November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Anti Boros untuk Pengusaha Wanita

By admin - Thu Sep 12, 4:16 pm

Pengusaha wanita biasanya masih sulit untuk menghilangkan kebiasaannya untuk berbelanja ini dan itu. Pengusaha wanita biasanya masih sering berbelanja, walaupun untuk kebutuhan usahanya. Walaupun tujuannya adalah untuk bisnis tetapi masih sering jumlah uang yang dikeluarkan melebihi omzet pendapatan yang dia terima setiap bulannya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan beberapa pengusaha wanita mengalami kerugian. Mereka masih sulit untuk mengontrol perencanaan belanja dengan bijak dan baik. Berikut ini tips agar terhindar dari kegagalan yang mungkin terjadi karena kegagalan mengontrol diri dalam berbelanja:

Pengusaha wanita

  • Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Salah satu hal yang membuat wanita berubah boros dalam berbelanja adalah mereka belum bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Misalnya ketika sedang berbelanja di supermarket mereka lebih cenderung tergoda untuk membeli produk diskon walaupun sebenarnya sedang tidak butuh. Jadi produk-produk yang sebenarnya tidak perlu ada di kantong belanjaan tiba-tiba ada karena tergiur diskon. Nah untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda membuat daftar belanjaan di rumah dan biarkan asisten Anda yang berbelanja. Dengan begini, akan menghindarkan Anda dari pemborosan barang yang tidak perlu dibeli.
  • Ciptakan target maksimal untuk pengeluaran setiap hari. Pengusaha wanita biasanya loyal dalam membelanjakan uangnya. Tetapi kebiasaan ini harus ditekan dengan bersikap lebih hemat. Mereka harus dipaksa untuk membuat target maksimal pengeluaran uang setiap hari. Caranya adalah dengan memprioritaskan pembelian barang-barang pokok, baru kemudian keperluan yang lain yang tidak terlalu mendesak bagi operasional usaha. Jadi di sini Anda dipaksa untuk berhemat.
  • Paksa berhemat dengan beban hutang. Di awal usahanya memang tidak semua pelaku usaha disarankan untuk berhutang. Tetapi untuk pengusaha wanita yang ingin menghemat keuangannya sebaiknya mengambil hutang agar mereka bisa berhemat dan disiplin dalam membayar cicilan hutan. Dengan begitu, mereka akan berpikir ulang jika akan belanja barang yang tidak perlu.
  • Belajar investasi. Pengusaha wanita harus mulai belahar berinvestasi, yaitu setelah semua hutang usaha terlunasi. Untuk memulainya, Anda tidak perlu berinvestasi dalam skala besar, cukup mulai dengan investasi skala kecil yang bisa Anda ikuti setiap bulannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS