December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Tidak Ada Ide Untuk Desain Kemasan Produk Anda?

By admin1 - Thu Apr 24, 4:57 pm

Desain kemasan produk adalah salah satu hal yang sangat penting dan mempengaruhi keinginan calon konsumen untuk beli. Desain kemasan produk yang Anda jual harus menarik dan memikat. Kesan pertama yang harus Anda tampilkan adalah harus membuat calon konsumen melirik produk Anda terlebih dahulu. Jika Anda memilih untuk membuat desain yang pasaran dan tidak unik, maka calon konsumen yang Anda bidik juga tidak akan tertarik meliriknya apalagi membelinya.

Desain kemasan produkPrinsip jualan adalah harus membuat calon konsumen penasaran pada apa yang mereka lihat dan dengar. Dengan begitu muncul keinginan untuk melihat dan akhirnya membeli. Jika Anda masih bingung bagaimana cara untuk membuat desain produk yang unik dan tidak pasaran, berikut ini tips untuk Anda:

  1. Tentukan segmen pasar yang Anda bidik. Sebelum Anda menentukan desain seperti apa yang akan Anda gunakan, sebaiknya perhatikan seperti apa segmen pasar Anda. Dengan begitu, sudut pandang Anda akan lebih mengerucut sehingga ide pun mulai bermunculan. Misalnya Anda membidik pangsa pasar kelas menengah ke atas dengan sistem pemasaran melalui supermarket, dan sebagainya. Desain produk yang Anda gunakan tentunya berbeda dengan desain produk jika Anda membidik pangsa pasar kalangan menengah ke bawah dimana proses pemasarannya di pasar tradisional. Contohnya jika Anda ingin membidik kalangan menengah ke atas. Untuk kemasan makanan, sebaiknya Anda menggunakan aluminium foil yang full foil sehingga isi produk Anda tidak terlihat. Atau jika ingin menunjukkan isi produk, Anda bisa menggunakan kombinasi aluminium foil dengan vinyl. Untuk desain sendiri sebaiknya menggunakan desain yang terlihat berkelas dan mahal agar menarik dan bisa mencerminkan bisnis atau produk Anda.
  2. Tidak harus mengekor kemasan yang sudah ada. Desain kemasan produk Anda sebaiknya tidak mengikuti atau mencontoh desain produk lain. Sesuatu yang baru pasti akan lebih menarik dan membuat orang penasaran. Pastikan desain yang Anda buat menarik, memberikan informasi tentang produk secara jelas dan sesuai dengan pasar. Untuk menarik minat, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan kemasan standing pouch atau kemasan yang bisa dibuat berdiri.
  3. Ketersediaan desain dan kemasan. Desain kemasan produk yang bagus dan menarik tentunya tidak cukup jika ternyata bahannya tidak tersedia secara luas dan mudah di pasar. Jangan sampai ketika Anda memperkenalkan produk Anda dengan desain tertentu tiba-tiba harus berganti desain dan kemasan karena bahan kemasan yang Anda pilih sulit ditemukan di pasaran. Konsumen sejatinya tidak mudah menerima perubahan kemasan atau desain. Itulah mengapa Anda harus mempersiapkan kemasan dan desain secara matang agar tidak harus mengubahnya di tengah jalan.
  4. Daftarkan hak merk Anda di Ditjen HAKI. Selain itu jika Anda melakukan sistem re-packer sebaiknya tetap mengurus P-IRT, no. Reg dan sertifikat Halal sendiri.

Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513