November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tidak Fokus Menyebabkan Kegagalan Wirausaha

By admin - Tue Oct 09, 4:40 pm

Wirausaha membutuhkan kejelian tersendiri untuk para pelakunya. Wirausaha tidak hanya bisa dilakukan oleh para pria saja tetapi perempuan juga mempunyai potensi besar. karena perempuan juga mempunyai banyak ide dan juga karakter yang didapati dalam dirinya secara alami. Dengan modal alami seperti inilah para perempuan bisa membangun usahanya dengan sangat bagus dan trerarah. Sebaliknya, jika dia menyikapi dua kelebihan ini dengan tidak bijak, maka bisnis atau usaha yang dilakukan bisa mandek bahkan bisa beresiko seperti misalnya kegagalan bisnis.

WirausahaPerempuan merupakan makhluk multitasking. Artinya, dia mampu mengeluarkan banyak ide dan mampu menjalankan beberapa aktivitas dalam satu waktu. Selain itu, perempuan juga akan merasa lebih tertantang atau penasaran ketika mendapatkan tawaran bisnis baru padahal saat itu dia sedang merintis bisnis yang lain. Nah, kondisi inilah yang paling banyak ditemui di kalangan perempuan itu sendiri. Akhirnya banyak perempuan yang menjalankan usahanya yang banyak tetapi pertumbuhan yang melambat. Sebabnya adalah perempuan tidak focus dan cenderung lebih mudah tergoda dengan berbagai macam tawaran kerjasama yang menjanjikan keuntungan.

Wirausaha yang dijalankan oleh perempuan biasanya lebih tidak focus. Karena sebagai seorang perempuan, tawaran bisnis yang ada dilihat sebagai sesuatu yang menguntungkan atau bisa memberinya pendapatan ekstra. Tetapi dengan sifat dan sikap yang seperti ini malah membuat perempuan tidak bisa menekuni bidang bisnis yang spesifik. Sehingga usahanya cenderung stagnan dan tidak mengalami perkembangan yang signifikan. Untuk itulah, jika Anda ingin mempunyai bisnis yang berkembang dengan pesat dan bertumbuh lebih besar, fokuslah pada bidang bisnis yang Anda minati atau pahami.

Jika Anda memilih focus di usaha yang sedang Anda tekuni sekarang, maka ini sangat cocok untuk positioning. Karena dengan begitu, Anda bisa menguatkan merek untuk memberikan ingatan kepada konsumen sehingga penjualan juga akan menjadi semakin bagus. Karena ketika konsumen membutuhkan sesuatu, mereka akan langsung mengingat merek Anda. Langkah awal untuk memulai sebuah usaha memang menemukan ide bisnis. Dan menemukan ide bisnis ini memang sangat penting. Tetapi jika ingin usaha Anda sukses, maka Anda harus memiliki salah satu ide bisnis dan focus untuk mengembangkannya sampai besar.

Wirausaha yang dilakukan oleh perempuan tidak ada bedanya dengan bisnis yang dilakukan oleh pria asalkan pengelolaannya tepat. Setelah bisnis utama Anda tumbuh semakin pesat, kemudian Anda boleh mulai mengembangkan bisnis baru yang lain. Artinya, Anda harus focus pada penguatan bisnis yang Anda rintis dari nol sampai konsumen mengenal baik merek produk Anda. Setelah itu, Anda bisa membangun bisnis yang lain lagi dari awal secara bertahap. Jadi, bukan menjalankan dua bisnis secara sekaligus. Karena hal ini akan membuat Anda kewalahan dan menyebabkan merek usaha Anda tidak melekat kuat di dalam diri pelanggan.

Untuk itulah, Anda harus benar-benar mengerti dan memahami tentang apa saja yang ingin Anda temukan dan apa yang ingin Anda lakukan dengan bisnis Anda. Anda tidak boleh terburu-buru untuk mengembangkan sebuah bisnis yang belum stabil. Lakukan satu bisnis dengan semaksimal mungkin baru kemudian ciptakan bisnis lain yang bisa memperkuat bisnis pertama Anda. Dengan begitu, Anda tidak mengorbankan bisnis manapun milik Anda karena ketika Anda membangun bisnis yang kedua, bisnis yang pertama sudah kuat dan dikenal oleh konsumen secara luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS