk menjadi seorang pengusaha, apalagi seorang pengusaha yang mempunyai karakter dan berdaya saing tinggi. Karena untuk bisa mencapai tahap itu, Anda harus mempunyai pola piker yang positif dan juga lingkungan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips cerdas yang akan membimbing Anda menuju pengusaha berkarakter yang sukses dalam bisnisnya.

Pengusaha berkarakter harus mempunyai pola pikir positif (mindset). Pola piker ini merupakan kunci utama yang perlu Anda praktikkan untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses dan berkarakter. Karena pola piker atau karakter yang Anda miliki nantinya akan menentukan setiap tindakan yang akan Anda lakukan. Logikanya, jika Anda mempunyai pola piker atau mindset yang positif, maka secara tidak langsung, pikiran Anda akan mengarahkan Anda untuk menuju setiap langkah yang positif, dan begitu juga sebaliknya. Jika Anda hanya berpikir negative dan pesimis akan apa yang Anda kerjakan, maka pekerjaan yang Anda kerjakan akan gagal sebelum Anda sempat menuju di puncak kesuksesan.

Pola pikir yang positif ini akan memberikan motivasi dan juga kekuatan di dalam diri Anda agar tidak mudah menyerah pada ancaman, tantangan, hambatan dan juga gangguan yang seringkali muncul di tengah-tengah perjalanan kita menuju puncak kesuksesan. Karena memang pada dasarnya setiap perjuangan meraih kesuksesan akan menghadapi perjuangan yang tidak mudah. Ada beberapa pola piker yang harus Anda miliki untuk bisa meraih kesuksesan dan berhasil menghadapi rintangan dan halangan yang menghadang. Pola piker yang Anda butuhkan untuk menapaki kesuksesan adalah membuka pikiran untuk selalu mau belajar, selalu disiplin, selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan peluang, membangun motivasi diri agar selalu bangkit dari keterpurukan dan pola pikir terbuka serta menghargai setiap perbedaan.

Pengusaha berkarakter juga harus mempunyai lingkungan yang tepat (environment). Memang tidak bisa dipungkiri jika 80% karakter seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Yaitu mulai dari lingkungan sekolah, keluarga, tempat tinggal, dan tempat kerja. Semua lingkungan tersebut membawa andil yang cukup besar bagi sikap mental dan pola piker seseorang, baik anak kecil maupun orang yang sudah dewasa. Karena secara tidak langsung, lingkungan akan membentuk kebiasaan dan budaya di dalam diri seseorang sesuai dengan lingkungan dimana dia berada. Misalnya seseorang berada di lingkungan yang rajin dan taat beribadah, semangat menyelesaikan tanggung jawab dan juga rajin bekerja. Maka Anda juga akan mempunyai sifat-sifat tersebut sebagai bagian dari budaya dan sifat di dalam diri Anda. Mungkin awalnya Anda akan merasa tidak enak tidak jika tidak melakukan hal yang sama dengan orang lain di lingkungan tersebut. Tetapi lama-kelamaan Anda akan mampu benar-benar menyatu dengan budaya dan kebiasaan tersebut.

Dari proses inilah kemudian karakter sukses Anda mulai terbangun. Karena tahukah kita bahwa kesuksesan sepenuhnya ada di tangan kita dan didukung oleh lingkungan di sekitar kita? Untuk itulah, Anda harus benar-benar memilih lingkungan yang tepat. Karena dari lingkungan yang tepat, akan mendorong Anda untuk lebih cepat dan lebih baik menggapai cita-cita yang Anda impikan selama ini.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS