December 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Cerdas Mengembangkan Online Shop

By admin - Tue Aug 14, 10:40 am

 

Mengembangkan online shop mungkin akan menjadi sesuatu yang dilematis karena terkadang terasa sulit dan terkadang terasa mudah. Mengembangkan online shop tanpa disadari sudah menjadi suatu prioritas bagi para pelaku bisnis online. Karena melihat perkembangan online shop yang semakin hari semakin potensial, maka Anda harus sigap dalam melihat setiap kesempatan dan menekuni beragam jenis peluang yang ada di internet. Walaupun banyak yang brkata bahwa membuat online shop itu sesuatu yang sangat sederhana karena hanya membuat website, mengupload foto dan menunggu konsumen untuk dating. Tetapi kenyatannya tidak begitu karena Anda tetap membutuhkan beberapa hal untuk bisa mengembangkan usaha Anda.

Mengembangkan online shop

Jika banyak yang amsih berangapan seperti itu, maka tidak salah jika masih banyak online shop yang terpaksa gulung tikar atau tidak berkembang. Itulah sebabnya Anda harus mampu mengenali dan memahami seluk-beluk online shop. Tetapi jika Anda juga masih ragu apa saja seluk-beluk tersebut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu Anda mengembangkan dan memulihkan kondisi online shop Anda.

Mengembangkan online shop bisa dilakukan dengan cara yang pertama, yaitu dengan memastikan bahwa barang sudah siap dipasarkan. Sebelum Anda memasarkan suatu produk melalui social media, Anda harus memastikan bahwa produk tersebut sudah siap jual. Untuk itulah Anda harus mencatat dengan baik segala detail yang ada serta menjaga persediaan barang Anda di gudang. Hal ini sangat penting untuk menjaga konsumen agar tidak kecewa apabila produk yang Anda jual ternyata sudah habis atau tidak sesuai dengan detail yang Anda tunjukkan di website. Untuk itu, buatlah kode khusus agar bisa memudahkan Anda untuk mencatat barang serta control alur keluar masuk barang agar Anda bisa mengetahui secara pasti seberapa banyak jenis barang yang sudah terjual dan berapa banyak yang ready stock.

Yang kedua adalah dengan mendukung pemasaran produk dengan konten yang menarik. Ketika Anda memsarkan suatu produk melalui media internet, dukungan konten yang menarik menimbulkan daya tarik tersendiribagi search engine dan juga bagi calon konsumen. Karena secara teknis, semakin di atas posisi Anda di search engine (seperti google, yahoo, dan lain sebagainya), maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk bisa mendatangkan banyak konsumen. Untuk itulah Anda harus melengkapi produk Anda dengan spesifikasi dan deskripsi produk yang jelas, catalog produk yang kreatif, foto yang menarik dan juga desain toko online yang inovatif. Jangan pernah meremehkan detail terkecil sekalipun.

Mengembangkan online shop juga bisa dilakukan dengan cara yang ketiga, yaitu dengan aktif mempromosikan online shop Anda di berbagai situs online. Walaupun semua orang di seluruh dunia mampu mengakses semua hal melalui internet, termasuk untuk menemukan online shop Anda, tetapi tidak ada salahnya Anda lebih aktif daripada mereka. Anda harus aktif berpromosi agar semakin banyak orang yang kenal dengan online shop Anda. Anda bisa memulainya dengan mempromosikan melalui situs gratisan seperti forum jual beli, jejaring social, blog gratisan atau iklan baris gratisan untuk melaunching online shop Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan alat promosi berbayar untuk bisa mengoptimalkan pemasaran Anda, misalnya dengan memasang iklan berbayar, bergabung di direktori bisnis premium dan juga membuat website berbayar.

Cara yang keempat adalah dengan menawarkan system pemesanan yang cukup mudah. Karena setiap konsumen pastinya menginginkan kemudahan dalam proses pemesanan. Biasanya mereka akan malas untuk bertransaksi di online shop yang mempunyai proses pemesanan yang terlalu ribet. Bangunlah system yang praktis dan mudah untuk memudahkan para pembeli dan agar mereka tidak lari. Misalnya dengan mengisi form pembelian dan mengirimkan sejumlah uang tertentu untuk bisa mendapatkan jasa atau produk yang Anda tawarkan secara online.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS