November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Belanja Bersama Anak-Anak

By admin - Wed Apr 18, 4:10 pm

Belanja bersama anak-anak terkadang menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan karena sekaligus jalan-jalan atau liburan sejenak dari rutinitas. Belanja bersama anak-anak terkadang juga akan sangat merepotkan ketika mereka mulai berbuat nakal dan meminta yang aneh-aneh saat diajak berbelanja. Hasilnay, pengeluaran uang Anda menjadi bertambah karena keinginan sang anak. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan? Sebenarnya, Anda tidak ingin membawa anak saat berbelanja. Namun meninggalkan anak sendirian di rumah juga bisa membuat hati jadi tidak tenang. Jadi, mau tidak mau Anda mengajak anak Anda ketika berbelanja.

Belanja bersama anak-anak

Jika Anda menghadapi dilemma ini, sudah saatnya Anda tenang dan mencermati setiap tips di artikel ini. Karena sebenarnya ada cara agar belanja bersama anak tetap menyenangkan dan irit. Tips pertama adalah rencakana. Sebelum berangkat belanja bersama anak, sebaiknya rencakanan dulu kemana tujuan belanja Anda. jangan sampai saat belanja nanti, Anda mampir ke toko-toko yang tidak sesuai dengan rencana awal. Ini akan menghindari pembelanjaan barang yang tidak diperlukan.

Belanja bersama anak-anak juga memerlukan tips kedua, yaitu membuat peraturan. Membuat peraturan dengan anak sangat penting dilakukan sebelum Anda pergi berbelanja bersamanya. Anda bisa meminta si anak untuk tidak jauh-jauh dari Anda dan tidak minta jajan sembarangan. Dengan begitu keamanan anak Anda akan lebih terjamin dan belanja bisa tetap hemat. Tips ketiga adalah memilih waktu yang tepat. Pilihlah waktu yang tepat sebelum Anda pergi berbelanja bersama anak. Anda bisa mengajak anak pergi belanja usai jam makan siang agar si anak tidak mengeluh lapar dan meminta jajan yang “aneh-aneh”.

Tips keempat adalah buat perjanjian. Membuat perjanjian dengan si anak akan sangat membantu Anda saat ingin belanja bersama. Dengan perjanjian tersebut si anak akan lebih mudah diatur dan pasti tidak akan meminta sesuatu yang “aneh”. Misalnya, Anda bisa membuat perjanjian dengan si anak bahwa Anda tidak akan membelikannya mainan atau barang yang aneh-aneh saat belanja nanti. Tips kelima adalah membiarkan anak membantu Anda. ketika berbelanja dengan anak, tak ada salahnya meminta bantuannya untuk memilih belanjaan yang pelru dibeli. Misalnya ingin membeli pasta gigi, biarkan dia memilih sendiri pasta gigi kesukaannya. Anda juga bisa mengajarinya sedikit cara untuk berbelanja yaitu dengan membandingkan harga. dengan begitu, kegiatan belanja Anda bersama anak bisa menyenangkan dan hemat tentunya.

Belanja bersama anak-anak tentunya akan sangat berpengaruh pada pengeluaran Anda. semua orang sadar bahwa keuangan menjadi salah satu factor yang berpengaruh dalam kebahagiaan rumah tangga. Karenanya banyak orang tua yang menabung dan mengajarkan anak-anaknya untuk menabung sejak kecil. Jika keuangan keluarga baik maka masa depan keluarga pun akan baik. Menabung bisa menjadi salah satu solusi agar keuangan keluarga tetap aman dan Anda bisa pension dengan tenang. Selain mengajarkan anak untuk berkomitmen tentang apa yang mereka belanjakan atau inginkan, Anda juga harus mengajarkan cara mendisiplinkan keluarga dengan baik.

Untuk mendisiplinkan keuangan keluarga, Anda sebagai orang tua juga harus mempunyai komitmen yang tinggi, Anda bisa mencoba beberapa hal berikut ini. Pertama adalah kendalikan pemasukan dan pengeluaran. Buatlah catatan khusus milik Anda pribadi berisi apa saja rencana pemasukan dan pengeluaran rutin Anda dalam sebulan dan setahun. Kedua, menabung di awal, bukan di akhir. Ketiga adalah perhitungkan dengan cermat sebelum membeli. Keempat, belilah barang produktif. Dengan pertimbangan yang matang, pasti akan membuat keuangan keluarga Anda stabil.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS