November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Berlibur Dengan Dana Minimal

By admin - Wed Jul 11, 4:37 pm

 

Berlibur dengan dana minimal terkadang menjadi pilihan terbaik bagi beberapa orang. Berlibur dengan dana minimal dengan mendapatkan kepuasan liburan yang sangat tinggi tentu akan menjadi daya pikat tersendiri. Karena liburan sejatinya bisa berjalan dengan membatasi pengeluaran. Liburan adalah untuk nelepas penat dan mengisi “imunisi” mood ke dalam tubuh setelah satu minggu beraktivitas dengan dunia kerja. Berlibur bisa dilakukan sendiri, bersama pasangan, bersama keluarga atau bersama teman-teman. Apapun tema liburan yang Anda pilih, jangan sampai membuat tingkat stress Anda meningkat sekembalinya dari liburan. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan tanpa mengorbankan tabungan Anda.

Berlibur dengan dana minimal

Tips yang pertama adalah dengan menggunakan angkutan umum yang murah. Jika selama ini Anda selalu menggunakan pesawat sebagai alat transportasi untuk keluar kota, cobalah sekarang naik kendaraan umum yang lebih murah, misalnya bis. Bis tentu saja berkali-kali lipat lebih murah daripada pesawat. Walaupun dari segi waktu memang naik bis memakan waktu yang lebih lama, tetapi fasilitas yang ditawarkan sudah beraneka ragam, yaitu tempat duduk yang nyaman, AC yang dingin, interior bis yang elegan, LCD, selimut, bantal, snack, bantal,d an lain sebagainya. Sambil melakukan perjalanan, Anda juga bisa lebih mengenal kota-kota yang Anda lewati dan lebih mengenal Indonesia secara luas. Asyik kan?

Berlibur dengan dana minimal juga bisa dilakukan dengan tips yang kedua, yaitu dengan menginap di tempat teman atau saudara. Jika Anda mempunyai saudara atau teman yang berada di lokasi liburan Anda, kenapa tidak memanfaatkan hal tersebut? Anda bisa berkomunikasi dengan baik dan menanyakan apakah Anda bisa menginap di rumahnya selama Anda liburan. Jadi, selain menekan pengeluaran, liburan Anda juga bisa menjadi sarana untuk bersilaturrahmi dengan saudara dan teman yang mungkin sudah lama tidak berjumpa. Dengan menginap di rumah teman atau saudara, kira-kira berapa yang akan Anda hemat? Jika penginapan paling murah sebesar Rp 200.000 per malam, jika Anda menginap selama 3 hari, maka Anda akan menghemat dana sebesar Rp 600.000. Angka yang fantastis bukan?

Tips yang ketiga adalah dengan menyiasati pengeluaran makan. Jika Anda berlibur di kota lain, Anda bisa mencoba makanan tradisional di kota tersebut. Tetapi ingat, makanan tradisional tidak harus ada di restoran tradisional. Anda bisa mencoba makan di rumah makan yang terkenal enak dan dengan harga yang masuk akal. Jangan sekali-kali Anda makan di restoran fastfood walau Anda anggap itu murah. Karena logikanya, untuk apa datang ke suatu kota jika ujung-ujungnya hanya makan fastfood? Coba minta rekomendasi pada teman atau saudara Anda tentang warung makan khas kota tersebut.

Berlibur dengan dana minimal juga bisa diwujudkan dengan tips yang keempat, yaitu dengan mengunjungi tempat wisata gratis. Berwisata tidak harus datang ke tempat rekreasi mahal. Anda bisa mencari beberapa alternative tempat wisata yang murah dan indah. Biasanya wisata yang harga masuknya murah atau bahkan gratis adalah wisata alam. Misalnya Anda berkunjung ke wahana air terjun yang sangat sejuk yang hanya membayar parkir ketika masuk ke lokasi tersebut. Nikmati suasana alam local di kota yang Anda kunjungi. Coba bayangkan apabila Anda datang jauh-jauh dari Jakarta ke Semarang. Lalu Anda berkunjung ke Water Blaster. Bukankah hal tersebut akan percuma karena di Jakarta juga banyak sekali wahana rekreasi air yang bahkan lebih megah daripada di Semarang? Padahal banyak sekali alternative lain yang bisa Anda kunjungi di kota ini, misalnya wisata air terjun, pegunungan, kebun bunga, hutan lindung, candi, pantai, dan lain sebagainya.

Tips yang kelima adalah dengan mengurungkan niat belanja Anda. Dengan membatasi budget liburan, sebaiknya Anda juga mencoret agenda belanja Anda di kota tujuan apabila tidak mendesak. Anda harus melawan keinginan Anda untuk berbelanja dengan refreshing ke lokasi-lokasi wisata yang sejuk dan segar. Sehingga Anda akan merasa sangat nyaman menikmati nuansa pegunungan tanpa harus berhasrat untuk pergi ke mall. Sekedar menghindari mall adalah salah satu kunci sukses untuk bisa menekan niat berbelanja. Jadi, siap untuk liburan?

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS