December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Bernegosiasi Usaha Secara Efektif dan Profesional

By admin1 - Thu Aug 07, 9:50 am

Negosiasi usaha merupakan jalan yang ditempuh untuk mengawali sebuah kesepakatan bisnis. Negosiasi usaha sebenarnya juga membutuhkan strategi dan trik jitu untuk bisa berhasil memenangkan hati konsumen atau klien dan mampu menjalankan usaha dengan lancar dan menguntungkan. Nah untuk membantu para pelaku usaha yang masih merintis usahanya, berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda contek untuk mengembangkan usaha melalui negosiasi yang efektif:

Negosiasi usaha

  • Sajikan senyum, salam dan sapa. Marilah kita perhatikan petugas bank yang ramah menyapa dan tersenyum pada setiap nasabah yang datang. Walaupun terlihat sederhana tetapi senyuman dan sapaan bisa membuat hati orang lain menjadi tertarik dan terpikat. Hal ini juga berlaku untuk negosiasi dalam sebuah usaha. Dengan memberikan senyuman, salam dan sapa yang ramah sambil memperkenalkan nama Anda dan perusahaan Anda dengan intonasi jelas dan tidak terburu-buru bisa membuat Anda terlihat profesional dan lebih memikat hati klien yang Anda ajak bernegosiasi.
  • Pastikan Anda memberikan jawaban lengkap dan jelas. Negosiasi usaha secara profesional harus menyuguhkan hal detail yang Anda tawarkan kepada orang yang Anda ajak negosiasi. Konsumen atau klien biasanya akan melempar banyak sekali pertanyaan yang masih belum mereka fahami. Nah ketika Anda mampu menjawab pertanyaan- pertanyaan tersebut dengan tepat dan detail, maka konsumen juga akan lebih terbantu sehingga tahu kredibilitas usaha yang sedang Anda jalankan. Jadi, jangan menjawab pertanyaan dengan nada dan intonasi yang meragukan. Berikan pemahaman khusus tentang filosofi, profil dan produk unggulan di usaha Anda.
  • Latihan untuk memahami karakter setiap konsumen dan carilah solusi untuk menghadapi mereka. Seorang pelaku usaha harus mampu memposisikan dirinya sebagai pencari solusi. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan karakter setiap konsumen. Banyak sekali karakter konsumen yang bisa Anda pelajari, misalnya konsumen yang suka mendengar, suka protes, dan sebagainya. Nah untuk membantu Anda agar berhasil berkomunikasi dengan mereka, buatlah catatan kecil tentang bagaimana cara menghadapi masing-masing jenis konsumen. Misalnya untuk menghadapi konsumen yang cenderung pasif, maka Anda yang harus aktif menginformasikan produk dan usaha Anda.
  • Paparkan keunggulan usaha dan produk Anda. Untuk mengambil hati konsumen, sebaiknya Anda memaparkan keunggukan usaha dan produk Anda daripada hanya menjelekkan produk kompetitor.
  • Jadilah pendengar yang baik. Negosiasi usaha juga membutuhkan telinga untuk menjadi yang lebih baik. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik. Catat setiap kritikan membangun yang mampir ke telinga Anda. kritikan-kritikan membangun inilah yang nantinya akan membuat usaha Anda lebih baik dari sebelumnya.
  • Kebijakan harga. Di dunia usaha, harga merupakan hal yang sangat sensitif. Inilah yang membuat pelaku usaha harus bijak dalam memperhatikan kebijakan harga yang dibawanya. Jika memang Anda mampu mengusung kualitas yang lebih baik daripada yang ada di pasaran, tidak ada salahnya Anda membuat harga yang sedikit berbeda. Tetapi jika produk yang Anda tawarkan sama saja, sebaiknya buatlah harga yang sesuai dengan pasar.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513