November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tips Aman Belanja Online

By admin - Tue Apr 10, 4:57 pm

Tips aman belanja online akan membantu memberikan saran dan tahapan-tahapan untuk mengurangi kerugian atau kesalahan ketika berstransaksi secara online. Tips aman belanja online akan membantu Anda dalam menghadapi dunia internet yang tidak terlepas dari peranan sisi negatif dan juga positif, tetapi kita tetap bisa berusaha untuk menghilangkan atau paling tidak meminimalisir sisi negatif tersebut.

Tips aman belanja online

Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat, bahkan bisa juga dijadikan sebagai media untuk bisnis atau jual beli. Namun dari semua itu, banyak juga orang yang menggunakan internet untuk kejahatan, penipuan, dan tindak kriminal lainnya. Untuk itulah Anda hanya perlu mengetahui beberapa tips belanja online dengan aman seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Beberapa hal yang perlu Anda selidiki sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transaksi dengan toko online antara lain sebagai berikut. Pertama adalah apakah mereka memiliki situs sendiri. Pada beberapa kasus yang bermasalah biasanya adalah mengenai toko online yang ada di Facebook yang biasanya mereka melakukan promosi dengan cara tagging foto kepada beberapa teman yang mereka miliki. Sebenarnya ini tidak masalah jika Anda memang membutuhkan produk-produk yang mereka tawarkan. Namun ini dapat menjadi masalah ketika anda di tag berkali-kali dalam sehari, bisa-bisa wall Anda seperti pasar. Tetapi, tidak semua yang melakukan promosi seperti ini adalah scam atau penipuan.

Tips aman belanja online, yaitu:

  1. Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri.
  2. Lebih baik lagi jika Anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri, bukan situs gratisan. Karena dengan begitu manandakan bahwa mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri.
  3. Karena memang tidak semua online shop atau toko online di FB adalah gadungan dan jika Anda tetap ingin berbelanja online lewat Facebook, lebih baik bertransaksi dengan orang yang benar-benar Anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record yang baik, seperti mempunyai testimonial dari pelanggannya.

Tips kedua, lihat ranking Alexa situs. Ranking Alexa atau Alexa rank adalah ranking yang dibuat oleh Alexa.Com berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap suatu website. Angka semakin kecil berarti semakin baik. Cara mengetahuinya yaitu dengan memasukkan nama situs ke kotak search Alexa.Com atau jika Anda memakai browser Mozilla Firefox Anda dapat menginstall add on Alexa Toolbar. Tips ketiga adalah harga yang pantas. Anda tidak boleh mudah tergiur dengan harga yang murah. Oleh sebab itu pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.

Tips aman belanja online keempat, situs memiliki halaman kontak yang dapat dihubungi. Dengan memiliki customer service yang dapat dihubungi maka Anda dapat menghubungi mereka jika Anda memiliki pertanyaan atau terjadi sesuatu pada waktu shipping. Kontak bisa berupa form email, alamat email atau nomor telefon/HP. Tips kelima, testimonial. Situs yang memiliki testimonial menandakan bahwa situs tersebut telah memiliki pelanggan, dan ini bagus untuk dapat mengetahui tentang kualitas produk yang mereka tawarkan dari pelanggan mereka.

Tips keenam, memiliki Twitter atau halaman Pages di Facebook. Toko online yang memiliki Twitter dan Facebook Pages menandakan bahwa mereka memiliki strategi marketing. Halaman Facebook Pages yang dimaksud disini adalah akun Facebook Pages, bukan akun Facebook individu. Apa perbedaanya? Facebook Pages memiliki tombol “Like” untuk bergabung, sedangkan akun Facebook individu memiliki tombol “Add as Friend” untuk menjadi teman. Tips ketujuh, perhatikan hal-hal tidak wajar lainnya. Biasanya transaksi online dilakukan dengan melakukan transfer antar bank, kartu kredit atau bisa juga lewat payment gateway seperti Paypal atau iPaymu. Namun jika Anda menemukan toko online yang menanyakan tentang hal-hal yang bersifat rahasia seperti password kartu ATM, internet banking atau password akun Paypal Anda, maka Anda harus berhati-hati karena hal ini tidak masuk akal. Karena pihak bank dan atau Paypal sendiri tidak mungkin menanyakan hal tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS