November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Terbentur Minimnya Budget? Bersiap Tentukan Strategi Marketing yang Tepat

By admin - Fri Dec 21, 4:20 pm

Budget minim memang seringkali menjadi boomerang yang kembali menyerang para pelaku usaha dan membuat mereka tidak bergerak. Budget minim ternyata bisa disiasati agar tetap bisa bertahan di pasar. Walaupun memang saat ini jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia melebihi kapasitas, tetapi masing-masing harus mempunyai strategi marketing yang cukup baik agar bisa bersaing dengan banyak pendatang baru maupun pemain lama. UKM tentunya berbeda dengan perusahaan-perusahaan besar. UKM akan berkutat dengan budgetnya yang kecil, sedangkan perusahaan besar akan mengeluarkan budget yang maksimal untuk bisa mendongkrak popularitas produknya. Tetapi untuk para pelaku UKM, ada baiknya melakukan beberapa strategi marketing yang tepat, seperti:

Budget minimPertama, pancinglah respon konsumen dengan hal yang unik. Karena sesuatu yang unik biasanya menarik rasa penasaran dari para konsumen. Nah dengan itu, Anda harus bisa lebih kreatif dengan memberikan sesuatu yang unik. Dengan begitu, mereka akan menjadi penasaran dan kemudian mereka memberitahukan produk Anda pada teman-temannya. Inilah yang dinamakan word of mouth yang merupakan strategi paling jitu untuk menarik lebih banyak konsumen. Jadi, budget untuk marketing bisa lebih ditekan.

Budget minim juga bisa diatasi dengan cara yang kedua, yaitu dengan memperpanjang jangkauan pemasaran melalui para agen. Cara ini sama dengan sistem franchise yang dilakukan oleh perusahaan besar untuk memperluas jangkauan pasarnya. Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka sistem reseller yang akan menguntungkan Anda dan juga partner Anda. Jadi, Anda juga tidak perlu mengeluarkan budget yang lebih banyak untuk marketing.

Cara ketiga adalah dengan melakukan branding melalui endorsement. Jadi, Anda bisa menggandeng seorang public figure yang bisa Anda percaya untuk menjadi kunci keberhasilan endorement Anda. Anda tidak perlu kuatir karena biayanya tidak mahal. Jadi anda hanya harus mengirimkan contoh foto produk Anda ke calon endorse melalui akun social media, misalny facebook atau twitter. Nah jika sang endorse menyetujui penawaran yang Anda berikan, maka Anda harus mengirimkan beberapa sample produk untuk dipromosikan ke public. Jadi, nanti mereka akan mengupload foto produk Anda dengan ditambahkan testimony.

Budget minim juga bisa diatasi dengan cara yang keempat, yaitu dengan mempromosikan produk Anda melalui internet. Karena promosi yang dilakukan di dunia maya ini akan menghasilkan lebih banyak jangkauan konsumen daripada jika hanya mengandalkan promosi di dunia nyata. Untuk itu, anda tidak boleh meremehkan manfaat internet. And abisa memanfaatkan social media dan website untuk membantu mempromosikan produk Anda.

Cara yang kelima adalah dengan menyebarkan e-catalog untuk calon konsumen. E-catalog tidak semahal katalog cetak, jadi Anda tidak perlu takut. E-catalog ini bisa Anda sebarkan melalui email. Strategi ini cukup membawa dampak yang positif.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS