November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tidak Hanya Punya Tujuan Usaha, Tapi Harus Mampu Menggapainya!

By admin - Tue Oct 23, 4:50 pm

Tujuan usaha harus dipikirkan pada saat Anda masih merintis sebuah usaha dan bahkan pada saat belum emrealisasikan ide bisnis yang Anda miliki. Tujuan usaha bisa mengantarkan Anda ke gerbang kesuksesan dan kejayaan bisnis Anda. Tetapi Anda harus berhati-hati terhadap datangnya euphoria kesuksesan semu yang mulai menjangkiti para pelaku usaha, khususnya pemula di bidang ini. Mereka biasanya mengesampingkan tujuan usaha yang mereka harapkan akan tercapai di masa yang akan datang. Padahal sangat tidak disarankan untuk terlalu ber-euphoria karena hanya akan membuat usaha Anda tidak focus dan akhirnya tujuan awal yang ingin diraih menjadi mengambang dan tidak kunjung terlaksana.

Tujuan usahaPadahal sangat penting bagi para pelaku usaha untuk bisa menentukan tujuan mereka dan tetap focus sampai mendapat kesuksesan sesuai yang ditujukannya. Untuk itulah bagi Anda yang masih pemula di bidang ini sebaiknya segera tentukan tujuan bisnis Anda dari sekarang. Pastikan juga langkah yang Anda ambil akan mengarah pada tujuan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Lalu untuk memudahkan Anda dan para pelaku usaha yang lain untuk mencapai tujuan usaha yang diinginkan, Anda harus membuat perencanaan sendiri dan berikut beberapa tips yang bisa Anda serap untuk mewujudkan target usaha yang Anda ciptakan sendiri:

Pertama, Anda harus bisa menentukan tujuan usaha yang Anda inginkan dan kemudian berjalanlah ke arah yang sesuai. Dengan tujuan yang sudah Anda tetapkan tersebut. Ketika Anda mulai menjalankan sebuah usaha, Anda tentunya juga harus mengenal tujuan jangka panjang dan juga tujuan jangkapendek. Kedua jenis tujuan ini harus Anda ketahui dan tetapkan agar langkah Anda semakin terarah. Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui dan menentukan tujuan utama (tujuan jangka panjang) perusahaan. Setelah itu, Anda kemudian bisa memecahkan tujuan utama tersebut menjadi beberapa bagian kecil yaitu tujuan jangka pendek. Jadi, jangka pendek ini akan membuat Anda lebih terarah pada tujuan jangka panjang Anda.

Kedua, mengevaluasi perkembangan bisnis Anda secara rutin. Nah untuk bisa mencapai tujuan usaha yang Anda bidik, tentunya Anda juga harus bisa mendampingi jalannya usaha Anda secara langsung. Karena ketika Anda mendampingi jalannya usaha secara langsung, maka Anda akan bisa melakukan evaluasi terhadap kesalahan yang terjadi. Atau Anda juga bisa langsung mengoreksi produk yang sekiranya “rusak” dan yang menurut Anda tidak layak untuk dijual. Walaupun terdengar sederhana dan bisa dilakukan oleh karyawan Anda, tetaip sebaiknya Anda tetap melakukan hal ini karena dengan begitu usaha Anda akan lebih focus berjalan ke arah yang sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Ketiga, Anda harus tetap komitmen pada tujuan usaha Anda di awal. Hal ini bisa dikatakan bahwa menjadi seorang pelaku usaha memang menuntut Anda untuk menjadi orang yang lebih keras kepala dan mempunyai kemauan yang cukup kuat. Karena sifat tersebut bisa membantu Anda untuk melanjutkan usaha dan tujuan yang sudah Anda rangkai sebelumnya. Jadi, walau aral melintang, Anda akan tetao berjuang untuk mencapai tujuan usaha Anda. Kekuatan inilah yang harus dimiliki oleh semua pelaku usaha, baik dalam taraf kecil maupun usaha yang sudah besar.

Keempat, berfikir positif. Pikiran positif sangat membantu Anda untuk bisa memajukan usaha dan juga memuluskan jalan menuju tujuan yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Karena kendala pasti akan menghadang. Anda juga harus bisa menyelesaikan kendala-kendala tersebut.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS